Loading...
 

Panduan Memulai Bisnis Food Truck

Salah satu ladang bisnis yang tak ada matinya adalah bisnis makanan alias kuliner. Mengingat makan adalah kebutuhan pokok manusia, selain sandang dan pangan. Menjawab tantangan zaman dan ketatnya persaingan dilini bisnis ini, para pengusaha pun terus berinovasi menciptakan terobosan-terobosan anyar, baik dalam hal menu maupun cara penjualan. 

Nah, dalam beberapa tahun belakangan, bisnis makanan di atas kendaraan atau kondang dengan istilah Food Truck semakin marak. Apabila Anda berencana memulai bisnis makanan ini, jajananenakdibogor.com akan memberikan ulasan tentang beberapa tips memulai bisnis Food Truck.

Pertama, tentukan makanan dan minuman yang akan dijual. Langkah ini menjadi penting mengingat ‘tak semua bisnis makanan’ bisa dilakukan di atas mobil alias kendaraan. Umumnya makanan dan minuman yang dijual dengan metode ini, penyajiannya mudah alias cepat saji, mengingat ruang yang juga terbatas di atas mobil. 

Kedua, tentukan desain food truck-nya. Langkah ini juga penting, mengingat desain menentukan ketertarikan pembeli. Tidak bisa dipungkiri, tempat dengan rancangan yang indah dan memiliki center of interest akan lebih dilirik ketimbang tempat yang begitu-begitu saja. Demikian halnya dengan food truck yang perlu desain yang menarik agar produknya dilirik oleh pengguna jalan yang lalu lalang disekitar lokasi.

Anda bisa memulainya dengan mencari inspirasi terlebih dahulu di internet misalnya. Anda bisa mengkreasikannya dengan selera dan kemampuan, sehingga food truck­nya unik dan tak sekedar mencontoh yang sudah ada. Namun jika kehabisan ide, anda bisa memilih menggunakan jasa desainer yang memang ahli merancang food truck. Ya, memang cara ini akan lebih menguras kantong, tetapi demi hasil yang lebih tak ada salahnya dicoba. Bukankah ‘hasil tak pernah mengkhianati proses’?

Jika kedua langkah itu telah dijalani, ketiga, tentukan dimana akan berjualan. Tips ini sangat penting untuk, karena berkaitan dengan pemasaran. Lokasi akan sangat menentukan pelanggan. Semakin strategis lokasi berjualan, maka potensi pelanggan yang datang juga akan semakin tinggi. Harapannya tentu, usahanya laris manis!

Berikutnya, yang keempat, pastikan mendapatkan izin di lokasi jualan tersebut. Meski berjualan dengan food truck memungkinkan Anda berpindah-pindah, tetapi tak berarti bisa ‘mangkal’ sembarangan. Anda perlu mengurus perizinan di tempat Anda akan ‘mangkal’. Dengan demikian, tak akan ada insiden tak mengenakan seperti diusir karena tak mengantongi izin. 

Kelima, Anda perlu mencari supplier bahan mentah yang baik. Baik di sini bukan saja soal kualitas barangnya, melainkan juga soal harganya. Bagaimanapun, bahan baku berdampak besar pengaruhnya terhadap harga jual. Oleh karena itu, sedapat mungkin ‘berburulah’ supplier yang berani menyodorkan harga miring, tetapi dengan kualitas yang ‘wow’. 

Keenam, promosikan bisnis Anda. Promosi menjadi kunci keberhasilan dari sebuah bisnis. Kini, di era serba digital, promosi dapat dilakukan siapa saja dengan mudah dan cepat. Bermodalkan ponsel bahkan Anda sudah bisa mengiklankan bisnis Anda di media sosial. Selain penyebarannya yang cepat, beriklan di media sosial juga punya keunggulan lain, yaitu gratis pasang! Berbeda halnya zaman dulu ketika pebisnis akan beriklan hanya bisa dilakukan di koran-koran atau media-media lain berbayar. Pemula bisnis tak akan sanggup membayar pastinya. 

Di atas telah disinggung soal ‘tempat mangkal’. Nah, ‘pangkalan’ tersebut berpengaruh penting dalam tips keenam ini. Anda tentu akan lebih enak dan mudah beriklan dengan menyebutkan tempat yang presisi dibandingkan tempat yang berpindah-pindah. Dengan demikian, pelanggan pun juga akan dengan mudah mendapatkan lokasi bisnis Anda. 

Demikian beberapa tips memulai bisnis food truck. Semoga bermanfaat dan bisnisnya laris! 

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...