TRANSLATE

Bahan Es Selendang Mayang Mudah Didapatkan, Ayo Coba Membuatnya Sendiri Agar Tidak Penasaran

Indonesia bukan saja dianugerahi dengan panorama alam yang indah, melainkan juga diuntungkan dengan keanekaragaman suku yang dimilikinya. Setiap suku memiliki budaya dan tradisi masing-masing yang unik dan membedakan dari suku lain. Tak dipungkiri keragaman itu justru menjadikan warna tersendiri dalam bingkai persatuan Indonesia. Bicara soal keragaman budaya dan tradisi bukan saja soal tarian, nyanyian atau upacara adat, tetapi juga soal kuliner. Ya, setiap suku di negeri ini memiliki makanan maupun minuman segar tradisional yang memiliki kekhasan rasa.

Demikian halnya dengan Suku Betawi yang banyak memiliki warisan kuliner nan enak. Suku asli Jakarta ini, salah satunya memiliki olahan minuman segar yang menggugah selera. Namanya adalah es selendang mayang. Sekilas mendengar namanya, apa yang terbayang di benak Anda?

Apakah selendang dari gadis bernama mayang atau Anda punya bayangan lain? Daripada penasaran, berikut akan kami ajak Anda mengungkap  sejarah es selendang mayang.  Es selendang mayang saat ini merupakan satu jenis minuman warna warni yang bisa dijumpai di kawasan Kota Tua Jakarta. Seperti diketahui, Kota Tua adalah salah satu destinasi wisata sejarah di Ibu Kota Jakarta. Di tempat ini, Anda akan disuguhi panorama bangunan khas peninggalan masa penjajahan Hindia Belanja.

Seperti namanya, Kota Tua pun dikemas dengan segala hal yang beraroma klasik. Nostalgia masa lalu diantaranya bisa dirasakan dengan mencoba mengendarai sepeda onthel tua. Mengenakan pakaian khas kompeni atau noni Belanda pun akan melengkapi petualangan yang sekan membawa Anda berada di masa Hindia Belanda. Kuliner-kuliner klasik pun dapat dijumpai di tempat kota tua ini, termasuk minuman warna warni yang disebut sebagai es selendang mayang.

Es selendang mayang yang mencoba memadukan kuliner warisan budaya Suku Betawi ini dengan landscape kota tua yang identik Jakarta Tempo Doeloe. Langkah tersebut tergolong sukses, tidak afdol rasanya jika berkunjung ke Kota Tua tanpa menikmati kuliner klasik seperti Es Selendang Mayang.

Bahan Es Selendang Mayang terdiri dari: tepung sagu aren, tepung hukwe, garam, dan air. Pandan pun acapkali ditambahkan untuk memberikan aroma wangi. Adonan tersebut dimasak dan setelah jadi bentuknya akan seperti agar-agar. Supaya lebih menarik, biasanya adonan tersebut ditambahi dengan pewarna makanan. Setelah masak, adonan tadi dipotong-potong. Nah, warna-warni itu mirip dengan selendang.

Wal hasil, minuman warna warni pun disebut dengan es selendang. Sebutan selendang mayang pun kemudian diberikan karena tambahan gula aren yang diberikan pada es ini. Dalam penyajiannya, es selendang mayang menggunakan kuah santan, gula dan tentu saja potongan selendang mayang nan berwarna-warni itu serta es batu. Es ini sangat nikmat dikonsumsi saat matahari terik. Namun, dalam perkembangannya es ini juga bisa dijadikan alternatif untuk berbuka puasa Ramadhan.

Rasanya yang gurih dan manis sangat cocok untuk melepas dahaga setelah seharian puasa Ramadhan. Tepung sebagai Bahan Es Selendang Mayang, mengandung karbohidrat yang tidak hanya mampu mengobati haus, tetapi cukup untuk mengganjal perut sementara waktu. Setidaknya hingga solat magrib usai ditunaikan. Berdasarkan catatan sejarah, Es Selendang Mayang pada awalnya hanya disajikan  pada acara tertentu saja,  seperti pernikahan dan Lebaran.

Bagaimana, apakah Anda terbayang ingin segera meminum segelas es selendang mayang saat buka puasa? Atau Anda sudah berniat untuk menyuguhkannya sendiri saat Lebaran nanti, sebagai pelengkap hidangan menyambut sanak saudara dan handai taulan? Atau Anda justru penasaran dan ingin segera mengolah sendiri ini saat ini juga?

Apapun pilihannya, dengan mencoba minuman warna warniini, bahkan mencoba membuatnya sendiri dan memperkenalkan kepada orang lain, berarti secara tidak langsung Anda sudah berpartisipasi melestarikan sejarah Es Selendang Mayang yang sudah sangat langka bahkan nyaris punah keberadaannya itu.

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Wedang Tahu, Camilan Manis Beraroma Jahe

Wedang tahu adalah makanan jaman dulu dengan cita rasa manis, beraroma jahe dan berisi kembang tahu yang dibuat dari sari kedelai. Berdasarkan tulisan dari Dosen sejarah Universitas Sanata Dharma, Heri Priyatmoko, berjudul Silang Sejarah dan Budaya yang diterbitkan di Koran Jakarta tahun 2015, wedang tahu adalah kuliner khas Semarang walaupun bukan asli dari Semarang. Baca selengkapnya.....
  • 110

    Tempat Ngopi dan Nyemil Pisang Goreng

    Tanpa disadari. nongkrong sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat di kota Bogor. Itu sebabnya di kota hujan ini, banyak bermunculan tempat nongkrong untuk bersantai atau sekedar mengobrol. Salah satu diantaranya adalah Warung Pisang Tanduk Goreng Om Jims, yang beralamat di Jl.Kol. Ahmad Syam, RT.03/RW.001, Katulampa, Kec.Bogor Timur, Kota Bogor.

MAU MAKAN APA?

Doclang, Walaupun Murah Cita Rasanya Tidak Murahan

Bogor memang terbilang sebagai salah satu primadona wisata di sekiar Jakarta. Dengan jarak yang tak terlalu jauh dari Ibu Kota, kota ini menawarkan begitu banyak kesenangan bagi para pengunjungnya, mulai dari tempat piknik bernuansa sejarah, alam, budaya hingga aneka jenis makanan enak. Nah, jika Anda berencana ke Bogor atau justru tengah berada di kota ini, cobalah luangkan waktu untuk sarapan pagi dengan Doclang. Baca selengkapnya.....
  • 88

    Nasi Jotos - Sarapan Pagi Enak Di Bogor

    Untuk memulai hari dengan sesuatu yang berbeda dan memuaskan, pada umumnya orang yang mencari menu sarapan pagi yang praktis dan cepat. Jika sedang berada di Bogor, tak ada salahnya mencoba menu sarapan pagi yang berbeda yaitu Nasi Jotos di Kitchen Bu Ty.

MENU MINUMAN.....

STMJ, Minuman Tradisional Kaya Khasiat bagi Kesehatan Tubuh

STMJ (Susu Telur Madu Jahe) merupakan minuman tradisional yang terbuat dari susu, telur, madu, dan jahe. Minuman asli Indonesia ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sudah sangat populer sejak zaman dahulu, minuman ini biasa disajikan dalam keadaan hangat. Bisa dinikmati ketika pagi atau sore hari. Baca selengkapnya.....
  • 45

    Jual Minuman Teh Bandulan Gelas

    Dengan pemanis 100% gula asli, tanpa pemanis buatan, menjadikan komposisi rasa yang segar dan nikmat, bisa dinikmati untuk segala umur. Teh legend sejak tahun 1933 Praktis untuk acara kumpul kumpul, arisan, pengajian, gathering di rumah, kantor dll. Bandulan Teh Hijau (gelas 160ml) : Rp 30,000/dus Bandulan Melati (gelas 160ml) : Rp 27,000/dus #1 dus isi 24 gelas Pengiriman dengan Ojek Online, dari BSI, Bogor Timur, atau bisa COD janjian di seputaran Bogor Timur INSTANT Maksimal 5 dus/ karton…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: