Sambal Goang Sudah Enak Walau Dimakan Pakai Nasi Doang

Sambal Goang adalah salah satu jenis sambal yang sangat populer di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Sambal ini biasa menjadi pasangan untuk menikmati  pepes ikan, nasi tutug oncom, juga ayam hingga ikan goreng. Bahan-bahan untuk membuat sambal goang juga sederhana yaitu cabai rawit, bawang putih, garam dan kencur.  Cara membuatnya sangat mudah dan cepat.

Pertama-tama goreng cabai dengan minyak panas beberapa menit saja. Selanjutnya cabai tersebut dihaluskan (diuleg) beserta bahan lain, siram dengan sedikit minyak panas yang tadi digunakan untuk menggoreng cabai. Diamkan beberapa saat agar aroma sedap merebak dan cabai agak layu.

Dilihat dari bahan dasar yang digunakan, Sambal Goang mirip dengan Sambal Cibiuk. Namun bahan isi dari sambal Cibiuk lebih lengkap karena diberi kencur, tomat hijau yang dipotong berukuran kecil, terasi, daun kemangi, dan jeruk nipis. 

Mengenai sejarah Sambal Goang sendiri tidak ada satupun ahli kuliner yang bisa menjelaskannya. Uniknya,  Sambal Goang memiliki nama yang berbeda beda meski masih berada di daerah Jawa Barat. Untuk orang sunda prahyangan seperti misalnya Bandung, Tasik, Garut dan berlanjut ke wilayah Pantai Selatan, nama goang ini terdengar akrab di telinga.

Tapi bagi mereka yang berasal dari wilayah Jawa Barat bagian tengah seperti misalnya Purwakarta, Subang dan Karawang, ada yang menyebutnya sebagai sambel atah dan sambel dadak, karena tidak dimasak dan dibuat secara mendadak beberapa saat sebelum dinikmati. Dengan demikian, sesungguhnya tidak ada perbedaan antara Sambal Goang, Sambal Atah dan Sambal Dadak, dengan segala variasinya.

Tidak hanya lezat, Sambal Goang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan kulit, berkat kandungan Vitamin C yang sangat tinggi pada bahan-bahannya. Mungkin itu salah satu sebabnya jika wanita Sunda terkenal sebagai pemilik kulit terindah di negeri ini.

 

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Daftar Lokasi Bisnis Jajanan Pasar Murah Meriah

Indonesia memang paling OK soal makanan. Apa yang tak ada di negeri ini? Segala makanan utama, kue, hingga minuman semua punya kekhasan tersendiri. Kuliner Indonesia memang membuat siapapun rindu. Tempat jajanan pun tak terhitung. Dari yang melegenda sejak ratusan tahun lalu atau yang baru-baru muncul dengan gaya yang kekinian. Baca selengkapnya.....

Sedang Wisata Kuliner Di Bogor, Jangan Lupa Coba Es Sekoteng Boper

Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah yang dibuat dari air jahe yang biasa dihidangkan dalam keadaan panas dan biasa dikonsumsi di malam hari. Bagi masyarakat Jawa, Sekoteng merupakan sebuah singkatan dari "nyokot weteng" yang artinya "menggigit perut". Dalam bahasa Hokkian sekoteng adalah "su ko thung" atau "si gou tang" yang berarti sup empat buah-buahan dan merupakan sebuah hidangan tradisi masyarakat Tionghoa. Baca selengkapnya.....

Tuak Bogor, Minuman Segar Anti Mabuk Dengan Rasa Semu Manis

Jika mendengar kata "Tuak", hampir semua orang membayangkan jenis minuman yang memabukkan. Padahal, pada awalnya memiliki manfaat untuk menghilangkan penat para pekerja berat, atau mengatasi kesulitan tidur. Tentu saja dengan kadar yg secukupnya dan tidak sampai menyebabkan mabuk. Tuak merupakan minuman beralkohol hasil racikan asli masyarakat pesisir Indonesia. Baca selengkapnya.....