Prabowo Subianto Dan Kuliner Kegemarannya

Sering Berpergian Ke Mancanegara Tak Merubah Selera Kulinernya

Sebelum menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra dan mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024, Prabowo Subianto merupakan seorang pengusaha, politisi, sekaligus mantan perwira TNI Angkatan Darat, dengan kesibukan beliau yang luar biasa.

Beliau kerap singgah dan tinggal diluar negeri. Namun demikian, selera Prabowo Subianto terhadap kepada makanan tidak berubah. Beliau tetap suka dengan kuliner nusantara. Di berbagai kesempatan, Prabowo Subianto terlihat lebih menikmati masakan khas Indonesia dibanding kuliner mancanegara. Bahkan Prabowo Subianto kerap menjajal jajanan sederhana  yang dijual di pinggir jalan.

Nasi goreng telur merupakan makanan terfavorit, bahkan nyaris menjadi menu sehari-hari Prabowo Subianto. Nasi goreng adalah sebutan bagi jenis kuliner berupa nasi yang digoreng (diaduk dalam minyak goreng atau margarin), kemudian ditambahkan aneka bumbu.

Di Indonesia, kuliner ini tidak mengenal batasan kelas sosial, karena mudah dijumpai mulai dari warung tepi jalan hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. Juga waktu menyantapnya, bisa terdaftar sebagai menu untuk sarapan pagi ataupun pilihan populer untuk makan pada larut malam.

Ciri khas dari nasi goreng ala Indonesia adalah penggunaan kecap manis, dan penambahan cabai dalam jumlah yang banyak. Itu sebabnya, mayoritas penjual nasi goreng selalu memasak per sajian, agar dapat menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai pesanan, kecuali memiliki tingkat yang sama.

Prabowo Subianto juga menyukai sate ayam. Sate atau Satai, memang makanan khas Indonesia. Sesuai namanya, bahan baku utamanya adalah daging ayam. Sate Ayam dimasak dengan cara dipanggang dengan menggunakan arang dan disajikan dengan pilihan bumbu kacang atau bumbu kecap. Sate ini biasanya dinikmati dengan lontong atau nasi

Politisi kelahiran tahun 1951 ini juga menggemari nasi kuning. Masakan khas Indonesia ini bahkan menjadi hidangan utama pada saat perayaan ulang tahun Prabowo Subianto. Makanan khas Nusantara yang satu ini merupakan variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai sajian tumpeng. Nasi ini biasa disajikan dengan bermacam lauk pauk seperti irisan telur, ayam goreng, sambal goreng, tahu dan tempe.

Nasi Kuning dibuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit, rempah-rempah serta santan. Itu sebabnya, nasinya berwarna kuning, memiliki aroma khas dan citarasa gurih. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk pauk seperti irisan telur, ayam goreng, sambal goreng, tahu dan tempe.

Tidak sekedar hidangan, nasi kuning pada tradisi masyarakat Indonesia memiliki nilai filosofis yang sangat tinggi. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan peresmian sesuatu.

Warna kuning diibaratkan sebagai gunung emas yang bermakna kekayaan. Aneka lauk pauk yang ditata disekelilingnya melambangkan kemakmuran serta moral yang luhur. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan.

Sumber: phinemo.com

 

Item terkait