Loading...
 

Asal Usul Minuman Dalgona Yang Viral di Media Sosial

Dalgona atau ppopgi dalam bahasa Korea adalah sebutan untuk permen lembut seperti lolipop dengan stiknya. Dalgona memiliki banyak nama lain seperti honeycomb candy, sponge toffee, atau cinder toffee, yang berasal dari bentuknya yang memiliki lubang-lubang udara yang menyerupai sarang lebah. Asal-usul Dalgona konon kabarnya berasal dari Busan di tahun 1960-an. 

Bentuknya berupa permen manis dengan tekstur seperti spons, yang dibuat dengan cara mencampurkan gula dan minyak kemudian dipanaskan diatas api hingga menjadi karamel yang lumer. Sedikit baking soda juga ditambahkan agar mengembang dan muncul bentuk berlubang-lubang. Dengan menggunakan wadah kecil adonan ini kemudian dituang ke atas wajan datar yang sudah panas.

Dengan cekatan, penjual akan menekan adonan dengan alat khusus sehingga membuatnya pipih. Untuk mempermanis tampilan, permen ini kemudian diberi hiasan dengan cetakan berbentuk hati, bunga, bintang hingga bentuk pesawat terbang. Setelah itu bisa langsung dinikmati.

Dalgona bukanlah jajanan baru, permen lembut dengan rasa manis yang mulai popular pada tahun 1970-an. Jadi tak berlebihan mengatakan camilan ini sebagai salah satu camilan legendaris atau klasik Korsel. Dahulu, Dalgona dijajakan di kaki lima, untuk menarik pembeli para penjual makanan ini mengadakan tantangan seru, jika ada yang bisa memecahkan ppopgi mengikuti bentuk cetakan tanpa merusak gambarnya, maka sang penjual akan memberikan hadiah berupa Dalgona gratis atau mainan kecil.

Asal Usul Minuman Dalgona Yang Viral di Media SosialDalgona mulai menghilang sejak 1980-an karena isunya menggunakan bahan baku yang kurang baik dan proses produksinya kurang bersih. Namun kini sesekali penjaja dalgona masih bisa ditemukan di tempat wisata atau taman-taman di Korea Selatan.

Bagaimana dengan minuman Dalgona? Istilah ini muncul ketika wabah virus corona dan social distancing yang diterapkan di Korea Selatan. Berawal dari adanya challenge untuk mengisi kejenuhan masyarakat saat Korea Selatan melakukan social distancing. Tantangan ini langsung mendapat tanggapan dari warga Korea Selatan dengan membuat berbagai minuman atau makanan dan mengunggahnya di media sosial.

Jenis minuman yang dibuat berbagai macam, salah satu diantaranya adalah kopi dengan memadukan kopi instan, gula, dan air panas. Ketiga bahan tersebut kemudian dicampur dan diaduk hingga 400 kali adukan agar menjadi kental dan membentuk krim. Teksturnya mirip dengan Dalgona atau ppogi, itu sebabnya minuman ini diberi nama Dalgona Coffee.

Membuat kopi dalgona memang membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan upaya, tetapi itu salah satu cara untuk membunuh kejenuhan, hingga bintang K-pop seperti BTS dan TWICE juga menyebutkan tentang dalgona coffee selama siaran langsung mereka. Termasuk youtuber yang populer dari "Korean Grandma", juga ikut mempopulerkan cara membuat dalgona coffee.

Bagi anda yang penasaran dengan minuman Dalgona ini, dapat membuatnya sendiri, karena bahan-bahan yang dibutuhkan relatip mudah didapat yaitu:

  • 2 sdm kopi hitam instan
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air panas
  • Susu cair
  • Es batu

Cara membuat: 

  1. Masukkan kopi, gula pasir dan air panas ke dalam wadah
  2. Kocok bahan-bahan tersebut hingga menjadi foam yang lembut
  3. Ambil gelas dan tuangkan susu cair dan es batu ke dalam gelas
  4. Taruh kopi yang telah diaduk hingga.

Silahkan mencoba!

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...