Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Camilan Untuk Penderita Diabetes, Yang Direkomendasikan Oleh Dokter

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa yang menumpuk dalam jumlah besar di dalam darah, jika tidak diserap oleh sel tubuh dapat menimbulkan berbagai gangguan organ serta komplikasi yang membahayakan nyawa.

Hal itulah yang membuat penderita diabetes harus ekstra hati-hati dalam mengkonsumsi makanan ataupun camilan, karena harus menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Namun demikian, penderita diabetes tetap diperbolehkan mengemil asalkan memilih camilan sehat dan tepat sesuai kebutuhan. Syarat dari  pemilihan camilan untuk penderita diabetes adalah harus kaya serat, protein, dan lemak sehat.

Tiga komponen tersebut diatas akan membantu kadar gula lebih terkontrol. Lantas, apa saja camilan untuk penderita diabetes yang direkomendasikan?

 

1. BUAH SEGAR

Walau memiliki rasa manis, buah adalah camilan untuk penderita diabetes terbaik. Namun harus pintar-pintar memilihnya, yaitu harus mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Sebagai contoh adalah apel, jeruk, pir, alpukat, beri-berian, dan kiwi. Jika dikonsumsi sesuai kebutuhan, jenis buah-buahan ini aman untuk kesehatan.

 

2. DARK CHOCOLATE

Atau disebut juga sebagai coklat hitam, termasuk jenis camilan untuk penderita diabetes. Camilan ini mengandung kakao yang kaya polifenol sebagai sumber antioksidan, sebanyak 70%. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa polifenol dalam cokelat hitam ini dapat memperbaiki sensitivitas insulin, sehingga gula darah dapat lebih terkontrol.

 

3. TELUR REBUS

Telur adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Dalam 1 butir telur terdapat  7 gram protein dan sejumlah kalium untuk menunjang kesehatan otot, saraf, dan meningkatkan kesehatan jantung. Dengan demikian, telur rebus boleh dikonsumsi sebagai camilan untuk penderita diabetes namun tidak boleh berlebihan, karena kandungan kolesterol dalam kuning telur yang cukup tinggi.

 

4. YOGURT

Yogurt adalah pilihan tepat sebagai camilan untuk penderita diabetes. Kandungan karbohidrat, lemak baik, protein, dan probiotiknya aman bagi penderita diabetes. Namun, pastikan yogurt tersebut tidak mengandung lemak dan gula yang berlebihan,  bisa dilihat pada kemasannya.

 

5. KACANG-KACANGAN

Kacang-kacangan adalah jenis cemilan yang kaya akan protein dan serat,  sangat disarankan bagi penderita diabetes. Beberapa contoh kacang-kacangan yang baik dikonsumsi antara lain kacang kedelai, almond, dan edamame.

Sebenarnya, masih banyak variasi camilan yang bisa dinikmati asalkan dipilih dengan baik dan tepat sesuai kebutuhan. Jika masih memiliki keraguan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinis untuk mengatur pola makan dan camilan sehat. Mari jaga asupan makan dan pilih camilan tepat untuk kelangsungan hidup yang lebih sehat.

 

Sumber: dr. Sri Mulyati, M.Kes, Sp.GKDokter Spesialis Gizi Klinis dari Siloam Hospitals Makassar.

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia