Loading...
 

Ayo Membuat Minuman Elektrolit Untuk Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

Saat menjalankan ibadah puasa, kita harus bisa menahan lapar dan haus dalam waktu yang cukup lama mulai dari imsak hingga akhirnya bisa berbuka. Kondisi tersebut dapat membuat tubuh rawan kekurangan cairan yang disebut dehidrasi. Solusinya, adalah dengan mengkonsumsi  minuman elektrolit.  Seperti apakah yang disebut minuman elektrolit itu?

Minuman elektrolit adalah asupan yang berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang saat bepuasa atau melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat, juga ketika muntah dan diare. Tidak hanya mengatasi kekurangan cairan dan elektrolit, minuman tersebut  juga dapat mencegah dehidrasi.

Sedangkan elektrolit sendiri adalah jenis mineral bermuatan listrik yang banyak terdapat pada sel dan jaringan tubuh manusia serta di cairan tubuh, seperti darah, keringat, dan urine. Ada banyak macamnya antara lain natrium, fosfat, kalium, klorida, magnesium, dan kalsium. Mineral-mineral tersebut berfungsi untuk:

  1. Memastikan saraf, otot, jantung, dan otak dapat bekerja dengan normal
  2. Membuang limbah sisa metabolisme dari dalam sel
  3. Membawa nutrisi ke dalam sel
  4. Menjaga keseimbangan tingkat asam/basa (pH) tubuh
  5. Mengendalikan atau menyeimbangkan kadar air dalam tubuh

Itu sebabnya saat Anda sedang berpuasa, sebaiknya mengkonsumsi minuman elektrolit secara rutin untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mencegah dehidrasi.

Namun, apabila Anda merasa pusing atau lemas, mulut terasa kering, atau jarang buang air kecil meski telah mengonsumsi minuman elektrolit, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Berbagai jenis minuman elektrolit dapat Anda temukan di toko, minimarket, atau supermarket terdekat. Pilih minuman elektrolit yang tidak banyak mengandung pemanis atau gula tambahan, agar tidak meningkatkan risiko terjadinya diabetes. Jika masih ragu, cobalah membuatnya sendiri dirumah, bukan cuma mudah tapi juga murah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 cangkir jus delima
  • 1/4 cangkir jus lemon
  • 1½ cangkir air kelapa tanpa pemanis tambahan
  • 2 gelas air dingin

Cara membuatnya adalah dengan memasukkan semua bahan ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Selanjutnya, tuang ke dalam gelas dan sajikan. Untuk menambah kesegaran, Anda pun bisa menambahkan es batu.

Sumber: bolastylo.bolasport.com

Ketan Susu Jande Nusantara, Bukan Olahan Ketan Biasa

Beras putih telah menjadi makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal masih banyak jenis beras lainnya, contohnya adalah beras ketan yang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Salah satunya adalah ketan susu (tansu). Tansu sudah ada sejak dulu sebagai jajanan tradisional yang populer di Kota Malang, Jawa Tumur.