TRANSLATE

Serabi Notosuman Solo, Terkenal Sejak "Jaman Doeloe"

Banyak sekali jajanan tradisional di Indonesia yang penuh dengan sejarah dan juga budaya. Salah satunya adalah serabi. Makanan yang satu ini sering pula disebut dengan apem dan sebagainya di beberapa wilayah yang berbeda. Beberapa kota di Indonesia memiliki serabi mereka sendiri dengan ciri khas serabi yang berbeda. Salah satu yang akan dibahas ini adalah serabi Solo yang telah terkenal sejak lama bahkan mungkin ketika kakek nenek Anda masih kecil.

 

Apa Ciri Khas Serabi Solo yang Berbeda Dengan Serabi Kota Lain?

Sejak tahun 1923, serabi Solo menjadi salah satu ikon kuliner tradisional di Solo sekaligus menjadi makanan favorit warga Solo termasuk juga untuk pendatang. Serabi Solo ini meskipun kuno, tetap menjadi budaya kuliner Jawa Tengah yang tidak bisa ditinggalkan dan berbeda dengan ciri khas serabi di masa lalu, di masa kini Anda bisa menikmati serabi ini dengan berbagai macam topping menarik sehingga anak kecil pun akan menyukai makanan tradisional tersebut. Jika berada di Solo, belum lengkap rasanya jika tidak membelinya.

Di beberapa daerah lain, kue ini bisa disebut dengan Srabi atau Surabi yang dapat dikatakan juga mirip dengan pancake atau wafel makanan orang barat namun cara pembuatan dan bahannya berbeda. Menurut beberapa ahli atau pakar kuliner Indonesia, terdapat dua kemungkinan yang menjelaskan asal usul serabi ini. Yang pertama adalah dari India dimana terdapat cukup banyak makanan yang terbuat dari tepung beras dan menggunakan santan bahkan namanya mirip Appam.

Yang kedua asal usul serabi ini adalah dari Belanda tepatnya pada masa penjajahan dulu dimana terdapat jajanan di wilayah Sumatera Barat yang disebut dengan Pinukuik yang artinya adalah pancake dari bahasa Belanda. Ciri khas serabi Solo yang unik ini terdapat pada bagian pembuatannya yang sangat unik. Bentuk serabi ini bulat dan terbuat dari adonan yang sesungguhnya sangat sederhana yaitu garam, gula, santan, tepung beras dan daun pandan menjadi pewanginya.

Ciri Khas Serabi Solo Adalah dari Proses Pembuatan yang Unik

Selanjutnya adonan ini dicampurkan dan dimasak secara tradisional juga dengan menggunakan tungku tang terbuat dari bahan tanah liat. Tungkunya pun juga dipanaskan dengan menggunakan arang kayu. Ketika adonan dituang, biasanya wajan tanah liat itu akan ditutup hingga 3 menit. Adonan akan mengembang dan akhirnya matang. Tekstur dari makanan ini sesungguhnya sangat sederhana yaitu garing di bagian luar yang terkena tungku ditambah sedikit ada rasa hangus terbakar dan bagian tengahnya pun kenyal dengan rasa manis dan gurih santan.

Di Solo, ini merupakan kuliner yang paling melegenda namun tetap mampu menjaga eksistensinya sampai sekarang. Serabi Solo bukan jajanan pasar biasa melainkan ini adalah bagian hidup yang paling penting bagi warga Solo atau bisa dikatakan sebagai identitas. Secara tradisional, serabi di kota ini akan disajikan secara polos dan tidak menggunakan tambahan apapun termasuk gula merah sebagai kuahnya. Intinya Anda makan dalam keadaan kering. Tapi sekarang jaman sudah berubah.

Dengan perkembangan jaman yang ada, kini topping polos itu pun berubah menjadi diberi tambahan potongan pisang sebagai hiasan, nangka, jagung hingga topping yang lebih modern seperti keju atau cokelat. Bahkan sekarang pun, para penjual juga mulai menambahkan irisan telur, sosis, oncom bahkan ada yang adonannya diberi pewarna sehingga lebih menarik mata. Ada beberapa tempat di Solo yang terkenal sebagai penjual serabi legendaris dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik.

Salah satunya adalah di wilayah sepanjang jalan Slamet Riyadi. Di jalan ini terdapat banyak sekali outlet serabi dan salah satunya adalah Srabi Noto Dewe. Anda bisa melihat ciri khas serabi Solo disini dimana akan ada beberapa deretan wajan kecil yang menjadi tempat memasak adonan serabi. Selain itu, ada pula Outlet lain yang dikenal sebagai perintisnya yaitu Serabi Notosuman yang bahkan masih menggunakan daun pisang sebagai pembungkus di dalam kotaknya.

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Basreng, Jajanan Kaki Lima dengan Cita Rasa Gurih dan Renyah

Basreng, atau Baso Goreng, adalah camilan yang populer dan pertama kali muncul di Jawa Barat. Namanya berasal dari bahan utamanya, bakso, yang digoreng. Awalnya, jenis cemilan ini hanya terkenal di Jawa Barat. Namun, kini cemilan ini telah menyebar ke seluruh Indonesia dan bahkan ke mancanegara. Kemudian, digemari di seluruh tanah air, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tentu saja karena rasanya yang renyah, gurih, dan pedas atau sesuai selera. Baca selengkapnya.....
  • 10

    AZIZAH ZUPPA SOUP BOGOR

    Hadir di kota hujan guy. Siap menemani suasana nya dengan menu yg begitu menggoda. Paket special: ZUPPA SOUP isi daging ayam+jagung manis PISANG SELIMUT toping keju,susu,meises MACARONI SCOTTEL isi cornet daging sapi &keju Menerima orderan untuk acara pesta/hajatan, arisan, ulang tahun, dll. Untuk order kami ready 24jam guys. Bebas ongkir depan rumah

MAU MAKAN APA?

Mie Pangsit Dirgahayu Sukasari, Alternatif Pilihan Mie Ayam

Mie ini bertekstur kenyal, kecil dan sedikit keriting. Disajikan dengan potongan daging kecap yang empuk. Semakin lengkap dengan bakso sapi dan pangsit rebus.Lokasi Mie Bakso Dirgahayu (NonHalal). RT.01/RW.07, Sukasari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor (Pengalaman kuliner Rachmat) Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Ngopi Di Sawah, Satu Cara Menikmati Hidup

Ngopi adalah sebuah istilah untuk kegiatan menikmati minuman kopi. Tidak sekedar menikmati citarasanya, ngopi juga salah satu cara menikmati hidup. Bisa dilakukan sendirian saja atau bersama dengan teman-teman. sambil ngobrol ngalor ngidul. Bagi pecinta kopi yang bosan dengan suasana kedai yang begitu-begitu saja, ada satu tempat menarik yang lain dari biasa yaitu Ngopi Di Sawah Bogor. Baca selengkapnya.....
  • 33

    PLAIN YOGURT

    Terbuat dari 100% susu sapi murni dan segar dengan kultur yogurt yang terdiri dari bakteri L. Bulgarichus, L. Acidopholus, streptococcus thermopilus, Bifodobacterium animalis SPP lactis. Bertekstur kental. Tanpa tambahan air, tanpa pengawet, tanpa zat pengental, tanpa penstabil dan tanpa antiragi Cocok dijadikan toping salad, smoothie buah, bahkan bisa untuk masker/lulur. 250 ml 15rb 1 liter 50 rb Pengiriman Ciomas Bogor Pengiriman Jadetabek sameday with paxel Tersedia juga: Smoothie yogurt…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: