Loading...

Daftar Lokasi Usaha MAKANAN Jajan Pasar Murah Meriah, Lengkap dan Enak

Indonesia memang paling OK soal makanan.  Apa yang tak ada di negeri ini? Segala makanan utama, kue, hingga minuman semua punya kekhasan tersendiri. Kuliner Indonesia memang membuat siapapun rindu. Tempat jajanan pun tak terhitung. Dari yang melegenda sejak ratusan tahun lalu atau yang baru-baru muncul dengan gaya yang kekinian.

Apabila Anda ingin mencari makanan berupa kue-kue tradisional, baik yang sudah familiar namanya maupun yang sudah agak jarang ditemui, tenang saja!  Banyak tempat jajan pasar murah meriah dan lengkap. Berikut tempat jajan pasar paling lengkap di Indonesia. Dijamin ngiler deh!

 

 

Pasar Kue Subuh Senen, Jakarta

Tempat ini sudah melegenda sebagai salah satu pusat jajan pasar terbesar. Mau jajanan yang manis seperti kelepon, bolu gulung,kue kue, bolu kukus dan lainnya? Ada! Atau mau yang asin dan gurih seperti arem-arem, risoles atau pastel? Semua ada disini, bahkan ada cake berhias nan cantik yang dijual dengan harga Rp 20,000 per kotak. Murah bukan?!

Seperti namanya, pasar ini beroperasi pukul 18.00 hingga pukul 07.00. Harganya juga sangat terjangkau,sekitar Rp 1,000-Rp 2,000 per buah. Banyak yang membeli kue ini dalam jumlah besar untuk dijual lagi.

Anda akan benar-benar dimanjakan dengan begitu banyaknya kue di pasar yang berlokasi dekat Stasiun Senen.

 

 

Pasar Kotagede, Yogyakarta

Tempat ini juga salah satu pusat jajan pasar murah meriah yang legendaris karena sudah ada sejak jaman Kerajaan Mataram Islam. Tempat ini sudah beberapa kali mengalami renovasi, tetapi keasliannya masih terjaga. Pasar Kotagede beroperasi dari pukul 03.00 hingga 09.00.

Semakin Anda melangkah, Anda semakin betah karena jajanannya semakin banyak. Bahkan Anda bisa bingung sendiri memilih karena beragam makanan khas ada disini, terutama yang sudah mulai langka ditemui seperti kue kembang waru, geplak, tiwul, sego jagung, jenang sumsum dan sebagainya.

Seperti layaknya pasar, Anda juga bisa membeli berbagai keperluan rumah tangga seperti sayur mayur, buah daging dan ikan. Ingin makan berat? Ada soto ayam bening daun kemangi yang segar.

 

 

Pasar Blauran, Surabaya

Dari kue jajan pasar hingga makanan berat semua ada disini. Harganya juga tidak buat kantong jebol, dari Rp1.000 hingga Rp10.000. Dari jajan pasar seperti klepon, bolu kukus, wajik, getuk hingga makanan seperti nasi pecel, nasi kuning, lontong balap, sate kambing, rujak cingur semua tersedia.

Salah satu jajan pasar murah meriah yang wajib dicoba adalah es dawet jenang dengan campuran ketan hitam dan jenang gerundul. Harganya? Cuma Rp6.000 seporsi. Selain itu, mie depot Dua Ibu dan Kare Kambing Cak Dasim menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba jika blusukan di Pasar Blauran ini.

Pasar ini buka dari pukul 07.00 hingga 21.00.

 

 

Pasar Kreneng, Bali

Maraknya restauran dan tempat wisata kekinian di Bali membuat kehadiran pasar ini mungkin agak terlupakan. Padahal wisata kuliner di pasar tradisional seru lho karena banyak menemukan hal yang tidak ditemui di tempat-tempat mewah.

Pasar Kreneng sudah berdiri sejak 1983. Dari pagi hingga siang,pasar yang berlokasi di kawasan Badung, Denpasar ini menjual barang kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk sesajen ritual umat Hindu. Nah, di sore hingga tengah malam tempat ini berubah menjadi pasar malam.

Nah, di malam hari inilah segala kuliner khas Bali mulai bermunculan. Warga lokal pun banyak yang mencari jajan pasar murah meriah di tempat ini di malam hari. Penasaran ingin wisata kuliner di malam hari? Yuk cobain!

 

 

Pasar Gang Baru, Semarang

Pasar ini memang tidak terlalu luas dan tidak beratap.  Namun, disitulah seninya. Pagi-pagi sekali pasar ini sudah penuh sesak oleh para pengunjung. Cari jajan pasar murah meriah? Wah jangan ditanya. Mau ongol-ongol, putu ayu, onde-onde, getuk, kelepon, bapel, bahkan kue-kue yang sudah mulai langka pun ada semua. Rasanya pun enak!

Bubur-bubur tradisional seperti bubur sumsum,bubur ketan hitam, bubur jewawut ada semua. Keunikannya semua disajikan dengan mangkok daun pisang. Harganya? Rp3.000 saja.

Nah, jika ingin cari bumbu dapur,di pasar ini juga ada. Bumbu-bumbu masakan Asia lengkap disini. Begitu juga dengan rempah-rempah. Selain itu, Anda juga bisa meminta bumbu seperti cabai atau bawang dirajang halus oleh penjualnya.

 

 

Sari-Sari, Bandung

Toko kue ini menjadi salah satu tempat membeli oleh-oleh jika ke Bandung. Tempatnya cukup nyaman karena kita bisa menikmati minuman dan makanan ringan di dalamnya. Ada empat jenis makanan yang dijual disini; jajanan tradisional manis, jajanan tradisional asin, makanan berat tradisional dan jajanan modern.

Jika ingin memesan dalam jumlah banyak,pastikan Anda memberi tahu dua atau tiga hari sebelumnya. Harganya variatif dari Rp 1,000 hingga Rp 290,000.

Toko ini buka pukul 05.00-19.00 dan tutup di hari raya saja. Kalau ingin menikmati jajan pasar pastikan datang sebelum pukul 09.00 agar tidak kehabisan ya!

 

 

Pasar Gede, Solo

Satu lagi nih, tempat yang tak boleh terlewatkan oleh penggemar jajan pasar murah meriah. Ya, jika Anda berkunjung ke Solo, jangan lupa berkunjung ke Pasar Gede. Dijamin puas!

Salah satu jajanan yang menjadi favorit adalah lenjongan. Wah, apa itu? Lenjongan adalah gabungan beberapa jajanan seperti tiwul, gethuk, sawut, ketan hitam, ketan putih, kelepon dan cenil.

Hebatnya lagi, semua jajanan ini dibuat tanpa bahan pengawet. Jadi aman dikonsumsi. Harganya juga murah meriah, hanya Rp4.000,-

Jika Berkunjung Ke Makassar, Jangan Lewatkan Untuk Mencoba MAKANAN Khas Ini

Wisata kuliner menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Berpetualang rasa adalah sebuah tantangan tersendiri bagi pecintanya. Namun, dengan datangnya bulan Puasa, apakah kegiatan jelajah rasa ini harus dihentikan sepenuhnya?! Hmm… sepertinya hal itu tidak berlaku mutlak. Pasalnya, saat Ramadhan tiba, di berbagai sudut penjuru negeri ini banyak yang menjajakan makanan tradisional khas daerah bahkan yang tidak pernah ada di hari-hari biasa.

Mengapa Makanan Ini Diberi Nama MIE GLOSOR?

Sajian mie yang begitu beragam bisa dijumpai di China. Hal ini memang tak mengherankan mengingat mie adalah salah satu panganan pokok di Negeri Tirai Bambu. Namun, menariknya Indonesia yang makanan pokoknya, nasi, sagu hingga jagung dan ketela pohon memiliki olahan mie yang sangat beragam. Hampir di setiap daerah memiliki olahan istimewa berbahan mie, termasuk Bogor. Adalah Mie Glosor yang merupakan makanan istimewa khas Kota Hujan yang terbilang langka.

SATE MARANGGI Duniasapi, Makanan Khas Cianjur Yang Dapat Dinikmati Di Bogor

Kota Bogor identik dengan sebutan kota hujan. Terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Salak membuat kawasan ini memang sering dilanda hujan orografi (hujan yang terjadi di daerah pegunungan). Angin laut dari Laut Jawa yang membawa banyak uap air masuk ke pedalaman dan naik secara mendadak di wilayah Bogor sehingga uap air langsung terkondensasi dan menjadi hujan. Kondisi ini membuat Bogor hampir setiap hari turun hujan.