Sambal Matah, Cara Mudah Mendapatkan Manfaat Bunga Kecombrang

Kecombrang adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Nama lainnya adalah kantan, honje, kincung (Medan), bungong kala (Aceh), bunga rias (Tapanuli), asam cekala (Karo), kumbang sekala (Lpg.), sambuang (Mng.) serta lucu (Banyuwangi). Orang Thai menyebutnya daalaa. Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot kecicang dan keduanya bisa dipakai sambal (sambal matah).

Sekilas tumbuhan ini terlihat seperti pohon pisang-pisangan dengan bentuk daun yang memanjang. Luarbiasanya, kecombrang bisa tumbuh hingga tinggi 5 meter. Kecombrang sejak jaman dahulu sudah dijadikan bahan baku untuk membuat makanan karena rasa dan aromanya yang unik yaitu perpaduan antara  jeruk lemon dan pedas jahe dengan aroma harum serai.

Di Jawa Barat, kecombrang biasa dijadikan lalapan, sedangkan di Jawa Tengah adalah campuran urap ataupun pecel. Kecombrang kukus sering dijadikan pecel di Banyumas, sementara di Pekalongan ada urap yang terbuat dari nangka muda dengan campuran kecombrang iris. Di Bali, setelah diiris kasar, kecombrang dan batangnya, menjadi campuran sambal matah.

Di Sumatera Utara, kecombrang dibuat sayur asam khas Karo. Juga dijadikan campuran untuk memasak arsik ikan mas khas Batak agar tidak amis. Berbeda dengan di Sulawesi Selatan, digunakan untuk memasak pallu mara yang berbahan baku ikan.

Tidak hanya sebagai bahan makanan, kecombrang juga dimanfaatkan sebagai obat.  Tunas muda kecombrang adalah penurun panas alami, dengan cara dibakar kemudian dikonsumsi. Bunga kecombrang ini juga biasa digunakan sebagai sabun. Ada dua cara yang bisa dilakukan yakni dengan cara langsung menggosokkan batang ke badan atau wajah dan cara kedua bisa dengan menggunakan pelepahnya yang sudah dimemarkan dan mengeluarkan busa yang wangi. 

Pengen tau manfaat lain kecombrang? Ini daftarnya:

  • Mengandung tinggi antioksidan yang bisa melawan penyakit kanker.
  • Kaya vitamin dan juga mineral.
  • Mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi,  juga diabetes.
  • Menambah jumlah ASI bagi ibu menyusui.
  • Mengandung bahan aktif yang bisa melawan masalah peradangan di dalam tubuh dan bisa digunakan untuk obat arthiritis.
  • Menambah nafsu makan.
  • Untuk wanita bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.
  • Mengurangi rasa mual ketika masa kehamilan.
  • Membersihkan darah kotor.
  • Kandungan antiviral bisa dipakai untuk expetorant dan juga decongestant yang berguna untuk melawan gangguan sinusitis dan juga pernafasan.
  • Kandungan zat saponin, zat aktif flavonida, dan juga polifenol sangat bagus untuk menghilangkan bau tubuh yang tidak sedap.

Jika anda ingin mendapatkan manfaat dari kecombrang seperti tersebut diatas, anda bisa mengolahnya menjadi beberapa jenis masakan yang memang sudah umum, seperti dijadikan tumis misalnya. Namun ada salah satu olahan kecombrang mudah dibuat namun sangat nikmat yaitu Sambal Matah Kecombrang. Ini resepnya:

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Bawang putih, iris tipis - 5 siung
  • Bawang merah, iris tipis - 10 buah
  • Cabai rawit merah, iris tipis - 10 buah
  • Daun jeruk, buang tulang daunnya - 2 lembar
  • Bunga kecombrang, iris tipis - 4 buah
  • Air jeruk limau - 1 sdt
  • Garam - 1/2 sdt
  • Gula - 1/2 sdt
  • Terasi matang - 1 sdt
  • Minyak sayur, panaskan - 4 sdm

 

Cara membuat:

  1. Dalam wadah, campur semua bahan kecuali minyak. Aduk rata.
  2. Tuang minyak panas. Aduk rata.
  3. Siap disajikan.

 

Silahkan mencoba dan dapakan manfaat dari bunga kecombrangnya....

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....
kolak unik khas bulan puasa ramadhan

Kolak Ayam, Hidangan Istimewa Saat Bulan Puasa Ramadhan Tiba

Kolak adalah hidangan yang biasa dijumpai saat bulan puasa Ramadhan tiba hampir di seluruh penjuru Indonesia. Makanan berkuah santan ini kerap dijadikan menu pilihan berbuka atau takjil. Kolak pun hadir dengan bahan yang beragam, mulai dari kolak pisang, kolak nangka, kolak ubi, hingga kolak labu. Namun, pernahkan Anda mendengar kolak ayam? Ya, makanan yang satu ini nyata ada. Kolak ayam barangkali bisa dikatakan kolak yang tak biasa, aslinya dari Desa Gumeno, Kecamatan Masyar, Gresik Kota,… Baca selengkapnya.....
Dari Limbah Jadi Makanan Wah Itulah Sambal Oncom

Dari Limbah Jadi Makanan "Wah", Itulah Sambal Oncom

Dari sekian banyak penganan lezat yang berasal dari Jawa Barat, sambal oncom adalah salah satu yang terpopuler dan banyak digandrungi oleh para pecinta kuliner. Tapi tahukah anda jika bahan utama sambal ini berasal dari limbah? Limbah yang digunakan adalah bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas singkong, dan ampas kelapa yang difermentasi dengan beberapa jenis kapang. Baca selengkapnya.....

Mie YunSin, Bakmi Babi Bogor Yang Legendaris

Bakmi babi Bogor menjadi salah kuliner non halal yang bisa dikatakan mudah ditemukan. Kebanyakan kuliner non halal bisa ditemukan di Jalan Suryakencana. Akan tetapi untuk bakmi babi yang akan dibahas ini ternyata berada di Jl. Kumbang No.19, RT.01/RW.04, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16128., yaitu Mie YunSin. Baca selengkapnya.....