TRANSLATE

Kerupuk Putih Bisa Ditukar Dengan Pesawat Tempur

Kerupuk putih si kriuk gurih ini merupakan teman makan favorit semua orang. Mulai dari orang berstatus ekonomi rendah, menengah, hingga yang mereka yang memiliki status ekonomi tinggi pun masih memfavoritkan kerupuk ini. Tidak hanya untuk teman makan nasi, mereka juga biasa memakan kerupuk ini  untuk teman makan lainnya, seperti bakso, mie ayam, mie instan, sayur, soto, dan jenis makanan lainnya.

Kehadiran kerupuk di masyarakat konon kabarnya meningkatkan selera makan. Rasanya yang gurih, membuat kerupuk salah satu pelengkap makan yang selalu dicari. Dibalik rasanya yang lezat, si kriuk putih ini memiliki banyak cerita. Bukan sekedar cerita rekayasa belaka, melainkan kisah nyata yang merupakan sejarah asal usul adanya kerupuk.

KERUPUK SEBAGAI ALAT TUKAR

Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn), Ryamizard Ryacudu memastikan bahwa Indonesia akan membeli sebelas unit pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia untuk mendapatkan Rp 15 triliun. Model transaksinya adalah barter berbagai komoditas.

Dan yang menariknya , salah satu produk yang ditukar tersebut ialah kerupuk. Dan ini mungkin pertama kalinya alutsista dibarter dengan kerupuk. Jadi jangan menganggap remeh kerupuk putih. Siapa sangka bahwa pendamping makan ini bisa ditukar dengan pesawat tempur yang super canggih dan keren itu.

KERUPUK SEBAGAI PENDAMPING MAKAN

Kerupuk tergolong makanan ringan yang sangat digemari masyrakat. Selain bisa dicemil secara langsung, kerupuk putih ini juga sangat cocok untuk dijadikan teman makanan lainnya. Menurut sejarahwan kuliner Fadly Rahman kerupuk sudah menempati Pulau Jawa sejak abad ke-9 atau ke-10. Hal ini ada tertulis pada sebuah prasasti yakni prasasti Batu Pura.

Dalam prasati tersebut tertulis bahwa kerupuk rambak yakni kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau ini telah ada sejak zaman dulu dan terus bertahan hingga masa sekarang. Biasanya kerupuk-kerupuk tersebut menjadi bahan kuliner krecek. Kerupuk yang menggunakan bahan kulit sapi dibuat dengan menghilangkan berlapis-lapis selaput kemudian bulunya dibersihkan dengan cara dibakar.

Kemudian kulit digodog hingga empuk, diiris-iris dan dijemur hingga kering. Hal itu ditulis oleh AG Pringgodigdo di Ensiklopedi Umum. Dalam pekembangannya, kerupuk juga telah menyebar ke berbagai pulau nusantara lainnya seperti Pesisir Kalimantan, Sumatera, hingga Semenanjung Melayu. Masyarakat Melayu sana menggunakan kekayaan ikan sebagai bahan dasar kerupuk yang mereka buat.

KERUPUK ADALAH MAKANAN RINGAN YANG MENDUNIA

Pada awal abad 19, Naskah Melayu karya dari Abdul Kadir Munsyi Saat Menyebut Kuantan (Malaysia), dia juga membahas kerupuk. Menurutnya, kerupuk mulai jadi pelengkap makan sejak masa kolonialisme Hindia Belanda dan berkembang ke negara lainnya hingga melekat di lidah Bangsa Eropa.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa kurang nikmat jika menyantap makanan tanpa kerupuk. Itulah sejarah kerupuk putih yang biasanya kita anggap makanan biasa saja.

 

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur, Makanan Kuno Dengan Resep Rahasia Warisan Keluarga

Apakah yang terbayang di benak Anda jika mendengar kata asinan rujak? Makanan dengan dominasi rasa asam dibandingkan rasa asin ini memang sangat identik dengan kuliner khas kota Bogor. Kamu mungkin belum tahu, selain asinan buah dan sayuran, ada juga lho asinan jenis lain yang bisa kamu nikmati di kota Bogor. Baca selengkapnya.....
  • 19

    Jual Singkong Keju Salatiga

    Bisnis frozenfood singkong keju Sidomulyo Salatiga, pasti cuan karena laris banget. Renyah, gurih, crispy, memprul. Sudah sertifikat halal MUI. Peluang jadi distributor dan agen di kota anda

MAU MAKAN APA?

Laksa Bogor Kampung Cincau, Bukan Jajanan Biasa

Mencari kuliner unik Bogor tidak akan ada habisnya. Sebagai kota yang pernah menjadi tempat favorit Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, Bogor menyimpan sejumlah sejarah yang tidak boleh dilupakan, termasuk juga sejarah yang berkaitan dengan kuliner Bogor. Berbagai makanan dan minuman khas memang sudah ada sejak dahulu di kota Bogor. Salah satu kuliner yang melegenda adalah Laksa Bogor Kampung Cincau. Baca selengkapnya.....
  • 45

    Dimana Lagi Makan Enak Cuma Rp15.000? Kalo Bukan di Ibu Geulis

    Masakan Sunda adalah salah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia dengan ciri khas kesegaran pada bahannya.¬†Mayarakat sunda pada umumnya memang menggemari sayuran mentah segar, baik yang dimakan langsung dengan sambal ataupun diolah lagi menggunakan bahan lain seperti karedok yang menyegarkan. Menu-menu pada masakan khas sunda memiliki citarasa yang ringan, sederhana, berkisar antara gurih asin, asam segar, manis ringan, dan pedas. Ada beberapa jenis masakan sunda yang memilki ciri…

MENU MINUMAN.....

Es Sekoteng Boper, Minuman 'Panas" Yang Disajikan Dingin

Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah yang dibuat dari air jahe yang biasa dihidangkan dalam keadaan panas dan biasa dikonsumsi di malam hari. Bagi masyarakat Jawa, Sekoteng merupakan sebuah singkatan dari "nyokot weteng" yang artinya "menggigit perut". Dalam bahasa Hokkian sekoteng adalah "su ko thung" atau "si gou tang" yang berarti sup empat buah-buahan dan merupakan sebuah hidangan tradisi masyarakat Tionghoa. Baca selengkapnya.....
  • 45

    Jual Minuman Teh Bandulan Gelas

    Dengan pemanis 100% gula asli, tanpa pemanis buatan, menjadikan komposisi rasa yang segar dan nikmat, bisa dinikmati untuk segala umur. Teh legend sejak tahun 1933 Praktis untuk acara kumpul kumpul, arisan, pengajian, gathering di rumah, kantor dll. Bandulan Teh Hijau (gelas 160ml) : Rp 30,000/dus Bandulan Melati (gelas 160ml) : Rp 27,000/dus #1 dus isi 24 gelas Pengiriman dengan Ojek Online, dari BSI, Bogor Timur, atau bisa COD janjian di seputaran Bogor Timur INSTANT Maksimal 5 dus/ karton…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: