Perbedaan Cincau Hitam dan Cincau Hijau, Bukan Cuma Warnanya Saja

Cincau adalah salah satu bahan makanan yang sering dijadikan campuran berbagai makanan sekaligus minuman. Ada dua jenis cincau, apakah perbedaan cincau hitam dan cincau hijau?

Cincau Hitam

Diberi nama sesuai tampilannya. Warnanya lebih pekat jika dibandingkan dengan cincau hijau yang jenih walaupun warna sesungguhnya adalah hijau tua. Dengan ukuran dan bobot yang sama dengan cincau hijau, Teksturnya juga lebih keras dan padat saat dipegang.

Cincau hitam dibuat dari simplisia (bahan alam yang sudah dikeringkan dan belum mengalami pengolahan dari bentuk aslinya), dari seluruh bagian tanaman janggelan (Mesona palustris BL) yaitu daun, ranting, batang bahkan akar. Proses pembuatannya dengan cara merebus simplisia tanaman janggelan yang dicampur dengan abu Qi,   selama beberapa jam hingga diperoleh larutan  berwarna coklat kehitaman. Selanjutnya larutan tersebut  di saring.

Hasil penyaringannya kemudian ditambahkan pati dan  dipanaskan kembali hingga membentuk gel. Hasilnya kemudian bisa disimpan dengan cara yang diperoleh kemudian dimasukkan ke dalam wadah dan dibiarkan hingga dingin, mengeras dan tahan lama.

Jadi, perbedaan cincau hitam dan cincau hijau yang pertama adalah daya tahannya,  cincau hitam lebih tahan  lebih lama karena tekturnya keras.

 

Cincau Hijau

Warnanya memang hijau sesuai namanya, dengan tekstur yang lebih ringan dan lembut dibandingkan dengan cincau hitam. Dibuat dari daun segar yang berasal dari tanaman cincau hijau (Cyclea barbata), cincau perdu  ( Premna serratifolia L atau Premna integritifolia L) dan cincau  minyak (Stephania hermandifolia). 

Perbedaan cincau hitam dan cincau hijau yang kedua adalah proses pembuatannya, dimana cincau hijau  tidak memerlukan pemanasan seperti cincau hitam. Hanya dengan meremas daun yang telah ditambahkan air matang dingin, kemudian disaring dan didiamkan hingga mengental hingga membentuk gel dengan sendirinya.

 

Sumber:

  • kompas.com
  • foodreview.co.id
  • id.wikipedia.org

ARTIKEL TERKAIT

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Tuak Bogor, Minuman Segar Anti Mabuk Dengan Rasa Semu Manis

Jika mendengar kata "Tuak", hampir semua orang membayangkan jenis minuman yang memabukkan. Padahal, pada awalnya memiliki manfaat untuk menghilangkan penat para pekerja berat, atau mengatasi kesulitan tidur. Tentu saja dengan kadar yg secukupnya dan tidak sampai menyebabkan mabuk. Tuak merupakan minuman beralkohol hasil racikan asli masyarakat pesisir Indonesia. Baca selengkapnya.....

Pak Iwon, Penjual Toge Goreng Khas Bogor Terdekat Dengan Terminal Baranangsiang

Di Bogor ada beberapa penjual toge goreng yang terkenal enak. Satu diantaranya adalah Toge Goreng Pak Iwon. Banyak orang menyukai toge goreng di sini karena sensasi togenya yang masih renyah ketika digigit. Kemudian mie yang dipakai juga kenyal dengan limpahan bumbu tauco dan kacang yang melimpah. Perpaduan bumbu tauco yang sedikit asam, kecap manis dan toge membuat toge goreng Pak Iwon terasa unik dan menyegarkan, ditambah sambal, rasanya jadi lebih mantap. Baca selengkapnya.....

Tauge Goreng, Jajanan Enak di Bogor yang Tidak Digoreng

Jajanan enak di Bogor – Salah satu ikon kuliner di Bandung yang tidak boleh absen untuk dicicipi adalah tauge/toge goreng. Terciptanya toge goreng ini dipengaruhi oleh dua negara. Baca selengkapnya.....