Corona Marak, Sirup Pokak Asli Probolinggo Cocok Tingkatkan Imun

Virus corona jenis baru atau yang disebut sebagai Covid-19 mulai menyebar dengan massif sejak awal tahun ini. Wuhan China, menjadi tempat pertama yang masyarakatnya terjangkit virus tersebut. Banyak diberitakan jika daya tubuh atau imun yang bagus, adalah kunci penting untuk menjaga badan dari serangan virus ini. Menyusul hal tersebut, di Indonesia pun ramai pemberitaan ihwal berbagai makanan dan minuman yang digadang-gadang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, diantara minuman tersebut salah satunya adalah Sirup Pokok Asli Probolinggo. 

Tak seperti sirup yang kebanyakan yang identik dengan warna-warna jreng, rasa manis yang lekat serta aroma yang ‘wangi’, sirup pokak merupakan minuman dengan kandungan dan citarasa rempah-rempah. Dimana rempah-rempah konon kabarnya bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi sirup pokak, diharapkan pula daya tahan tubuh bakal terdongkrak. 

Kerap pula disebut sebagai Wedang Pokak, minuman khas asal Probolinggo ini bahan utamanya adalah jahe dan cengkeh. Bagi Anda diluar Probolinggo, mungkin sedikit asing mendengar nama ini, tetapi masyarakat setempat sangat familiar dengan sirup atau wedang pokak ini. 

Selain cengkeh dan jahe, ada sejumlah bahan lain yang ditambahkan  seperti kayu manis, daun pandan, jeruk purut juga gula merah. Dari bahan-bahan tersebut, khasiat peningkatan daya tahan tubuh diperoleh. Utamanya dari kandungan curcumin dan gingerol yang ada di dalam jahe. Manfaat lain dari minuman tradisional ini adalah menyembuhkan masuk angin, batuk, meredakan batuk, dan menurunkan tingkat kolesterol. 

Umumnya, wedang pokak disajikan dengan cara menyeduhnya dengan air panas dan dikonsumsi selagi hangat. Di Probolinggo, minuman ini dapat dibeli dalam bentuk kemasan dalam botol berbentuk sirup. Dengan demikian sangat memudahkan dalam penyajiannya. Cukup siapkan gelas, tuangkan secukupnya, kemudian beri air panas.

Sirop Pokak umum dijual sebagai salah satu oleh-oleh khas Probolinggo. Namun jika anda ada di daerah lain dan ingin mencoba minuman ini, anda bisa membelinya secara online, atau mencoba membuatnya sendiri. Dikutip dari fimela.com, Anda bisa menyiapkan beberapa bahan seperti berikut. 

 

Bahan-bahan:

  • 2 batang serai, iris-iris
  • 1 batang kayu manis
  • 2 buah kapulaga
  • 3 buah cengkeh
  • 2 cm jahe, iris tipis
  • gula aren atau gula merah
  • air secukupnya
  • Madu secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Rebus semua bahan dengan air secukupnya hingga mendidih dan air berwarna cokelat pekat seperti teh. Biasanya juga akan tercium bau wangi dari air rebusan.
  2. Setelah mendidih, matikan api. Saring ke dalam gelas dan tambahkan madu secukupnya.
  3. Siap dinikmati selagi hangat.

 

Perlu dicatat jika resep di atas untuk satu porsi atau secangkir Wedang Pokak saja. Oleh karena itu, jika ingin mengkonsumsinya bersama anggota keluarga yang lain, Anda bisa membuat lebih banyak dan tinggal mengalikan saja takarakannya sesuai dengan porsi yang akan dibuat. 

Demikian sekilas ulasan tentang Sirup Pokak asli Probolinggo yang dipercaya bisa membantu meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Terlepas dari sirup atau wedang ini, tentu saja untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda juga perlu melakukan olahraga dan mengatur waktu istirahat. Asupan memang penting, tetapi gaya hidup sehat seperti tidak begadang juga tak kalah penting untuk menjaga kesehatan.

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Bubur Ayam Tasik "Incu Kalektor" Gang Mesjid Cilendek Timur

Pagi ini melipir daerah gang masjid Cilendek timur. Icip-icip Bubur Ayam Tasik "Incu Kalektor" yang posisinya diantara RedDoorz dan AlfaMart. Sajian khas Tasik dengan buburnya yang gurih ditambah topping suiran Ayam, cakwe, daun bawang dan tambahan ati ampela serta telur rebus untuk menu komplit. Sepertinya ada krez krez asin caipo / tongcai namun tidak banyak. Saya sengaja tidak menanyakan dan minta tambah, karena akan balik lagi dengan minta topping caiponya lebih berlimpah (pengalaman… Baca selengkapnya.....
Kontol Kambing Khas Malang Uenake Pol Rek

Kontol Kambing Khas Malang, Uenake Pol Rek!

Saat mendengar nama kota Malang, apa yang Anda pikirkan? Ya, sebagian besar dari Anda akan menyebut jika salah satu kota di Jawa Timur ini kaya akan tempat wisata beragam, kuliner yang gurih hingga pedas, juga buah apel yang segar alami. Namun, pernahkah Anda berpikir jika Malang juga memiliki kuliner yang namanya kelewat nyeleneh? Baca selengkapnya.....

Mie Ayam Yamin Bangkalan Jalan Mawar

Setelah penasaran sekian lama akhirnya bisa mencicipi mie ayam ini yang sempat viral du Bogor . Jenis mie ayam yamin yang tidak dipakai kan kecap manis. Harga 1 porsi mie ayam original 14ribu. Sedangkan yang komplit pakai ceker dan pangsit basah 18 ribu. Potongan ayamnya besar-besar dan rasa mienya tidak mengecewakan. Cuma harus sabar ya soalnya antri dan kita harus ambil pesanan kita sendiri bukan diantarkan ke meja kita. Sekarang mereka sudah menempati ruko dan tempatnya nyaman, bukan di… Baca selengkapnya.....