TRANSLATE

Sambal, Walaupun Statusnya Cuma Pelengkap Ternyata Tergolong Makanan Bersejarah!

Ada banyak variasi aneka sambal yang bisa anda jumpai di Indonesia, karena sambal sudah jadi teman makan yang selalu hadir apapun jenis makanannya. Rasa pedas dari sambal dipercaya dapat menambah kenikmatan sehingga porsi makanan yang sedang dinikmati juga bertambah. Bukan itu saja, sambal juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, membuat tidur menjaadi lebih nyenyak, meningkatkan mood, menurunkan berat badan, menyehatkan jantung dan lain sebagainya.

Yang disebut dengan sambal adalah semacam saus dengan bahan utama berupa cabai yang diolah dengan cara tertentu, agar mengeluarkan sari cabai yang rasanya pedas, kemudian ditambah dengan bahan pelengkap yang lainnya. Bahan pelengkap tersebut antara lain bawang merah, bawang putih, garam, gula, tomat, terasi dan bahan lainnya.

Sambal sudah menjadi makanan di berbagai negara, tidak saja di Asia Tenggara tetapi juga di Asia Timur dan Selatan juga. Ada banyak jenis sambal yang populer di Indonesia. Luar biasanya lagi setiap daerah mememiliki sambal khasnya masing-masing termasuk variasinya, baik mengenai tingkatan pedasnya ataupun bahan pelengkapnya.

Selain itu banyak sekali jenis makanan nusantara yang berbahan dasar sambal, bukan sekedar cabai. Konon kabarnya, hal ini terjadi karena tidak lain kuliner di Indonesia ini sifatnya koud eten atau hidangan dingin. Dengan demikian, sambal berfungsi untuk menggantikan suhu panas sehingga tetap bisa menimbulkan selera pada saat menikmati makanan dingin.

Cara menikmati sambal adalah dengan meletakkannya dipingir piring, kemudian lauk pauk berupa daging, ayam, ikan, bahkan sayuran bisa dicocolkan pada sambal tersebut. Sensasi sambal memang luar biasa, banyak orang yang mengatakan bahwa makan serasa ada yang  kurang jika tidak ada sambal sebagai pelengkapnya. Apa lagi jika bisa membuat pipi merah merona dan bercucuran keringat.

Uniknya, walaupun tanaman cabai bukan asli dari Indonesia, hampir di setiap daerah di Indonesia mempunyai sambal sendiri-sendiri. Berdasarkan sejarah, cabai sebagai bahan baku makann diperkenalkan oleh suku Inca dan Maya di Amerika, serta suku Aztek di kawasan Mexico. Tanaman cabai memang dibudidayakan didaerah-daerah, sedangkan kepopuleran cabai terjadi ketika Christophorus Columbus membawanya ke benua Eropa 

Pada mulanya, cabai yang dijadikan sebagai bahan baku dari sambal ini asalnya dari Suku Inca dan juga Suku Maya yang berada di Amerika dan juga Suku Aztek yang berada di Mexico. Tamanan cabai ini awalnya dibududayakan oleh negara-negara itu dan lalu dibawa oleh Christophorus Colombus sampai tersebar hingga ke Benua Eropa.

Tidak butuh waktu lama, cabai kemudian menjadi salah satu komuditas perdagangan di benua tersebut. Kedatangan cabai di Indonesia terjadi saat para pelaut Portugis datang ke Maluku dan mencoba membudidayakannnya di pulau tersebut.. Namun, pada masa penjajahan Portugis, cabai belum diolah menjadi sambal.

Baru pada masa penjajahan oleh Belanda, munculah olahan cabai yang disebut sebagai sambal. Pada awalnya, para tuan dan puan VOC dari Belanda ini tidak puas dengan makanan yang dihidangkan oleh para pelayannya. Pada saat itu sebagian besar makanan tradisional memang disajikan dalam kondisi masih dingin sehingga tidak bisa menggugah selera.

Maka para pelayan mencoba mencari solusinya, hingga ada salah satu dari mereka yang menambahkan cabai yang dihaluskan berikut sedikit garam sebagai perasa. Ternyata makanan yang diberi bahan tambahan tersebut langsung disukai walaupun membuat mata sang majikan terbelalak karena rasa pedasnya. Sejak saat itu, sambal populer dikalangan anggota VOC dan dijadikan sebagai makanan eksotis.

Catatan lain mengabarkan bahwa sambal sudah ada dari tahun 1814, sebab namanya juga sudah muncul didalam Serat Centhini, sebuah manuskrip yang isinya berupa pengetahuan seni, ramalan, dan juga agama. Pada manuskrip itu juga disebutkan bahwa adanya banyak variasi sambal yang ada, misalnya saja sambal trancam, sambal kluwak, dan yang lainnya.

Sambal juga dicatat dalam buku resep kuno berbahasa Belanda dengan judul "Groot Nieuw Volledig Oost-Indisch Kookboek" karya J.M.J Catenius van der Meijden terbitan tahun 1903. Buku resep lama tersebut merupakan buku pegangan wajib para perempuan Belanda sebelum datang ke tanah Nusantara.

Buku tersebut juga mencatat resep sambal serdadu alias sambal terasi. Menu sambal ini memang khusus dibuat untuk bekal para serdadu pada saat ekspedisi atau bertempur. Luar biasa bukan? Makanan yang kita anggap remeh karena statusnya hanya sebagai pelengkap, ternyata memiliki catatan sejarah yang sangat panjang.

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Bolu Talas Alias Lapis Bogor

Dikalangan traveler, Talas Bogor bukan nama yang asing. Umbi yang satu ini menjadi salah satu andalan oleh-oleh makanan khas Bogor. Menemukannya pun tak sulit, saat Anda berjalan-jalan ke Puncak misalnya, dengan mudah akan menjumpai pedagang Talas Bogor di sepanjang jalur wisata tersebut.Meski oleh-oleh yang lebih modern merajalela di mana-mana, Talas Bogor tetap tak kehilangan ‘pamornya’ sebagai oleh-oleh tradisional. Mengapa bisa demikian? Berikut ini alasan yang bikin Talas Bogor istimewa di… Baca selengkapnya.....
  • 61

    Jual Keripik Kulit Ikan Salmon, Camilan Sehat Nikmat Dan Bergizi

    Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, karena mengandung asam lemak omega-3, vitamin B dan D, niasin, dan fosfor yang banyak manfaatnya untuk tubuh manusia. Bukan hanya dagingnya, mengkonsumsi kulit ikan salmon ternyata sama sehatnya. Hal itu berkat tingginya kandungan protein dan asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kulit…

MAU MAKAN APA?

Toge Goreng Mak Epon, Jawara Makanan Tradisional Khas Bogor

Kalau disuruh menuliskan satu-satu apa saja kuliner tradisional Bogor yang wajib dicoba, satu halaman kertas mungkin tidak cukup untuk menampungnya. Dari ujung ke ujung, pasti ada saja kedai makanan khas Bogor yang melambai-lambai minta disinggahi. Salah satu kedai makanan khas Bogor yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar wisata kuliner Bogor adalah Toge Goreng Mak Epon. Baca selengkapnya.....
  • 31

    Efra Catering Bogor, Melayani Paket Prasmanan, Nasi kotak, Dan Tumpeng

    Hallo, Foodies , ADA KABAR GEMBIRA !!!! Buat Kalian yang Kangen sama Masakan rumah tapi ga ada waktu buat Masaknya, Atau buat kalian yang bingung setiap hari nya mau makan siang apa Mending Kalian JOIN aja di eFRa Catering Setiap hari Varian menunya beda - beda ya DIJAMIN kalian ga akan Bosen deh Buat kalian yang suka makan siang sendiri kita juga ada paket bento ( siang dan malam)

MENU MINUMAN.....

Kopi Nako Tajur, Sensasi Ngopi di Bawah Pohon

Nama Nako merupakan singkatan dari kata nasi dan kopi, berupa sebuah tempat ngopi yang mengangkat konsep alami. Sedangkan Tajur adalah nama sebuah jalan di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, dimana Kopi Nako tersebut berada. Kopi Nako Tajur diklaim berbeda dari beberapa cabang Kopi Nako yang sudah ada. Perbedaannya terletak pada lokasinya yang dikelilingi banyak pohon rindang, sehingga menjadi salah satu outlet Kopi Nako yang ramah lingkungan karena tidak menggunakan Air Conditioner… Baca selengkapnya.....
  • 46

    Jual Minuman Teh Bandulan Gelas

    Dengan pemanis 100% gula asli, tanpa pemanis buatan, menjadikan komposisi rasa yang segar dan nikmat, bisa dinikmati untuk segala umur. Teh legend sejak tahun 1933 Praktis untuk acara kumpul kumpul, arisan, pengajian, gathering di rumah, kantor dll. Bandulan Teh Hijau (gelas 160ml) : Rp 30,000/dus Bandulan Melati (gelas 160ml) : Rp 27,000/dus #1 dus isi 24 gelas Pengiriman dengan Ojek Online, dari BSI, Bogor Timur, atau bisa COD janjian di seputaran Bogor Timur INSTANT Maksimal 5 dus/ karton…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: