Kota Bogor tidak hanya terkenal sebagai tempat wisata dan sebagai kota hujan saja. Tetapi juga terkenal sebagai kota dengan segudang kuliner yang memanjakan perut. Ketika kamu berkunjung ke kota Bogor tidak akan lengkap jika tidak bepergian untuk kulineran. Di kota Bogor ini ada banyak tempat kuliner klasik sampai tempat hangout. Tinggal kamu ingin wisata kuliner jajanan tempo dulu atau yang kekinian.

Untuk kamu yang sedang bertandang ke kota Bogor dan ingin berwisata kuliner. Tetapi bingung harus ke mana untuk berwisata kuliner. Berikut ada beberapa referensi tempat jajanan Bogor yang mengenyangkan perut.

1.       Taman Yasmin

Lokasi Taman Yasmin sendiri berada di area perumahan Taman Yasmin Bogor. Kamu akan menemukan deretan-deretan ruko dan tempat makan yang berjajar kurang lebih 500 meter. Setelah sampai, kamu pasti akan merasa pusing harus memilih makanan mana untuk di santap pertama kali. Sebab semua makanan yang disajikan disini semuanya menggoda selera dan mata. Ada banyak pilihan makanan seperti aneka seafood, nasi uduk, dan masih banyak menu lainnya.

2.       Jalan Pandu Raya

Tempat wisata kuliner di Jalan Pandu Raya ini tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Sebab di jalan ini terdapat banyak tempat makan yang menjadi ikonik-nya kota Bogor. Konsep tempat makan ini sendiri pun lebih kekinian karena bangunan permanen. Jajanan Bogor yang tidak kalah legendaris dari tempat ini adalah Bakso PMI dan Surabi Durian Enak. Jangan lupa untuk mampir ke Restaurant Laka-Laka yang menyajikan menu sate Tegal.

3.       Jalan Veteran (Merdeka)

Di sepanjang jalan Veteran Merdeka Bogor, kamu akan menjumpai penjual makanan yang buka selama 24 jam. Jadi kamu tidak akan merasa kelaparan jika tengah berada di sepanjang jalan ini. Kebanyakan pedagang yang berjualan disini memakai gerobak dan mangkal di pinggir jalan. Meskipun memiliki penampilan sederhana, tapi mempunyai cita rasa autentik. Kamu akan menemukan aneka makanan seperti sate, soto mie, bubur ayam, dan doclang yang mulai sulit ditemukan. Ketika malam hari, kamu bisa menyantap seafood, pecel lele, sampai sup kaki kambing.

4.       Jalan Suryakencana

Kebanyakan orang luar kota Bogor akan berkunjung ke Jalan Suryakencana. Sedari pagi, di jalan ini sudah ramai pengunjung, apalagi jika akhir pekan. Jalan di kawasan Pecinan ini menghadirkan puluhan pedagang makanan dengan cita rasa yang juara. Kamu bisa makan enak dan kenyang di kawasan ini. Mulai dari makan cungkring, laksa Bogor, soto kuning, soto mie, sampai tauge goreng yang memang khas kota Bogor. Selain itu juga ada martabak legendaris dan bir kocok yang wajib dicoba. Akan lebih baik jika kamu bisa membawa uang tunai ketika berwisata kuliner ditempat ini.

5.       Kawasan Air Mancur

Lapar ketika dini hari? Kamu bisa mendatangi kawasan Air Mancur di Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani. Untuk kawasan ini memang menjadi surga kuliner malam. Ini dikarenakan pedagang membuka lapak di sore hari sampai menjelang malam hari. Ketika berwisata kuliner dini hari di kawasan Air Mancur, jangan lupa untuk menyantap martabak Air Mancur. Martabak ini sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1993.

Nah itulah beberapa tempat jajanan Bogor yang bisa kamu kunjungi ketika bertandang ke kota Bogor. Setelah puas-puas berwisata kuliner, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ya. Ada banyak oleh-oleh khas Bogor yang bisa kamu bawa pulang. Misalnya lapis talas, roti unyil, macaroni panggang, dan masih banyak lainnya.