Jokowi Dan Soto Kuning

Banyak Yang Layak Dicoba!

Sejak menjadi Presiden RI, Joko Widodo memilih Istana Bogor sebagai tempat tinggal. Ada sejumlah alasan mengapa beliau lebih memilih tinggal di Istana Bogor ketimbang di Jakarta. Selain pertimbangan udara di Bogor yang jauh lebih sejuk dari Jakarta. Suasananya pun lebih tenang sehingga Presiden Jokowi bisa mengambil keputusan dengan lebih baik.

Faktor lain adalah kekaguman Jokowi kepada Istana Bogor, yang menurutnya sangat luar biasa. Mulai dari sejarahnya, bangunannya, karya seninya yang berupa lukisan dan patung-patung, furnitur klasik, rusa-rusa yang berkeliaran di halamannya, termasuk aneka jenis kuliner yang ada disekitarnya. Semua istimewa dan tak ternilai, seharusnya membuat kita bangga menjadi Indonesia.

Khusus untuk kuliner, Jokowi menuturkan banyak jajanan enak di Bogor yang layak dicoba. Jenis kuliner yang paling disuka adalah Soto Bogor. Santapan yang kaya akan cita rasa rempah ini dapat Anda mudah ditemui di Kota Bogor. Hangatnya sajian berkuah seperti soto sangat pas menemani sore sejuk di kota hujan ini. Soto Bogor sudah tersohor dan didaulat sebagai destinasi wisata kuliner Bogor.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Soto Bogor ini juga memiliki cita rasa yang berbeda dari soto-soto kebanyakan. Ciri khas yang dimiliki soto khas Bogor ini terletak pada kuahnya yang berwarna kuning sebab menggunakan bahan utama berupa kunyit. Selain memberikan warna kuning yang khas, kunyit serta rempah-rempah lain yang digunakan sebagai bahan kuah soto makin memperkaya cita rasa Soto Bogor serta dapat menghangatkan tubuh Anda di sejuknya Kota Bogor yang hampir tiap hari diguyur hujan.

Kemudian ada Asinan Bogor. Bisa memilih asinan sayur, asinan buah, atau campuran asinan sayur dan buah. Asinan buah terdiri dari buah nanas, bengkuang, pepaya, ubi, salak, dan apel. Jenis buah sering kali tidak sama, karena menyesuaikan dengan musim buah lokal. Sedangkan asinan sayur terbuat dari taoge, kol, wortel, dan timun. Agar lebih nikmat, Anda juga bisa menyantap asinan ini dengan ditemani kerupuk mi.

Jokowi juga menggemari Laksa Bogor. Laksa merupakan salah satu makanan khas kota Bogor yang masih mendapatkan tempat di hati masyarakat Bogor maupun para pendatang. Cita rasanya yang istimewa membuat semangkuk laksa hangat tetap diminati banyak orang. Laksa didefinisikan sebagai olahan mie dengan kuah melimpah berbumbu kental. Disajikan selagi hangat, makanan ini akan sangat menggugah selera setiap orang yang menyantapnya.

Ada juga kuliner Bogor yang unik dan legendaris, yaitu Cungkring. Sebutan tersebut mungkin identik dengan orang yang memiliki postur tubuh kurus kering di dalam bahasa Jawa. Namun siapa sangka ternyata cungkring adalah jenis kuliner Bogor yang lezat. Menurut bahasa Sunda, cungkring berarti kaki sapi atau lebih dikenal dengan sebutan kikil.

Nama “cungkring” mungkin terdengar aneh dan tidak cukup menggugah selera Anda yang belum pernah mencicipi menu ini. Namun, Anda harus membuang jauh-jauh prasangka buruk tersebut dan mulai mencobanya. Dijamin Anda tidak akan dikecewakan oleh kuliner ini. Cungkring umumnya dijual bersama bagian kaki sapi lainnya seperti kulit, urat, dan dampal.

Satu lagi makanan enak di bogor adalah Tauge/toge Goreng. Meski namanya toge goreng, tapi toge yang menjadi bahan utama makanan lezat ini sama sekali tidak digoreng, lho. Toge-toge tersebut justru direbus dalam penggorengan lalu dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti mi kuning, ketupat, serta tahu yang sudah dipotong dadu. Perpaduan bumbu tauco serta oncom yang disiramkan di atas toge goreng merupakan kunci utama kelezatan Toge Goreng.

Rasa asam manis bumbu Toge Goreng akan semakin mantap jika ditambahkan kecap manis di atasnya agar rasanya makin lezat dan menggugah selera. Jika Anda menginginkan rasa segar yang membuat mata tetap melek, tambahkan saja sambal di atasnya. Dijamin deh, toge gorengnya akan terasa semakin nikmat dan lezat.

Sumber: tabloidbintang.com

Item terkait

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini