TRANSLATE

Nasi Kentut Khas Medan, Obat Mujarab Perut Keroncongan

Nasi kebuli, nasi kuning, nasi uduk, nasi kucing, atau mungkin nasi padang sudah kerap Anda coba bukan? Namun, pernahkah Anda mencoba Nasi Kentut atau sekedar mendengar namanya saja? Hmm… ya, ‘golongan’ nasi yang satu ini memang terdengar unik, tetapi menu ini benar-benar ada. Adalah Medan yang merupakan kota asal Nasi Kentut. Meski kentut identik dengan aroma tak sedap, tetapi Nasi Kentut sama sekali tak berhubungan dengan ‘gas buang’.

Sebaliknya, di balik namanya yang ‘tak enak di dengar itu’, Nasi Kentut justru obat mujarab perut yang keroncongan alias siap menuntaskan rasa lapar Anda. Pastinya Anda penasaran bukan dengan Nasi Kentut?! Tahan penasaran Anda, karena artikel ini akan mengupasnya secara tuntas!

Kita kupas dulu soal namanya sebelum lebih jauh mengurai isi dan mengetahui rasanya. Nama Nasi Kentut berasal dari nama daun yang digunakan sebagai campuran pada nasi ini. Adalah daun sembukan yang ‘bertanggungjawab’ hingga menu yang sebenarnya menggugah selera itu harus diberi nama dengan embel-embel ‘kentut’.

Daun sembukan adalah tanaman khas daerah Sumatra, tetapi juga banyak dijumpai di daerah Jawa. Bau daun ini saat diremas memang sama sekali tak sedap. Oleh karena baunya yang seperti kentut itu, maka orang juga kerap menyebutnya daun kentut. Uniknya, meski namanya demikian, daun ini justru memiliki banyak khasiat, seperti melancarkan pencernaan, mengobati masuk angin hingga sakit maag dan menambah nafsu makan.

Tak heran jika Nasi Kentut pun menjadi salah satu hidangan favorit yang banyak diburu. Beralih dari soal asal-usul namanya, kini mengulik soal proses pembuatan Nasi Kentut. Nasi itu memang dimasak bersama dengan daun kentut dan dipadu dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang kemudian dibungkus dengan balutan daun pisang.

Usai matang, nasi itu akan tampak hijau, karena di dalamnya terdapat daun sembukan. Selain itu, aroma daun pisang pun sangat khas, sehingga menambah nafsu makan. Aroma sedap nasi yang begitu pulen itu, semakin sedap disajikan bersama beragam lauk, mulai dari ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, mi goreng, dan ayam goreng. Nah, Anda yang menyukai selera pedas, jangan lupa bubuhkan sambal terasi atau sambel ijo.

Perpaduan rasa gurih, pedas, asin dengan aroma daun khas membuat siapa saja yang mencicipinya, ogah berhenti. Wal hasil, tanpa terasa nasi pun akan kalap  dan berakhir dengan ‘terpenuhinya kampung tengah’ alias perut. 

Dengan berbagai perpaduan racikan yang sederhana itu, sebenarnya tak sulit membuatnya sendiri di rumah. Sayangnya, tak setiap daerah terdapat daun sembukan alias daun kentut. Oleh karena itu, mencicipinya di Medan langsung sepertinya menjadi solusi yang paling pas. 

Lalu, dimana  tempat yang menjajakan Nasi Kentut di Medan? Meski bagi daerah luar Nasi Kentut terdengar aneh, tetapi bagi masyarakat Medan dan sekitarnya Nasi Kentut bukan hidangan yang langka. Malahan, nasi ini tak sulit ditemukan di warung makan. Salah satu warung makan yang menjajakan Nasi Kentut terletak di Jalan Wahidin No.24, Medan.

Warung ini buka saat siang hari, mulai pukul 12.00 hingga 18.00 WIB. Jam operasionalnya sangat cocok dengan jam makan siang dan malam bukan?! Namun, Anda disarankan untuk datang siang saja, agar memastikan mendapatkan porsi, karena semakin sore kemungkinan stok habis akan semakin besar.

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Lumpia Basah, Camilan Enak Yang Dipengaruhi Kebudayaan Tionghoa

Kota yang terletak di wilayah Pulau Jawa bagian barat ini juga lekat dengan kemahsyuran beragam makanan khas yang sering dicari secara online dengan keyword "jajanan enak di Bogor". Nah, jika kebetulan Anda mampir ke Bogor dan sedang mencari referensi panganan untuk disantap di lokasi atau bahkan dibawa pulang sebagai buah tangan, mampirlah ke kedai Lumpia Basah Suryakencana. Baca selengkapnya.....
  • 38

    Risolis dan Sumpia Foursm Food

    Sensasi pedas, gurih bikin nagih Ayo Gays Tunggu Apalagi Order Sekarang Juga Bisa COD lohhh, Harga mulai 4000 ribuan/pcs! Daerah khusus Bogor Barat yaaa….

MAU MAKAN APA?

Doclang, Walaupun Murah Cita Rasanya Tidak Murahan

Bogor memang terbilang sebagai salah satu primadona wisata di sekiar Jakarta. Dengan jarak yang tak terlalu jauh dari Ibu Kota, kota ini menawarkan begitu banyak kesenangan bagi para pengunjungnya, mulai dari tempat piknik bernuansa sejarah, alam, budaya hingga aneka jenis makanan enak. Nah, jika Anda berencana ke Bogor atau justru tengah berada di kota ini, cobalah luangkan waktu untuk sarapan pagi dengan Doclang. Baca selengkapnya.....
  • 32

    Efra Catering Bogor, Melayani Paket Prasmanan, Nasi kotak, Dan Tumpeng

    Hallo, Foodies , ADA KABAR GEMBIRA !!!! Buat Kalian yang Kangen sama Masakan rumah tapi ga ada waktu buat Masaknya, Atau buat kalian yang bingung setiap hari nya mau makan siang apa Mending Kalian JOIN aja di eFRa Catering Setiap hari Varian menunya beda - beda ya DIJAMIN kalian ga akan Bosen deh Buat kalian yang suka makan siang sendiri kita juga ada paket bento ( siang dan malam)

MENU MINUMAN.....

Asal Usul Minuman Dalgona Yang Viral di Media Sosial

Dalgona Yang Viral di Media Sosial, Iini Asal Usulnya

Dalgona atau ppopgi dalam bahasa Korea adalah sebutan untuk permen lembut seperti lolipop dengan stiknya. Dalgona memiliki banyak nama lain seperti honeycomb candy, sponge toffee, atau cinder toffee, yang berasal dari bentuknya yang memiliki lubang-lubang udara yang menyerupai sarang lebah. Asal-usul Dalgona konon kabarnya berasal dari Busan di tahun 1960-an. Baca selengkapnya.....
  • 46

    Jual Minuman Teh Bandulan Gelas

    Dengan pemanis 100% gula asli, tanpa pemanis buatan, menjadikan komposisi rasa yang segar dan nikmat, bisa dinikmati untuk segala umur. Teh legend sejak tahun 1933 Praktis untuk acara kumpul kumpul, arisan, pengajian, gathering di rumah, kantor dll. Bandulan Teh Hijau (gelas 160ml) : Rp 30,000/dus Bandulan Melati (gelas 160ml) : Rp 27,000/dus #1 dus isi 24 gelas Pengiriman dengan Ojek Online, dari BSI, Bogor Timur, atau bisa COD janjian di seputaran Bogor Timur INSTANT Maksimal 5 dus/ karton…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: