Dari Limbah Jadi Makanan "Wah", Itulah Sambal Oncom

Dari sekian banyak penganan lezat yang berasal dari Jawa Barat, sambal oncom adalah salah satu yang terpopuler dan banyak digandrungi oleh para pecinta kuliner. Tapi tahukah anda jika bahan utama sambal ini berasal dari limbah? Limbah yang digunakan adalah bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas singkong, dan ampas kelapa yang difermentasi dengan beberapa jenis kapang. 

Perlu diketahui bahwa oncom adalah satu-satunya makanan yang diolah dengan memanfaatkan Neurospora, yaitu kapang. Ada dua macam oncom, yaitu oncom merah dan oncom hitam. Hal yang membedakan keduanya adalah jenis kapang yang digunakan.

Oncom merah dibuat dari ampas tahu dengan memanfaatkan peran kapang oncom Neurospora sitophila atau N. intermedia. Oncom hitam umumnya dibuat dari bungkil kacang tanah dengan memanfaatkan peran kapang yang sama dengan tempe, yaitu Rhizopus oligosporus dan atau jenis-jenis Mucor.

Penganan yang satu ini memiliki tekstur rasa yang begitu khas. Jika anda bisa mengolahnya dengan baik, citarasanya sangat lezat, seperti sambal oncom contohnya. Maka tak perlu heran jika olahan berbagai bahan yang dicampur dengan sambal berbahan oncom ini begitu disukai. Dibawa ini ada beberapa olahan penganan yang menggunakan sambal oncom, antara lain:

 

  • Comro; Siapa yang tidak kenal makanan ringan ini? Nama Comro berasal dari singkatan “oncom dijero” yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah oncom di dalamnya. Olahan berbahan dasar singkong dan kelapa parut yang dikombinasikan dengan oncom pedas ini menjadi salah satu penganan terpopuler di Jawa Barat.

 

  • Serabi dengan Toping Oncom; Serabi di Jawa Barat sangat populer dengan guyuran sambel berbahan dasar oncom di atasnya. Kalaupun ada yang manis, topping yang akan digunakan adalah lelehan gula aren yang sangat manis dan membuat rasanya tambah lezat.

 

  • Ulukutek Leunca; Menu lain yang tidak kalah populer dan menggunakan sambal oncom dan leunca sebagai bahan dasar pembuatannya adalah Ulukutek leunca. Menu satu ini sangat disukai oleh mayoritas penduduk Jawa Barat, bahkan menjadi salah satu menu wajib yang harus ada saat menyantap makanan khas sunda.

 

  • Nasi Uduk Sunda; Menu favorit yang menggunakan oncom pedas sebagai bahan dasar selanjutnya adalah nasi uduk Sunda. Masakan ini merupakan kombinasi antara nasi yang dibumbui dengan rempah rempah dan santan, dengan sambal oncom yang sangat lezat.

 

  • Nasi Tutug Oncom: Tidak ada yang bisa menyangkal kalau nasi tutug oncom menjadi salah satu olahan nasi yang begitu populer di kawasan Jawa Barat. Nasi tutug oncom adalah kombinasi antara nasi hangat dengan olahan oncom kering dan cabai.

 

Itulah beberapa penganan lezat yang menggunakan sambel berbahan oncom sebagai salah satu bahan utama. Jika berkunjung ke wilayah Jawa Barat, silahkan mencobanya.

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Es Kopi Ala Raindear Coffee, Minuman Khas Bogor Yang Patut Anda Coba!

Es kopi susu kekinian (kadang disebut es kopi susu gula aren) adalah istilah untuk mencakup jenis racikan kopi yang mengandung susu dan gula aren. Racikan ini umumnya disajikan dingin dengan es dalam kemasan tertutup. Baca selengkapnya.....

Soto Mie Agih Kuliner Bogor Non Halal Yang Bikin Nagih

Kuliner Bogor non halal yang cukup ramai dikunjungi di kota Bogor adalah Soto Mie Agih. Kebanyakan menu yang disediakan di Soto Mie Agih memang non halal. Harus diketahui bahwa soto mi ini bukan khas Bogor, melainkan dari Sukabumi. Baca selengkapnya.....

PEUYEUM, Delicious Fermented Food from West Java

Peuyeum, Fermented Cassava from West Java - Indonesia has several delicious fermented foods, one of which is peuyeum. It is fermented cassava usually eaten as snacks. Although it is a traditional West Javanese snack, similar food also is known in other parts of Java but it is called Tape. Bandung is surrounded by mountain and generally, have cold weather. Bandung is surrounded by mountain and generally, have cold weather. Baca selengkapnya.....