TRANSLATE

Bisnis Kuliner Makin Laris dengan Sederet Jajanan Legendaris Bogor

Jalan-jalan ke Kota Hujan tanpa mencicipi sederet jajanan legendaris Bogor rasanya seperti makan sayur tanpa garam. Bagaimana tidak, kota berjulukan Buitenzorg ini adalah salah satu lokasi favorit untuk berwisata sambil kulineran. Selain makanan kekinian dan oleh-oleh khas setempat, terdapat pula penganan tradisional yang layak jadi incaran. Berikut adalah ulasannya.

 

 

Seupan Talas

Selama ini masyarakat mengenal talas yang sebagai bahan campuran kue seperti lapis atau bika Bogor. Namun, sejak dahulu kala masyarakat di sekitar Bogor sudah lebih dulu mengkonsumsi talas kukus bernama seupan talas. Sayangnya, salah satu jajanan legendaris Bogor ini sudah mulai langka dan hampir terlupakan.

Sesuai namanya, seupan talas terbuat dari talas yang telah dipotong-potong lalu dikukus. Hasil kukusan talas kemudian diberi parutan gula merah dan kelapa di atasnya. Penganan tradisional ini sangat cocok disantap hangat-hangat bersama segelas bajigur panas di kala udara sedang dingin.

 

 

Kue Jojorong

Sebagai salah satu jajanan legendaris Bogor, kue jojorong barangkali terdengar asing di telinga mayarakat luar Jawa Barat. Kue basah bercita rasa manis dan gurih ini merupakan penganan tradisional yang sangat terkenal dari masa lalu, tepatnya sejak era keemasan Kesultanan Banten. Jojorong lebih banyak ditemukan saat acara hajatan atau ketika bulan Ramadhan.

Kue jojorong terbuat dari tepung beras dan santan yang dikukus dalam wadah daun pisang berbentuk persegi. Isiannya berupa gula aren yang berperan memberi keseimbangan rasa manis di antara gurih santan kelapa. Jojorong khas Bogor biasanya hadir bersama aneka topping manis yang menjadi ciri khasnya.

 

 

Doclang

Doclang merupakan jajanan legendaris Bogor yang sudah ada sejak era 1960-an. Namanya konon berasal dari singkatan "Bumbu ledok nganggo kacang" yang berarti "Bumbu kental pakai kacang." Sesuai namanya, makanan yang sekilas mirip ketoprak ini terdiri dari irisan lontong dan racikan saus kacang sebagai bahan utama.

Racikan bumbu kacang doclang dan ketroprak pada dasarnya berbeda. Tampilan saus kecoklatan pada doclang nampak lebih kental dan tidak begitu kuat aromanya. Hal ini terjadi karena ada tambahan tepung kanji yang membedakannya dengan bumbu ketoprak.

 

 

Cungkring Bogor

Jajanan legendaris Bogor yang satu ini sekilas mirip dengan rujak cingur khas Surabaya. Bedanya, cungkring Bogor tidak hanya memakai cingur atau kikil sapi saja. Kudapan tradisional yang bikin banyak orang ketagihan ini lahir dari perpaduan bibir, otot kaki sapi, dan lontong yang disantap bersama siraman bumbu kacang.

Kabarnya, keberadaan kuliner cungkring Bogor saat ini sudah sangat langka. Tidak sedikit pedagang yang dengan sengaja mengganti bahan bibir dan otot kaki dengan kulit dan kikil sapi. Akibatnya, nilai keaslian makanan legendaris ini perlahan menghilang.

 

 

Pepes Sagu

Pepes sagu merupakan salah satu jajanan legendaris Bogor yang terkenal unik. Kalau pepes biasanya identik dengan bahan-bahan berkandungan protein tinggi yang dibumbui banyak rempah, namun tidak dengan penganan yang satu ini.

Seperti namanya, pepes sagu menggunakan bahan utama yang berasal dari sagu. Sagu yang telah bercampur dengan gula, garam, dan santan kemudian dikukus dalam balutan daun pisang. Alih-alih berasa tawar layaknya sagu pada umumnya, makanan yang tergolong sebagai kue basah ini memiliki berbagai macam varian rasa seperti nangka, pisang, atau keju.

Meskipun sebagian besar telah hilang tergerus zaman, kelezatan jajanan legendaris Bogor masih cukup populer hingga saat ini. Terbukti dengan banyaknya obrolan sosial media para wisatawan membicarakan makanan-makanan langka khas Kota Hujan. Dengan demikian, makanan tradisional sekalipun bisa menjadi ide bisnis kuliner yang menguntungkan bila dikelola tanpa meninggalkan nilai-nilai keasliannya.

 

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Lumpia Basah, Camilan Enak Yang Dipengaruhi Kebudayaan Tionghoa

Kota yang terletak di wilayah Pulau Jawa bagian barat ini juga lekat dengan kemahsyuran beragam makanan khas yang sering dicari secara online dengan keyword "jajanan enak di Bogor". Nah, jika kebetulan Anda mampir ke Bogor dan sedang mencari referensi panganan untuk disantap di lokasi atau bahkan dibawa pulang sebagai buah tangan, mampirlah ke kedai Lumpia Basah Suryakencana. Baca selengkapnya.....

MAU MAKAN APA?

Sate Jando Maranggi, Kuliner Favorit Dataran Tinggi

Sate adalah kuliner khas Indonesia yang telah mendunia. Olahan sate juga lahir di setiap daerah dengan ciri khas bumbu berbeda. Di kota Bogor ada Sate Maranggi yang digandrungi karena cita rasa lezat berkat bumbu rempahnya menyerap hingga ke dalam daging, termasuk satu jenis sate yang saat ini tengah hits, yakni sate jando maranggi. Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Es Kopi Ala Raindear Coffee, Patut Dicoba!

Es kopi susu kekinian (kadang disebut es kopi susu gula aren) adalah istilah untuk mencakup jenis racikan kopi yang mengandung susu dan gula aren. Racikan ini umumnya disajikan dingin dengan es dalam kemasan tertutup. Baca selengkapnya.....
  • 45

    Jual Minuman Teh Bandulan Gelas

    Dengan pemanis 100% gula asli, tanpa pemanis buatan, menjadikan komposisi rasa yang segar dan nikmat, bisa dinikmati untuk segala umur. Teh legend sejak tahun 1933 Praktis untuk acara kumpul kumpul, arisan, pengajian, gathering di rumah, kantor dll. Bandulan Teh Hijau (gelas 160ml) : Rp 30,000/dus Bandulan Melati (gelas 160ml) : Rp 27,000/dus #1 dus isi 24 gelas Pengiriman dengan Ojek Online, dari BSI, Bogor Timur, atau bisa COD janjian di seputaran Bogor Timur INSTANT Maksimal 5 dus/ karton…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: