Sambal Cibiuk, Sambal Istimewa Untuk Menjamu Ulama

Sambal Cibiuk, sesuai namanya memang berasal dari Desa Cibiuk, Garut Jawa Barat. Sambal dengan cita rasa bumbu yang kuat ini memiliki ciri khas yaitu bahan-bahannya tidak diulek halus. Saking terkenalnya, namanya digunakan oleh sebuah restoran masakan sunda, yang menjadikan Sambal Cibiuk sebagai menu andalannya.

Bukan sembarang kuliner, Sambal Cibiuk memiliki hubungan sejarah dengan salah satu penyebar agama Islam yang berada di Garut, yaitu Syech Ja’far Shiddiq. Beliau adalah salah satu tokoh yang tidak hanya mengajarkan agama tetapi juga tentang kegiatan ekonomi kepada para pengikut dan masyarakat di wilayah tersebut. 

Tokoh agama yang sekarang makamnya menjadi tempat wisata rohani para peziarah inilah pencipta Sambal Cibiuk. Sambal tersebut menjadi menu istimewa  beliau saat menjamu tamu yaitu para ulama yang datang ke kediamannya. Kemudian, sambal ini dilanjutkan dan dikembangkan oleh putrinya bernama Nyimas Ayu Fatimah. 

Sambal olahannya sangat lezat, walaupun cuma para ulama yang mengetahuinya. Bahkan resepnya pun hanya beredar di lingkungan keluarganya. Banyak mitos dan fakta mengenai sambal ini, misalnya saja hanya orang asli Cibiuk saja yang bisa membuat sambal ini, dan harus merapal doa-doa tertentu sebelum meraciknya.

Rahasia sesungguhnya dari Sambal Cibiuk adalah pemilihan bahan pembuatnya. Cabai yang digunakan haruslah yang telah cukup matang (tua), dan dalam kondisi baru dipetik dari pohonnya. Menggunakan cabai yang masih muda akan menimbulkan aroma langu yang mengurangi kelezatannya. Buang tangkai cabe dan cuci bersih lalu tiriskan.

Demikian juga dengan tomatnya, harus memilih yang masih keras, warna hijaunya merata dan mulus. Hindari menggunakan tomat yang berlubang karena juga berpengaruh pada citarasanya. Buang tangkainya dan cuci bersih lalu iris kasar.

Bahan-bahan yang harus disiapkan dan takarannya:

  • 20 buah cabe rawit hijau
  • 2 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 cm kencur
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 5 buah tomat hijau.

Cara membuat:

  1. Tumbuk atau gerus cabe rawit hijau bersama gula dan garam hingga berair dan menjadi serpihan agak kasar.
  2. Tambahkan bawang merah dan bawang putih serta kencur, gerus hingga tercampur rata dan agak halus.
  3. Terakhir, masukkan tomat hijau yang diiris kasar,  tumbuk atau gerus hingga jadi memaran kasar. Jangan terlalu halus, karena ciri khas sambal ini agak kasar teksturnya. Jika suka bisa disajikan dengan daun kemangi.

Sambal Cibiuk biasa dinikmati sebagai "teman" makan ikan asin yang digoreng kering.... Sedaaap! 

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Bakmi Aloi, Bakmi Babi Enak di Bogor yang Wajib Dicoba

Bakmi babi enak di Bogor menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu oleh wisatawan non-muslim. Di kota Bogor memang tidak hanya tersedia bakmi dengan toping ayam saja. Namun juga menyediakan bakmi dengan toping daging babi yang tidak kalah nikmat. Suasana kota Bogor, ditambah dengan seporsi bakmi babi akan membuat perut kenyang. Baca selengkapnya.....

Perkenalkan, Bakso Paling Populer Di Bogor

Jangan pernah menginjakkan kaki di kota Bogor tanpa jajan makanan ataupun berwisata kuliner. Apalagi jika Anda tidak menikmati sajian-sajian hangat di kota hujan ini. Sebutan kota hujan sangat tepat ditujukan untuk kota Bogor. Kota dengan berbagai keunikan kuliner dan wisata alam ini justru diperlengkapi dengan berbagai panganan hangat dan menyegarkan. Salah satunya adalah bakso. Baca selengkapnya.....

Sensasi Rasa Sate Sumsum Sapi Pak Oo Memang Luarbiasa, Coba Aja Sendiri

Waktu menunjukkan pukul 16.00 WIB, ketika aroma khas yang gurih dan sedap menyeruak disekitar jalan Suryakencana Bogor. Rupanya berasal dari sebuah kedai, yang sedang membakar makanan jensi sate yang menggunakan bahan baku dari daging dan jeroan sapi. Kedai Sate Sumsum Pak Oo Bogor, demikian orang mengenalnya. Sate sumsum tulang sapi dan sate ginjal sapi adalah menu favorit di kedai ini, tanpa ada pilihan sate kambing. Baca selengkapnya.....