TRANSLATE

Cara Mengolah Asinan Bogor Jadi Primadona Bisnis Kuliner Rumahan

Kalau orang Eropa punya salad sebagai hidangan penutup, maka Indonesia punya asinan. Namun, saat ditanya jenis asinan Nusantara yang cocok dijadikan primadona bisnis kuliner rumahan, tentu jawabannya adalah asinan Bogor. Alasannya sederhana, kudapan asal Kota Hujan ini sangat populer. Selain itu, tata cara mengolah asinan Bogor yang baik juga tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan di rumah.

Sesuai namanya, asinan Bogor tercipta dari proses pengasinan sayur atau buah-buahan yang berkombinasi dengan cita rasa asam, manis, dan pedas. Ada banyak cara mengolah asinan Bogor yang autentik agar semakin laris manis. Namun, sebelum melangkah lebih jauh ke dalam obrolan bisnis, simah dahulu kiat-kiat penting berikut ini.

 

 

Pilih Resep Terbaik

Apabila melihat bahan-bahannya, cara mengolah asinan Bogor bisa cukup membingungkan bagi sebagian orang. Berbeda dari asinan Betawi yang mengandalkan banyak sayur mayur, asinan khas Bogor terbagi menjadi tiga varian. Selain asinan sayur dan asinan buah, terdapat pula asinan berupa campuran antara keduanya. Tidak berhenti sampai di situ, pilihan kuahnya juga beragam berupa kuah cuka atau siraman bumbu kacang.

Oleh karena itu, penting untuk memilih resep asinan Bogor terbaik sebelum memulai bisnis kuliner rumahan. Anda dapat memilih jenis buah-buahan tropis atau sayuran yang banyak mengandung air sebagai bahan utamanya. Setelah itu, proses pengasinan atau pengacaran kuah ke dalam buah dan sayuran dapat menyesuaikan resep yang paling Anda kuasai.

 

 

Lakukan Food Testing

Sebuah bisnis kuliner rumahan bukan berarti bisa mengabaikan tahap pengujian rasa atau food testing. Tahap ini sangat penting perannya untuk memastikan tingkat kelayakan rasa sebuah resep masakan. Baik pada usaha tingkat besar maupun kecil, tata cara mengolah asinan Bogor yang benar sebaiknya disertai juga dengan serangkaian tahap pengujian racikan kuahnya.

Anda dapat melakukan food testing dengan mencoba resep asinan Bogor andalan di rumah. Setelah itu, undang saudara atau teman untuk ikut mencicipi dan memberi penilaian. Tahap pengujian rasa juga bisa dilakukan dengan cara membagikan sampel gratis kepada orang-orang terdekat. Hidangan asinan Bogor yang baik sudah sewajarnya memiliki keseimbangan cita rasa asam, manis, dan pedas.

 

 

Perhatikan Kemasan

Cara mengolah asinan Bogor menjadi primadona bisnis kuliner rumahan selanjutnya berkaitan dengan pengemasan. Sebagaimana yang telah kita ketahui, kudapan segar mirip salad ini banyak menyita perhatian masyarakat baik dari dalam maupun luar Bogor. Asinan bercita rasa autentik bahkan tak pernah absen dari daftar oleh-oleh khas Bogor yang layak dibawa pulang. Oleh karena itu, asinan sebaiknya disajikan dalam kemasan atau wadah yang tahan lama.

Asinan Bogor sendiri merupakan hidangan yang relatif tahan lama. Berkat proses pengasinan yang sedemikian rupa, seporsi asinan buah bisa bertahan hingga 1 minggu dalam suhu dingin lemari es. Mengingat hal itu, pilihan kemasan atau wadah yang kuat sangat penting untuk diperhatikan karena asinan tidak selalu harus segera habis dikonsumsi. Anda dapat memilih plastik vakum makanan atau container plastik sebagai alternatif pengemasan khusus perjalanan luar kota.

Sebagai kuliner kegemaran masyarakat luas, asinan dapat dengan mudah dijumpai di Kota Bogor dan kota-kota lainnya. Di kota asalnya sendiri, harga asinan Bogor cukup bervariatif. Seporsi asinan yang sudah punya nama dapat mencapai harga mulai dari Rp 20 rb hingga Rp 30 rb atau lebih. Setelah mengenal cara mengolah asinan Bogor yang autentik tentu Anda tidak perlu membelinya sendiri lagi. Sebaliknya, Anda bisa ikut menjualnya di tingkat bisnis kuliner rumahan.

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Lumpia Basah, Camilan Enak Yang Dipengaruhi Kebudayaan Tionghoa

Kota yang terletak di wilayah Pulau Jawa bagian barat ini juga lekat dengan kemahsyuran beragam makanan khas yang sering dicari secara online dengan keyword "jajanan enak di Bogor". Nah, jika kebetulan Anda mampir ke Bogor dan sedang mencari referensi panganan untuk disantap di lokasi atau bahkan dibawa pulang sebagai buah tangan, mampirlah ke kedai Lumpia Basah Suryakencana. Baca selengkapnya.....
  • 17

    Cheesecuit Dessert 200ml

    Varian: Matcha Oreo, Cokelat Oreo, Strawberry (New Varian). Ready Sabtu & Minggu. Pembelian 3 free Ongkir.

MAU MAKAN APA?

Mie Kocok Mawar, Meski Sederhana Namun Melegenda

Berbicara mengenai mie, kota Bogor punya banyak kuliner legendaris berbasis mie yang terkenal dan punya cita rasa yang luar biasa, kuliner tersebut adalah Mie Kocok Mawar di Pertigaan Mawar Merdeka Kota Bogor. Baca selengkapnya.....
  • 31

    Efra Catering Bogor, Melayani Paket Prasmanan, Nasi kotak, Dan Tumpeng

    Hallo, Foodies , ADA KABAR GEMBIRA !!!! Buat Kalian yang Kangen sama Masakan rumah tapi ga ada waktu buat Masaknya, Atau buat kalian yang bingung setiap hari nya mau makan siang apa Mending Kalian JOIN aja di eFRa Catering Setiap hari Varian menunya beda - beda ya DIJAMIN kalian ga akan Bosen deh Buat kalian yang suka makan siang sendiri kita juga ada paket bento ( siang dan malam)

MENU MINUMAN.....

Es Pala Pak Ujang, Minuman Segar Untuk Menjaga Kesehatan

Es Pala, minuman segar dan sehat khas Bogor konon kabarnya sudah ada sejak tahun 1950-an, dan citarasanya masih diakui hingga lintas generasi. Salah satu kedai penjual pala yang bertahan hingga turun temurun adalah "Es Pala Pak Ujang". Kisahnya berawal dari dekade tersebut, di satu lokasi yaitu Jalan Suryakencana Bogor yang saat itu merupakan pusat keramaian, karena terdapat bioskop dan lapangan olahraga. Baca selengkapnya.....
  • 41

    Open Order Dan Reseller Jamu Budeyul

    Minuman kesehatan yang terbuat dari bahan rempah asli tanpa pengawet, menggunakan gula aren .. Minum jamu sehat tanpa rasa takut pahit dan gak enak .. Bisa di minum dingin ataupun panas .. Kunyit asem Kunyit asem sirih Kunyit asem last sugar Beras kencur Jahe segar Yukkkkk berbagi kesehatan dan kesegaran. Open reseller juga ya….

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: