TRANSLATE

Cara Mengolah Talas Bogor Jadi Ide Usaha Kuliner Kekinian

Membicarakan makanan olahan dari umbi-umbian asal Kota Hujan, tentu kurang lengkap tanpa menyebut lapis talas Bogor yang sangat terkenal. Di kota sejuta angkot ini, umbi talas memang telah menghasilkan banyak sekali inovasi kuliner kekinian, mulai dari sekedar camilan hingga oleh-oleh.

Talas Bogor yang memiliki nama lain sebagai talas ketan atau talas lambao, lahir dari proses seleksi yang dilakukan oleh Balai Penelitian Pertanian di Bogor. Para ilmuwan tersebut akhirnya berhasil menemukan jenis talas yang dapat diolah menjadi makanan, seperti halnya umbi-umbian pada umumnya. Tekstur yang padat dan kering membuat talas  cocok dengan berbagai metode pengolahan  yang menggunakan suhu tinggi, seperti panggang atau goreng.

Ada banyak cara mengolah talas Bogor menjadi hidangan lezat. Sayangnya, proses mengolah talas ini bisa jadi cukup merepotkan bagi Anda yang baru pertama kali melakukannya. Pasalnya, talas mentah mengandum kalsium oksalat yang berpotensi menimbulkan rasa gatal pada permukaan kulit manusia.

Zat tersebut tidak hilang saat terkena panas sehingga talas perlu melewati metode pengolahan khusus sebelum dimasak. Sebenarnya, Anda tak perlu pusing memikirkan cara mengolah talas Bogor.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyulap talas jadi makanan lezat kekinian tanpa rasa gatal di kulit ataupun mulut. Berikut ulasannya.

 

 

Jemur Sebelum Diolah

Langkah pertama dalam tata cara mengolah talas Bogor yang benar ialah dengan menjemurnya terlebih dahulu. Cara ini diklaim dapat melemahkan kandungan kalsium oksalat, yang pada talas memilik bentuk seperti jarum halus yang disebut raphides.

Sebelum mulai menjemur, kupas talas menggunakan pisau tajam sambil mengenakan sarung tangan untuk mencegah timbulnya rasa gatal. Setelah itu, jemur talas di bawah terik sinar matahari selama 1-2 jam dalam keadaan utuh atau sudah dipotong-potong.

 

 

Rendam dalam Air Garam

Usai menjemur, tahap perendaman menjadi langkah kedua dalam tata cara mengolah talas Bogor yang baik dan benar. Alih-alih menggunakan air biasa, sangat dianjurkan untuk merendam talas di dalam air garam dapur selama kurang lebih 30 menit.

Adanya natrium klorida dalam larutan garam dapur yang digunakan sebagai medium perendaman berfungsi untuk mengurangi kandungan senyawa oksalat pada talas.

Agar seluruh bagian talas terendam sempurna, potong talas ke dalam bagian-bagian kecil sesuai selera. Proses perendamaan talas di dalam air garam juga memberi cita rasa gurih. Oleh karena itu, potongan talas sebaiknya tidak terlalu besar agar lebih merata.

 

 

Rebus Sejenak

Langkah terakhir untuk mencegah efek gatal ialah dengan cara merebusnya. Cara mengolah talas Bogor yang satu ini identik dengan tahapan mengolah umbi-umbian pada umumnya. Fungsinya tidak sekedar menghilangkan zat pemicu sengatan, tetapi juga bertujuan melunakan tekstur talas agar lebih mudah diolah.

Proses perebusan tidak perlu terlalu lama. Cukup 15 menit saja agar talas tidak terlalu lembek. Setelah itu, talas pun siap diolah menjadi aneka makanan yang nikmat.

Sebagai sentra produksi talas, Bogor memiliki banyak sekali jajanan khas berbahan dasar umbi-umbian berdaun lebar ini. Inovasi kuliner pada talas telah menghasilkan produk-produk baru. Beberapa diantaranya bahkan telah menjadi buah tangan wajib asal Kota Hutan ini. Sebagai contoh adalah: kue lapis pelangi, pie talas, bika talas, brownies talas, hingga egg roll talas yang hampir dapat ditemukan di semua penjual oleh-oleh khas Bogor.

Tak melulu kue-kue manis, talas bisa yang disulap jadi olahan sayur sebagai teman makan nasi juga tak kalah lezat. Bagi Anda yang suka camilan gurih, tidak ada salahnya mencoba keripik talas dan stik talas aneka rasa. Uniknya lagi, talas bahkan bisa menyusup ke menu makanan pencuci mulut sebagai bahan campuran es krim.

Saat ini ada banyak sekali makanan khas berbahan dasar talas yang dapat Anda coba. Tak sedikit pula ide usaha kuliner kekinian yang lahir darinya. Apapun jenis olahannya dijamin lezat asalkan mengikuti tata cara mengolah talas Bogor yang benar.

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Wedang Tahu, Camilan Manis Beraroma Jahe

Wedang tahu adalah makanan jaman dulu dengan cita rasa manis, beraroma jahe dan berisi kembang tahu yang dibuat dari sari kedelai. Berdasarkan tulisan dari Dosen sejarah Universitas Sanata Dharma, Heri Priyatmoko, berjudul Silang Sejarah dan Budaya yang diterbitkan di Koran Jakarta tahun 2015, wedang tahu adalah kuliner khas Semarang walaupun bukan asli dari Semarang. Baca selengkapnya.....
  • 110

    Tempat Ngopi dan Nyemil Pisang Goreng

    Tanpa disadari. nongkrong sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat di kota Bogor. Itu sebabnya di kota hujan ini, banyak bermunculan tempat nongkrong untuk bersantai atau sekedar mengobrol. Salah satu diantaranya adalah Warung Pisang Tanduk Goreng Om Jims, yang beralamat di Jl.Kol. Ahmad Syam, RT.03/RW.001, Katulampa, Kec.Bogor Timur, Kota Bogor.

MAU MAKAN APA?

Mie Ayam Bakso Yamin Bangkalan, Murah Meiah

Setelah penasaran sekian lama akhirnya bisa mencicipi mie ayam bakso ini yang sempat viral di Bogor . Jenis mie ayam yamin yang tidak dipakai kan kecap manis. Harga 1 porsi mie ayam original 14ribu. Sedangkan yang komplit pakai ceker dan pangsit basah 18 ribu. Potongan ayamnya besar-besar dan rasa mienya tidak mengecewakan. Cuma harus sabar ya soalnya antri dan kita harus ambil pesanan kita sendiri bukan diantarkan ke meja kita. Sekarang mereka sudah menempati ruko dan tempatnya nyaman, bukan… Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Tuak Aren, Minuman Segar Anti Mabuk

Jika mendengar kata "Tuak", hampir semua orang membayangkan jenis minuman yang memabukkan. Padahal, pada awalnya memiliki manfaat untuk menghilangkan penat para pekerja berat, atau mengatasi kesulitan tidur. Tentu saja dengan kadar yg secukupnya dan tidak sampai menyebabkan mabuk. Tuak merupakan minuman beralkohol hasil racikan asli masyarakat pesisir Indonesia. Baca selengkapnya.....
  • 45

    Jual Minuman Teh Bandulan Gelas

    Dengan pemanis 100% gula asli, tanpa pemanis buatan, menjadikan komposisi rasa yang segar dan nikmat, bisa dinikmati untuk segala umur. Teh legend sejak tahun 1933 Praktis untuk acara kumpul kumpul, arisan, pengajian, gathering di rumah, kantor dll. Bandulan Teh Hijau (gelas 160ml) : Rp 30,000/dus Bandulan Melati (gelas 160ml) : Rp 27,000/dus #1 dus isi 24 gelas Pengiriman dengan Ojek Online, dari BSI, Bogor Timur, atau bisa COD janjian di seputaran Bogor Timur INSTANT Maksimal 5 dus/ karton…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: