TRANSLATE

Cara Mengolah Kopi Robusta Bogor Jadi Peluang Usaha Minuman

Menikmati suasana Bogor saat hujan rasanya tak lengkap kalau belum menyeruput secangkir kopi panas jenis robusta. Kopi robusta lokal asal Kota Hujan ini memang selalu mendapat pujian berkat cita rasanya yang unik dan mudah diracik. Di atas itu semua, cara mengolah kopi robusta Bogor ternyata tidak sembarangan.

Robusta adalah jenis kopi populer yang sudah terkenal di dunia. Kabupaten Bogor sendiri menjadi salah satu sentra utama budidaya jenis kopi yang punya kandungan kafein dan asam cukup tinggi ini. Jika umumnya robusta bercita rasa pahit, kopi robusta Bogor justru memiliki sedikit sentuhan rasa karamel dan aroma kacang-kacangan. Hal ini membuatnya selalu jadi buruan para penggemar kopi.

Dengan segala keunikannya, robusta bisa jadi peluang bisnis minuman atau kafe yang menjual kopi hasil modifikasi. Untuk itu, proses peracikannya tidak boleh keliru. Berikut adalah cara mengolah kopi robusta Bogor yang baik dan benar sesuai anjuran para barista berpengalaman.

 

 

Proporsi Kopi Harus Sesuai

Kopi robusta Bogor tergolong jenis kopi bercita rasa unik. Jika pada umumnya kopi jenis robusta terkenal akan rasa pahit yang dominan, kopi robusta bogor justru sebaliknya. Alih-alih meninggalkan sensasi getir di lidah, biji kopi asal Kota Sejuta Angkot ini justru memberi kesan fruity dan aroma manis. Padahal kandungan gulanya tergolong rendah jika dibandingkan jenis kopi lain.

Dengan keunikan tersebut, cara mengolah kopi robusta Bogor tidak bisa sembarangan. Para barista biasanya menggunakan jenis kopi ini sebagai bahan dasar untuk membuat kopi susu, seperti latte, cappuccino, dan macchiato. Oleh karena itu, perbandingan kopi dan bahan lainnya harus sesuai supaya menghasilkan rasa yang sempurna.

 

 

Takaran dan Suhu Air

Cara mengolah kopi robusta Bogor sebenarnya tidak jauh berbeda jika dibandingkan jenis kopi lain. Demi mendapatkan rasa kopi yang enak, bubuk kopi harus melewati proses penyeduhan sambil memperhatikan takaran dan suhu air. Kondisi air yang Anda gunakan bisa mempengaruhi kualitas rasa sebuah kopi.

Suhu air yang diperlukan untuk membuat kopi robusta Bogor berada di kisaran 90 sampai 96 derajat celcius. Suhu air yang terlalu dingin akan menghasilkan rasa kopi yang datar. Sedangkan, suhu terlalu panas bisa menghilangkan kesegaran rasa kopi. Dalam 1 gram kopi cukup menggunakan air sebanyak 15 ml.

 

 

Perhatikan Hasil Gilingan

Siapa bilang hasil gilingan kopi tidak berpengaruh pada cita rasa kopi? Sebaliknya, keberhasilan proses penyeduhan dalam tata cara mengolah kopi robusta Bogor yang benar sangat ditentukan oleh tingkat keseimbangan hasil penggilingan biji kopi. Beda sajian kopi, beda pula bubuk kopinya.

Kopi robusta Bogor merupakan salah satu pilihan base kopi susu favorit yang tersedia saat ini. Dengan demikian, proses penyeduhan biasanya selalu mengandalkan mesin espresso. Jika Anda ingin membuat minuman dengan espresso based sebagai pilihannya, maka biji kopi sebaiknya tidak terlalu halus atau terlalu kasar. Gilingan kopi yang tidak sesuai akan menghasilkan hasil racikan yang kurang maksimal.

Pada tahun 2021, Bogor mencetak rekor produksi kopi robusta sebanyak 4.151 ton. Angka ini menjadi yang tertinggi di Jawa Barat dan urutan ke-4 se-Indonesia. Di saat bersamaan, minat masyarakat akan kopi yang banyak tumbuh di dataran tinggi ini ikut meroket. Selain itu, potensinya ikut membuka peluang usaha minuman kekinian yang mengandalkan base kopi dan susu.

Bagi Anda yang tertarik menggeluti bisnis minuman kekinian, kopi asal Kota Hujan bisa jadi salah satu pilihannya. Dengan mengikuti tata cara mengolah kopi robusta Bogor yang benar, racikan minuman apapun dijamin bakal nikmat.

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Kue Rangi, Aroma Kelapa Dari Makanan Khas Betawi Ini Memang Menggoda

Berbicara soal kuliner di Jakarta memang tak ada habisnya. Di kota metropolitan ini, Anda dapat dengan mudah menemukan aneka jenis kuliner dari lokal hingga mancanegara. Sebagai penduduk asli Jakarta, masyarakat Betawi juga memiliki ragam jajanan yang tak kalah menggugah selera dibandingkan kuliner lainnya di kota ini. Salah satunya adalah kue rangi, makanan khas Betawi legendaris yang kini mulai sukar ditemui. Baca selengkapnya.....
  • 17

    Cheesecuit Dessert 200ml

    Varian: Matcha Oreo, Cokelat Oreo, Strawberry (New Varian). Ready Sabtu & Minggu. Pembelian 3 free Ongkir.

MAU MAKAN APA?

Soto Mie Bogor, Makanan Berkuah Sarat Rempah.

Soto! Ya, kuliner berkuah satu ini memang khas Indonesia. Hampir setiap wilayah di negeri ini memiliki olahan soto. Demikian pula dengan Bogor yang memiliki olahan soto unik bernama Soto Mie Bogor. Makanan asli Kota Hujan ini merupakan menu yang bukan saja mengenyangkan, melainkan juga menyehatkan. Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Kopi Cap Kacamata, Minuman Kegemaran Warga Kampung Arab

Istilah Kopi konon diambil dari kata “kopen” dalam bahasa Jawa, yang artinya merawat, menjaga, dan memelihara secara hati-hati. Istilah ini menjadi pedoman untuk menumbuhkan kopi berkualitas dari segi rasa dan aroma. Bagi sebagian masyarakat di tanah air, kopi bukan sekadar minuman, tapi sumber kehidupan. Mereka mendedikasikan hidupnya pada kopi, agar dapur terus mengepul dan anak-anak bisa bersekolah. Baca selengkapnya.....
  • 33

    PLAIN YOGURT

    Terbuat dari 100% susu sapi murni dan segar dengan kultur yogurt yang terdiri dari bakteri L. Bulgarichus, L. Acidopholus, streptococcus thermopilus, Bifodobacterium animalis SPP lactis. Bertekstur kental. Tanpa tambahan air, tanpa pengawet, tanpa zat pengental, tanpa penstabil dan tanpa antiragi Cocok dijadikan toping salad, smoothie buah, bahkan bisa untuk masker/lulur. 250 ml 15rb 1 liter 50 rb Pengiriman Ciomas Bogor Pengiriman Jadetabek sameday with paxel Tersedia juga: Smoothie yogurt…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: