TRANSLATE

Luar Biasa, Cita Rasa Serabi Yang Dimasak Menggunakan Kayu Dari Pohon Kopi

Sebagian besar masyarakat Indonesia, terlebih yang berasal dari Jawa, pasti sudah tidak asing lagi dengan serabi. Serabi adalah sebuah istilah dari  jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia. Di Jawa, serabi disajikan dengan perpaduan kuah santan dengan isian gula atau manisan lainnya.

Istilah serabi didalam masyarakat jawa, kabarnya berasal dari kata "Rabi",  yang artinya "kawin".  Belum ada yang bisa menerangkan mengapa berhubungan dengan kata "kawin". Bisa jadi karena proses pembuatannya yang tidak terlalu lama, sama seperti seperti proses sekali kawin (?).

Sedangkan di Di Jawa Barat, jajanan ini  dikenal dengan nama surabi atau sorabi. Biasa disajikan dengan isian oncom atau olahan bercita rasa asin lainnya. 

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak penjaja serabi yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai topping seperti sosis, keju, maupun mayones yang tujuannya untuk memenuhi selera kawula muda. Namun demikian, ada yang tidak berubah, yaitu serabi hampir selalu diolah menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Selain di pulau jawa, ternyata ada juga kembaran serabi yang ada di Pulau Dewata alias Pulau Bali. Namanya adalah Jaje Laklak. Jaje dalam bahasa Bali berarti kue. Dibandingkan dengan serabi yang biasa kita kenal, ukurannya sedikit lebih kecil. Sebagai perbandingan, hampir sama dengan cetakan cemilan khas jepang yang bernama Takoyaki.

Perbedaan lain adalah warna serabi, ada yang putih, merah muda, coklat,  namun lebih banyak yang berwarna hijau muda. Bahan baku Laklak adalah  tepung beras yang dilarutkan dengan air, kemudian diberi garam, santan, pewangi dari daun pandan, serta pewarna alami dari daun suji.

Laklak dimasak dengan menggunakan cetakan dari tanah liat, yang dipanaskan di atas kayu bakar. Setelah matang, Laklak disajikan hangat dengan taburan kelapa parut dan gula merah yang dicairkan.  Selain sebagai menu sarapan dan camilan, Laklak ini juga kerap dibuat saat ada pesta atau perayaan adat di Bali.

Jika ingin mencoba jaje Laklak di Bali, silahkan berkunjung ke sebuah warung yang cukup legendaris di Bali. Namanya Warung Ne Men Gabrug, yang menyediakan kulineran khas Bali. 

Warung Ne Men Gabrug sendiri tidak membuka cabang di mana-mana, demi menjaga kualitas dari kuliner yang ditawarkan. Lokasinya berada di Jalan Hayam Wuruk, No. 269, Tanjung Bungkak, Denpasar.

Laklak Men Gabrug memang dan banyak pelanggannya. Salah satu rahasia dari Jaje Laklak buatannya adalah bahan kayu bakar yang digunakan, hanya memakai batang pohon kopi sehingga menghasilkan aroma yang khas. Bahkan sudah tercium wangi Laklak dari kejauhan sekalipun.

Walaupun sudah terkenal Laklak disini harganya masih standar. Namun jangan ditanya atriannya! Namun semua itu benar-benar terbayar tuntas ketika sudah mencicipi jajanan ini.

Warung Ne Men Gabrug buka setiap hari kecuali hari keagamaan seperti Gulungan dan Kuningan. Jangan lupa mencoba kalo berkunjung ke Bali ya...

Baca juga: Ciri Khas Serabi Berbagai Daerah Di Indonesia

 

Sumber:

  • guideku.com
  • grab.com

 

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Martabak Encek, Cuma Buka Tiga Jam Saja

Kedai martabak memang banyak dimana-mana, namun tidak banyak yang bertahan cukup lama. Salah satu contohnya adalah Martabak Encek, yang tergolong kuliner legendaris, karena tetap eksis sejak membuka usahanya pada puluhan tahun yang lalu. Martabak Encek atau yang dikenal juga dengan nama dengan Martabak Bangka ini, sudah ada sejak tahun 1975 dan terus melayani para pembelinya hingga saat ini. Baca selengkapnya.....
  • 9

    AZIZAH ZUPPA SOUP BOGOR

    Hadir di kota hujan guy. Siap menemani suasana nya dengan menu yg begitu menggoda. Paket special: ZUPPA SOUP isi daging ayam+jagung manis PISANG SELIMUT toping keju,susu,meises MACARONI SCOTTEL isi cornet daging sapi &keju Menerima orderan untuk acara pesta/hajatan, arisan, ulang tahun, dll. Untuk order kami ready 24jam guys. Bebas ongkir depan rumah

MAU MAKAN APA?

Sate Sumsum Pak Oo, Perpaduan Rasa Daging Dan Hati Sapi

Waktu menunjukkan pukul 16.00 WIB, ketika aroma khas yang gurih dan sedap menyeruak disekitar jalan Suryakencana Bogor. Rupanya berasal dari sebuah kedai, yang sedang membakar makanan jensi sate yang menggunakan bahan baku dari daging dan jeroan sapi. Kedai Sate Sumsum Pak Oo Bogor, demikian orang mengenalnya. Sate sumsum tulang sapi dan sate ginjal sapi adalah menu favorit di kedai ini, tanpa ada pilihan sate kambing. Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Es Kopi Susu Di Kopi Tubing, Satu Cara Menghilangkan Pusing

Budaya minum kopi di Indonesia semakin berwarna berkat kehadiran kopi susu. Apakah anda termasuk salah satu penggemar kopi susu? Minuman ini memang menjadi pilihan paling populer untuk berbagai kesempatan, seperti penyegaran di tengah teriknya siang hari, nongkrong bareng, atau saat menikmati suasana. Kopi susu sesungguhnya adalah minuman jadul yang berkembang hingga menjadi minuman kekinian. Baca selengkapnya.....
  • 41

    Open Order Dan Reseller Jamu Budeyul

    Minuman kesehatan yang terbuat dari bahan rempah asli tanpa pengawet, menggunakan gula aren .. Minum jamu sehat tanpa rasa takut pahit dan gak enak .. Bisa di minum dingin ataupun panas .. Kunyit asem Kunyit asem sirih Kunyit asem last sugar Beras kencur Jahe segar Yukkkkk berbagi kesehatan dan kesegaran. Open reseller juga ya….

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: