TRANSLATE

Dumbleg, Kue Gurih Yang Mulai Sulit Dicari

Bagi Anda yang mudik ke Jawa Timur atau melewati daerah ini, tak ada salahnya membawa oleh oleh Nganjuk. Salah satu buah tangan khas Nganjuk yang banyak diburu saat Lebaran adalah Kue Dumbleg. Lebaran di Indonesia begitu identik dengan tradisi mudik. Saat Hari Raya Idul Fitri berbondong-bondong para perantau kembali ke kampung halamannya masing-masing untuk merayakan suka cita kemenangan bersama keluarga. Berada di kampung halaman, biasanya para perantau memburu oleh oleh khas. Salah satunya adalah Kue Dumbleg.

Sekilas, dari luar penampilannya mirip dengan lontong, bulat dan panjang. Namun, berbeda halnya dengan lontong yang dibungkus daun pisang, dumbleg memiliki packaging yang unik. Panganan tradisional satu ini memiliki keunikan pada pengemasannya, yaitu dibungkus dengan pelepah pinang.

Pinang yang digunakan pun adalah jenis Pinang Jawa. Bungkus daun pinang tersebut, ternyata memberi efek pada rasa dumbleg yang khas dan gurih. Saat bungkus dibuka, tampak bagian kue ini yang alot menyerupai dodol.

Di Nganjuk sendiri, kue Dumblek biasanya banyak disuguhkan sebagai makanan khas Lebaran. Sayang, kue satu ini sudah mulai langka keberadaaanya. Konon, penjual kue Dumbleg hanya bisa dijumpai di Pasar Pon Gondang dan Pasar Kliwon Rejoso, Nganjuk. Pembuat kue Dumpleg pun tidak banyak.

Hal ini sangat disayangkan, terlebih jika ditilik dari bahan pembuatnya, relatif mudah dijumpai. Sebut saja seperti tepung beras, gula merah hingga santan kelapa. Barangkali ketersediaannya yang hanya pada hari-hari tertentu, seperti Lebaran membuat kue ini kurang populer, juga sebagai oleh oleh khas Nganjuk.

Sejauh ini, tidak diketahui alasan di balik kemunculan kue tersebut hanya pada waktu tertentu. Satu hal yang jelas, kue Dumblek memiliki cita rasa yang khas. Rasa manis, berpadu gurih santan begitu menyatu. Rasa kue yang satu ini tak berubah dari dulu hingga kini, karena pembuatannya yang menggunakan bahan alami, tanpa pengawet.

Seiring perkembangan zaman dan selera di masyarakat, kini banyak dikembangkan dumbleg dengan berbagai variasi. Taburan parutan kelapa membuat tampilan dumbleg tampak berbeda, tetapi tetap bercita rasa ‘klasik’. Sementara, variasi dengan tambahan keju membuat dumbleg terlihat modern dan kekinian, sesuai lidah dengan kids jaman now, sehingga dapat dijadikan oleh oleh Nganjuk.

Untuk menikmati dumbleg sendiri, sangat cocok disandingkan dengan minuman hangat, seperti teh. Bentuk kuenya yang cenderung kering. seperti dodol, membuat dumbleg cukup awet. Tak mengherankan jika banyak pemudik yang memilih panganan satu ini sebagai oleh-oleh ke perantauannya untuk rekan-rekan atau tetangganya.

Anda yang kebetulan mudik atau melewati jalur Nganjuk saat musim arus balik mendatang, tak ada salahnya jika memilih oleh oleh kue khas Nganjuk ini. Meski pada hari biasa, keberadaaanya sangat sulit ditemui, tetapi pada musim Lebaran kue ini dengan mudah bisa dijumpai.

Anda pun bisa memborongnya dengan puas, karena harganya yang sangat terjangkau. Harga per biji kurang lebih hanya Rp 8.000 hingga Rp 10.000. Pada ukuran yang lebih kecil, bisa jadi harganya lebih murah lagi. Hmmmm.. sangat ramah di kantong bukan harganya?

Oleh karena itu, jangan ragu untuk membelinya. Selain untuk oleh oleh atau sekedar coba menjelajah rasa, dengan membelinya berarti kita pun sudah berpartisipasi secara tak langsung mempedulikan kelestarian kue yang mulai langka ini.

Sementara itu, di era yang serba digital seperti saat ini, saat informasi bisa diteruskan ke mana saja dengan mudah dan cepat, diharapkan stake holder terkait juga mulai memperdulikan kelestarian kue dumbleg.

Bukan sekedar soal mempertahankan makanan daerah, tetapi resep dan kekhasan rasa yang melekat di dalamnya adalah bagian dari warisan para leluhur masyarakat Nganjuk, Jawa Timur.

Apabila dilihat dari kacamata budaya bangsa, tentu oleh oleh Nganjuk yaitu kue dumbleg ini adalah bagian dari mata rantai kebudayaan yang bisa memperkaya khasanah Indonesia. Demikian juga dengan jenis kuliner lainnya, pastinya memiliki keunikan masing-masing.

 

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Tutut Kedai D'Opow, Jajanan Murah Namun Bergizi

Setelah pencarian panjang eh malah ketemu didekat Rumah. Saat balik dari kantor melintas depan ruko Pizza Hut Ciomas terlihat gerobag Kedai D'Opow yangg menyediakan Tutut dan kerang dengan janji pake jontor-jontoran. Ya udah langsung bebungkus. Tututnya fresh dan yang pasti memang jontor (pengalaman kuliner Muhammad Ichwan Basir). Baca selengkapnya.....
  • 62

    Jual Keripik Kulit Ikan Salmon, Camilan Sehat Nikmat Dan Bergizi

    Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, karena mengandung asam lemak omega-3, vitamin B dan D, niasin, dan fosfor yang banyak manfaatnya untuk tubuh manusia. Bukan hanya dagingnya, mengkonsumsi kulit ikan salmon ternyata sama sehatnya. Hal itu berkat tingginya kandungan protein dan asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kulit…

MAU MAKAN APA?

Ikan Mujair Bumbu Pesmol Malabar Ujung, Lezatnya Nggak Nanggung

Pesmol adalah Masakan Indonesia yang terbuat dari ikan. Pesmol ikan sering dijumpai di daerah Sunda Jawa Barat karena rasanya yang Gurih, Asam, manis, serta Pedas. Juga memiliki cita rasa tersendiri yang unik dan khas. Pepes ikan Mas duri lunak yang dibuat dengan dibungkus daun pisang dengan rasa gurih yang harum rempah. Lokasi Warung Sop Iga Mbak Par; Jl. Malabar Ujung, RT.03/RW.08, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16129. Harga: Rata rata Rp. 10.000/pcs (Rachmat Olie) Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

STMJ, Minuman Tradisional Kaya Khasiat bagi Kesehatan Tubuh

STMJ (Susu Telur Madu Jahe) merupakan minuman tradisional yang terbuat dari susu, telur, madu, dan jahe. Minuman asli Indonesia ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sudah sangat populer sejak zaman dahulu, minuman ini biasa disajikan dalam keadaan hangat. Bisa dinikmati ketika pagi atau sore hari. Baca selengkapnya.....
  • 33

    PLAIN YOGURT

    Terbuat dari 100% susu sapi murni dan segar dengan kultur yogurt yang terdiri dari bakteri L. Bulgarichus, L. Acidopholus, streptococcus thermopilus, Bifodobacterium animalis SPP lactis. Bertekstur kental. Tanpa tambahan air, tanpa pengawet, tanpa zat pengental, tanpa penstabil dan tanpa antiragi Cocok dijadikan toping salad, smoothie buah, bahkan bisa untuk masker/lulur. 250 ml 15rb 1 liter 50 rb Pengiriman Ciomas Bogor Pengiriman Jadetabek sameday with paxel Tersedia juga: Smoothie yogurt…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: