Kolak Ayam, Hidangan Istimewa Saat Bulan Puasa Ramadhan Tiba

Kolak adalah hidangan yang biasa dijumpai saat bulan puasa Ramadhan tiba hampir di seluruh penjuru Indonesia. Makanan berkuah santan ini kerap dijadikan menu pilihan berbuka atau takjil. Kolak pun hadir dengan bahan yang beragam, mulai dari kolak pisang, kolak nangka, kolak ubi, hingga kolak labu. Namun, pernahkan Anda mendengar kolak ayam? Ya, makanan yang satu ini nyata ada. Kolak ayam barangkali bisa dikatakan kolak yang tak biasa, aslinya dari Desa Gumeno, Kecamatan Masyar, Gresik Kota, Jawa Timur.

Sekilas tak ada perbedaan antara beragam kolak yang disebutkan di awal dengan kolak ayam. Kuahnya sama-sama menggunakan santan dan bercita rasa gurih. Namun, satu hal yang mencolok membedakannya adalah bahan utamanya, yaitu ayam.

Tak seperti kolak-kolak pada umumnya yang lazim disajikan pada menu buka puasa Ramadhan atau sebagai makanan hangat saat musim dingin tiba, kolak ayam adalah bagian dari tradisi penting bagi masyarakat Gresik Kota. Sajian ini sudah berusia cukup tua. Konon, kolak ayam sudah menjadi tradisi setiap Ramadhan masyarakat Gresik sejak 5 abad silam.

Dikisahkan bahwa pada sekitar tahun 1540 M, Sunan Dalem, yaitu putra pertama Sunan Giri melakukan dakwah di Desa Gumeno Gresik Kota. Ia kemudian mendadak sakit. Penduduk sekitar dan para santri pun lantas mencoba mencarikan penawar sakitnya. Selanjutnya, pada 22 Ramadhan 946 Hijrah, Sunan Dalem konon mendapatkan petunjuk lewat mimpi ihwal obat penawar sakitnya.

Ia pun kemudian meminta para pria mengumpulkan bumbu-bumbu sesuai yang ada di mimpinya. Bumbu tersebut antara lain: daun bawang merah, gula jawa, jintan, dan santan kelapa. Para santri juga diminta mengumpulkan ayam jago berusia muda. Bahan-bahan tersebut kemudian diolah menggunakan kuali dari tanah liat, dengan api dari kayu bakar.

Terkait proses memasak tersebut, Sunan Dalem konon pernah berpesan agar hanya dilakukan oleh pria Gresik Kota yang dewasa saja. Aturan memasak itu bisa dipahami, mengingat bahwa, perempuan dewasa memiliki masa halangan atau mentruasi, yang menyebabkan tidak bisa datang ke masjid. Padahal proses memasak dilakukan di areal masjid. Setelah proses masak memasak selesai, Sunan Dalem pun meminta warga membawa nasi dan ketan dari rumah masing-masing untuk berbuka bersama di masjid.

Sunan Dalem pun berpesan agar mengulang kegiatan ini setiap malam tanggal 23 saat puasa Ramadhan, hingga menjadi tradisi. Hebatnya, tradisi Kolak Ayam terus bertahan dan dilestarikan olah masyarakat Desa Gumeno Gresik Kota hingga saat ini.  Meski kini ayam potong lebih mudah dijumpai, Kolak Ayam tetap diolah sama seperti aslinya yaitu menggunakan ayam kampung.

Biasanya warga Desa Gumeno patungan untuk membeli bahan baku Kolak Ayam, karena porsi yang harus disiapkan juga cukup banyak. Dan terus meningkat setiap tahunnya. Kolak Ayam bukanlah olahan makanan biasa, ada makna yang dalam yang bisa dikaji.

Kolak Ayam berasal dari Bahasa Arab, yaitu Kholaq al-ayyam yang memiliki makna mencari berhari-hari. Hal ini dambil dari peristiwa pencarian obat penawar sakit yang dilalui selama berhari-hari oleh Sunan Dalem.

Terlepas dari keunikan rasa dan nama yang melekat pada makanan tersebut, hadirnya menu Kolak Ayam sekali lagi menjadi bukti bahwa penyebaran agama Islam di Nusantara menggunakan cara-cara lokal, sehingga lebih mudah dicerna oleh masyarakat sekitar termasuk yang berada di Gresik Kota.

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Macam Menu Kuliner Babi Bogor yang Nendang

Kuliner babi Bogor memang menjadi salah satu tujuan wisatawan non-muslim saat berkunjung. Di kota Bogor sendiri banyak ditemukan kuliner non halal yang mengenyangkan perut. Bahkan variasi menu kuliner non halal seperti babi pun bertebaran dari satu restaurant satu dan restaurant lainnya. Hal ini kadang membuat beberapa pengunjung jadi kebingungan ingin makan apa. Baca selengkapnya.....
sambal nanas

Sambal Nanas Sambal Yang Menyehatkan

Rasanya tidak ada masyarakat yang tinggal di kawasan tropis yang tidak mengenal buah nanas, termasuk di tanah air. Buah dengan nama latin Ananas Comusus L. Mer ini sangat baik untuk kesehatan karena kaya kandungan vitamin dan mineral yang menunjang proses metabolism tubuh. Tapi kadang kita tentu bosan dengan sajian buah nanas yang begitu-begitu saja. Bagi Anda yang ingin mencari inspirasi lain dari buah nanas, mengapa tak mencoba resep sambal nanas yang akan diulas di bawah ini. Baca selengkapnya.....

Cungkring: Olahan Kikil Dengan Saus Kacang Khas Bogor

Bicara mengenai wisata kuliner legendaris di Bogor, rasanya belum lengkap jika tak membahas Jalan Surya Kencana. Sebab, kawasan chinatown ini menawarkan berbagai macam jenis kuliner mulai dari yang halal hingga non-halal. Jalan Surya Kencana yang membentang sepanjang kurang lebih 1 km ini dipenuhi dengan jenis kuliner yang sudah berusia puluhan tahun. Kebanyakan pedagang di jalan tersebut juga sudah berjualan selama puluhan tahun. Salah satunya adalah pedagang cungkring. Baca selengkapnya.....