TRANSLATE

Menu Buka Puasa Ramadhan Membosankan? Coba Jajal 5 Kuliner Lezat Khas Aceh Ini

Kuliner Aceh sangat beragam dan beberapa diantaranya cukup cocok dijadikan panganan berbuka puasa Ramadhan. Oleh karena itu, jika Anda merasa bosan dengan menu buka puasa yang monoton, tak ada salahnya menjajal 5 menu khas Bumi Serambi Mekkah ini. Bicara soal kuliner Indonesia, sungguh tidak pernah ada habisnya! Pasalnya, setiap wilayah di negeri ini memiliki resep makanan tradisionalnya masing-masing. Mulai dari ujung barat hingga timur, dari ujung utara hingga selatan, masing-masing suku di Tanah Air menyimpan kekayaan hidangan yang khas.

Di ujung barat, Aceh dikenal sebagai daerah yang memiliki cita rasa makanan yang kuat pada bumbu rempahnya disertai dengan rasa pedas. Salah satunya adalah Kanji Rumbi, yaitu makanan sejenis bubur ayam. Saat bulan puasa Ramadhan tiba, makanan ini menjadi begitu populer. Umumnya olahan satu ini banyak dibagi-bagikan kepada orang-orang untuk berbuka puasa Ramadhan di masjid-masjid atau sebagai hidangan takjil. Selain bisa dimakan di tempat (buka di masjid), warga juga bisa membawa pulang panganan satu ini.

Bubur ayam ala Tanah Rencong ini kaya akan aroma rempah, mulai dari cengkeh, serai, pala, pandan hingga kemangi. Sebagai topping, bubur ini dilengkapi dengan suwiran ayam atau juga terkadang udang. Tak ketinggalan terdapat pula taburan bawang goreng yang gurihnya semakin menggugah selera.

Apabila Garut punya dodol garut dan masyarakat Klaten punya jenang alot, masyarakat Aceh pun punya Meuseukat. Kuliner Aceh yang juga serupa dodol ini berbahan nanas. Tak mengherankan jika kue ini juga bisa disebut sebagai dodol nanas. Selain buah berasa asam manis itu, Meuseukat juga dibuat dari tepung terigu.

Tak ada tambahan pewarna pada makanan ini, sehingga warnanya pun tampak putih alami dan agak sedikit kuning yang berasal dari nanas yang dicampurkan. Selain sebagai hidangan berbuka, makanan ini rupanya juga merupakan ‘makanan penting’ di Aceh.

Dikatakan demikian, lantaran kuliner Aceh tersebut juga kerap digunakan dalam acara-acara khusus, seperti penyambutan tamu atau sebagai hantaran dalam pernikahan. Pada perayaan Idul Fitri maupun Idul Adha, panganan ini juga tak pernah absen. Tentu saja, kehadiran makanan itu tak lepas dari filosofinya sebagai makanan penyambutan tamu, sebagaimana pada kedua hari raya tersebut banyak tamu berdatangan bersilaturahmi ke rumah.

Berikutnya, jika Meuseukat kurang populer di telinga, tentu lain halnya dengan Lemang yang sangat masyur. Seperti diketahui, Lemang merupakan panganan dari tepung beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu. Sebelum dimasukan bambu, tepung beras itu terlebih dahulu dibungkus daun pisang.

Tak ketinggalan, santan juga menjadi unsur penting dalam pengolahan menu ini. Sesudah semua bahan dimasukan dalam ruas bambu, selanjutnya proses pembakaran dimulai hingga lemang benar-benar matang. Lemang nikmat disajikan selagi hangat.

Masyarakat Aceh biasa mengkonsumsi lemang dengan dua cara, yaitu cara asin dan cara manis. Untuk cara manis, perlu ditambahi dengan selai, kinca atau serikaya. Sementara untuk mengkonsumsinya dengan cita rasa asin perlu ditambahkan rendang, telur atau lauk pauk lainnya.

Adalah lepat Gayo. Kuliner Aceh ini berbentuk bulat panjang yang digulung dalam daun pisang. Bahan dasar makanan ini adalah tepung beras ketan dengan isian kelapa manis di dalamnya. Makanan yang cara membuatnya dikukus ini, memiliki daya tahan lama, hingga satu tahun.

Apabila sudah setahun, lepat Gayo bisa mengeras seperti batu, sehingga untuk mengkonsumsinya perlu dipanggang dulu di atas bara api. Konon, pada era 1970-an, sebelum penjual makanan buka puasa Ramadhan marak seperti saat ini, lepat Gayo adalah makanan populer saat Ramadhan tiba.

Nah, demikian tadi beberapa kuliner Aceh yang bisa dijadikan alternatif hidangan berbuka. Selamat berpuasa dan bersafari rasa!

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Sate Kepo, Uniknya Olahan Telur Puyuh

Konsumsi telur puyuh di tanah air sudah menjadi hal umum. Berbagai olahan telur burung puyuh telah banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, telur puyuh diolah menjadi sate telur puyuh di kedai bubur atau angkringan. Kini ada satu lagi olahan telur burung puyuh yang diberi nama cukup unik yaitu Sate Kepo. Baca selengkapnya.....
  • 52

    Mau Dimsum

    Ready ya dimsum mentai, dimsum ayam, kebab daging & es jelly ball Lokasi Panduraya depan Es Teh Yang mau diantar bisa area warung jambu sekitarnya

MAU MAKAN APA?

Sambal Matah Cara Mudah Mendapatkan Manfaat Bunga Kecombrang

Sambal Matah, Cara Mudah Mendapatkan Manfaat Bunga Kecombrang

Kecombrang adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Nama lainnya adalah kantan, honje, kincung (Medan), bungong kala (Aceh), bunga rias (Tapanuli), asam cekala (Karo), kumbang sekala (Lpg.), sambuang (Mng.) serta lucu (Banyuwangi). Orang Thai menyebutnya daalaa. Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot kecicang dan keduanya bisa dipakai sambal (sambal matah). Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Es Loder Bondongan, Manis Gurih Menyegarkan

Es yang sudah jarang ditemui. Saya mencicipi es loder yg berjualan d gang samping RS MELANIA bondongan/jalan pahlawan. Seporsi es loder berisi bubur sumsum hijau dan sagu mutiara lalu dsiram dengan gula merah cair dan santan. Segar dinikmati saat cuaca panas. Seporsi es loder hanya Rp5.000 saja. By: Novita Meyhuang Baca selengkapnya.....
  • 41

    Open Order Dan Reseller Jamu Budeyul

    Minuman kesehatan yang terbuat dari bahan rempah asli tanpa pengawet, menggunakan gula aren .. Minum jamu sehat tanpa rasa takut pahit dan gak enak .. Bisa di minum dingin ataupun panas .. Kunyit asem Kunyit asem sirih Kunyit asem last sugar Beras kencur Jahe segar Yukkkkk berbagi kesehatan dan kesegaran. Open reseller juga ya….

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: