TRANSLATE

Minuman Tradisional Bogor ini Bisa Jadi Ide Bisnis Kedai Tempo Dulu

Bogor tempo dulu yang berjulukan Buitenzorg,  tak ubahnya Eropa kecil. Kawasan tersebut merupakan tempat berkumpul kalangan elit Belanda dan bangsa lainnya yang ingin kembali menikmati suasana sejuk kampung halaman mereka di Benua Biru. Keberagaman etnis di Kota Hujan itu lantas ikut membentuk racikan minuman tradisional Bogor yang unik dan khas. Beberapa di antaranya bahkan sangat cocok menjadi sajian istimewa di tempat nongkrong berkonsep kedai tempo dulu.

 

 

Bir Kocok

Masyarakat Bogor tentu sudah tidak asing dengan minuman bernama bir kocok. Tapi, jangan tertipu oleh namanya. Minuman berwarna kuning kecoklatan ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Alih-alih memabukan, bir kocok mengandung banyak khasiat kesehatan karena terbuat dari bahan alami dan kaya akan rempah-rempah, seperti jahe merah, kayu manis, cengkeh, dan gula aren.

Layaknya bir pletok khas Betawi, bir kocok lahir dengan meniru kebiasaan orang-orang Belanda yang suka menegak minuman beralkohol selepas bersantap. Minuman tradisional Bogor ini pertama kali dijajakan di sekitar Jalan Suryakencana. Sejak saat itu, keberadaannya ikut mengiringi transformasi Bogor tempo dulu menjadi kota jajanan seperti sekarang.

 

 

Es Pala

Es pala merupakan salah satu minuman legendaris bagi warga Bogor. Sajian yang terbuat dari campuran serutan buah pala, air gula, dan bahan-bahan lainnya ini sudah terkenal sejak dahulu. Popularitasnya selalu berada di urutan atas daftar kuliner wajib, meskipun berasal dari resep berusia ratusan tahun.

Sebagai salah satu racikan minuman tradisional Bogor tempo dulu, cita rasa es pala cenderung sederhana. Tekstur lembut daging pala hutan yang berpadu dengan air gula menghasilkan kesegaran alami yang bikin ketagihan. Bagi warga asli Bogor, es pala ibarat minuman nostalgia yang selalu mengingatkan akan masa lalu.

 

 

Bajigur

Sebagai minuman penghangat tubuh, bajigur sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Bogor. Di kala udara sedang dingin, tidak ada hal yang lebih nikmat daripada meneguk secangkir bajigur panas. Setiap malam hari, minuman berwarna kecoklatan ini sangat mudah ditemukan di setiap pelosok Kota Hujan.

Bajigur sebenarnya merupakan minuman khas petani Sunda yang terbiasa meracik air rebusan gula aren untuk menghangatkan tubuh. Seiring berjalannya waktu, bajigur mengalami perkembangan variasi resep dan penyajian. Minuman yang juga mengandung jahe dan santan ini menjelma jadi salah satu minuman tradisional Bogor yang terus bertahan hingga kini.

 

 

Bandrek Susu

Seperti halnya bajigur, bandrek merupakan minuman jahe khas Sunda yang sudah berusia sangat tua. Di masa lalu, minuman ini sempat populer di kalangan masyarakat Eropa kelas atas di Buitenzorg. Cita rasa yang kaya akan rempah-rempah membuatnya digolongkan ke dalam kategori minuman mewah pada waktu itu.

Orang-orang Eropa di Buitenzorg terbiasa menikmati bandrek sebagai minuman pendamping sarapan di kala udara dingin. Biasanya mereka menambahkan susu untuk mengurangi aroma dan rasa pedas jahe. Seiring peralihan zaman, minuman tradisional Bogor ini tergeser oleh kehadiran teh dan kopi.

 

Pesona Bogor tempo dulu memang tidak ada habisnya. Lewat sejarahnya yang panjang, kota tempat mekarnya Bunga Rafflesia Arnoldi ini mampu membangkitkan nostalgia yang bahkan kita sendiri tidak pernah mengalaminya. Meski begitu, kekayaan sejarah dan kuliner setempat sudah lebih dari cukup untuk merangsang bertumbuhnya bisnis kedai bertema vintage yang menonjolkan kesan jadul.

Apabila Anda tertarik terjun ke bisnis kedai tempo dulu, tidak ada salahnya mencoba sajian minuman tradisional Bogor. Sekecil apapun usaha yang akan dijalankan, santapan yang dijajakan bakal tetap tampil istimewa asalkan mengedepankan racikan dan penyajian yang autentik.

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Bolu Talas Alias Lapis Bogor

Dikalangan traveler, Talas Bogor bukan nama yang asing. Umbi yang satu ini menjadi salah satu andalan oleh-oleh makanan khas Bogor. Menemukannya pun tak sulit, saat Anda berjalan-jalan ke Puncak misalnya, dengan mudah akan menjumpai pedagang Talas Bogor di sepanjang jalur wisata tersebut.Meski oleh-oleh yang lebih modern merajalela di mana-mana, Talas Bogor tetap tak kehilangan ‘pamornya’ sebagai oleh-oleh tradisional. Mengapa bisa demikian? Berikut ini alasan yang bikin Talas Bogor istimewa di… Baca selengkapnya.....
  • 52

    Mau Dimsum

    Ready ya dimsum mentai, dimsum ayam, kebab daging & es jelly ball Lokasi Panduraya depan Es Teh Yang mau diantar bisa area warung jambu sekitarnya

MAU MAKAN APA?

Doclang, Walaupun Murah Cita Rasanya Tidak Murahan

Bogor memang terbilang sebagai salah satu primadona wisata di sekiar Jakarta. Dengan jarak yang tak terlalu jauh dari Ibu Kota, kota ini menawarkan begitu banyak kesenangan bagi para pengunjungnya, mulai dari tempat piknik bernuansa sejarah, alam, budaya hingga aneka jenis makanan enak. Nah, jika Anda berencana ke Bogor atau justru tengah berada di kota ini, cobalah luangkan waktu untuk sarapan pagi dengan Doclang. Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Es Sekoteng Boper, Minuman 'Panas" Yang Disajikan Dingin

Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah yang dibuat dari air jahe yang biasa dihidangkan dalam keadaan panas dan biasa dikonsumsi di malam hari. Bagi masyarakat Jawa, Sekoteng merupakan sebuah singkatan dari "nyokot weteng" yang artinya "menggigit perut". Dalam bahasa Hokkian sekoteng adalah "su ko thung" atau "si gou tang" yang berarti sup empat buah-buahan dan merupakan sebuah hidangan tradisi masyarakat Tionghoa. Baca selengkapnya.....
  • 32

    PLAIN YOGURT

    Terbuat dari 100% susu sapi murni dan segar dengan kultur yogurt yang terdiri dari bakteri L. Bulgarichus, L. Acidopholus, streptococcus thermopilus, Bifodobacterium animalis SPP lactis. Bertekstur kental. Tanpa tambahan air, tanpa pengawet, tanpa zat pengental, tanpa penstabil dan tanpa antiragi Cocok dijadikan toping salad, smoothie buah, bahkan bisa untuk masker/lulur. 250 ml 15rb 1 liter 50 rb Pengiriman Ciomas Bogor Pengiriman Jadetabek sameday with paxel Tersedia juga: Smoothie yogurt…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: