TRANSLATE

Kue Koya, Makanan Khas Yang Punya Banyak Nama

Kue Koya adalah makanan khas jaman dulu yang dibuat dari tepung ketan dan kacang. Proses pembuatannya relatif sederhana, bisa dilakukan tanpa bantuan oven, maksudnya hanya memanfaatkan sinar matahari saja untuk mengeringkannya. Beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan-sebutan yang berbeda untuk kue yang satu ini.

Contohnya orang Malang, Jawa Timur kerap menyebutnya kue satru atau payako, sementara orang Betawi kerap menyebutnya sebagai kue satu. makanan khas dengan rasa manis ini sempat menjadi cemilan favorit pada tahun 1970-an hingga 1990-an. Bahkan menjadi sajian wajib ketika lebaran. Hampir setiap rumah pada era ‘90an menyediakan bertoples-toples kue koya. Namun, sekarang jajanan ini sudah jarang ditemukan, bahkan termasuk kategori jajanan langka.

Kue koya yang biasa dijual di kedai makanan umumnya berbentuk bulat. Namun ada juga yang persegi dan jajar genjang. Untuk kue koya yang bentuk bulat dengan hiasan berupa ukiran berbentuk angka di permukaannya biasanya buatan pabrik. Salah satu merek yang paling terkenal adalah kue koya Tau Sa Ko dengan logo delima tawon, diproduksi oleh sebuah perusahaan makanan di Malang, Jawa Timur. Dalam satu kemasannya, berisi 6 buah kue berbentuk kepingan-kepingan uang logam, dengan isian kacang hijau atau cokelat.

Jika melihat bungkusnya, selintas terlihat biasa saja, tidak begitu menarik karena hanya kertas putih berbentuk tabung dengan merk dan logo perusahaan pembuatnya. Apalagi ketika dikeluarkan dari kemasannya, makanan khas ini sangat rapuh dan mudah hancur. Namun ketika sudah masuk ke dalam mulut, muncul sensasi seperti makan bedak, kemudian langsung "lumer" di lidah. Cita rasanya?  lezat tak terlupakan. 

Tak heran jika hingga saat ini masih saja ada yang mencari kue koya Tau Sa Ko dengan logo delima tawon, untuk mengembalikan kenangan indah di masa lalu. Meski cara memakannya membutuhkan keahlian khusus, agar remah-remah dari kue koya ini tidak berceceran dimeja ataupun lantai.

 

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Asinan Buah dan Sayur, Makanan Segar Bercitarasa Asam

Apa yang terbayang dalam benak Anda saat mendengar nama Bogor? Ya, kota yang satu ini memang mempesona. Di samping memiliki banyak destinasi wisata sejarah, alam dan budaya, kota ini menyimpan potensi wisata kuliner yang luar biasa banyak! Di tempat ini, Anda dijamin bakal betal berlama-lama, karena lidah tak berhenti bergoyang berkat aneka makanan Bogor yang begitu ‘nendang’. Nah, salah satu kuliner yang wajib Anda cicip saat bertandang ke kota ini adalah Asinan Buah dan Sayur. Baca selengkapnya.....
  • 17

    Cheesecuit Dessert 200ml

    Varian: Matcha Oreo, Cokelat Oreo, Strawberry (New Varian). Ready Sabtu & Minggu. Pembelian 3 free Ongkir.

MAU MAKAN APA?

kambing guling

Kambing Guling Porsian Ala Dubai Street Food

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar menu bernama ‘kambing guling’? Tak salah lagi memang, menu ini merupakan ‘porsi besar’. Seperti namanya, kambing guling memang umumya disajikan utuh alias bulat-bulat berbentuk kambing yang ditusuk dan terpanggang. Umumnya kambing yang digunakan dalam kambing guling mampu menghasilkan daging hingga 6 kg. Rata-rata setiap kilogram bisa digunakan untuk 15-20 orang. Baca selengkapnya.....
  • 40

    Dapur Loji 18 Bogor Barat, Solusi Tepat Catering Paket Nasi Box Dengan Menu Special

    Buat acara pengajian, arisan, rapat kantor, kegiatan outbond, jumat berkah, dll. Pilihan menunya bisa disesuaikan dengan selera dan budget Anda. Selain menu spesial buat catering kamipun sedia aneka menu lainnya yang wajib dicoba seperti Sate Maranggi, Ayam Bakar Madu, Mie Ayam, Soto Ayam/Daging, dll. Bisa makan di tempat kami atau pakai layanan pesan antar (delivery pakai kurir). Ayo mampir biar gak penasaran....

MENU MINUMAN.....

Ngopi Di Sawah, Satu Cara Menikmati Hidup

Ngopi adalah sebuah istilah untuk kegiatan menikmati minuman kopi. Tidak sekedar menikmati citarasanya, ngopi juga salah satu cara menikmati hidup. Bisa dilakukan sendirian saja atau bersama dengan teman-teman. sambil ngobrol ngalor ngidul. Bagi pecinta kopi yang bosan dengan suasana kedai yang begitu-begitu saja, ada satu tempat menarik yang lain dari biasa yaitu Ngopi Di Sawah Bogor. Baca selengkapnya.....
  • 41

    Open Order Dan Reseller Jamu Budeyul

    Minuman kesehatan yang terbuat dari bahan rempah asli tanpa pengawet, menggunakan gula aren .. Minum jamu sehat tanpa rasa takut pahit dan gak enak .. Bisa di minum dingin ataupun panas .. Kunyit asem Kunyit asem sirih Kunyit asem last sugar Beras kencur Jahe segar Yukkkkk berbagi kesehatan dan kesegaran. Open reseller juga ya….

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: