Sambal Terong Cabai Rawit, Pedasnya Nggak Nahan Tapi Menyehatkan

Walau tergolong makanan sederhana, Sambal terong merupakan salah satu menu yang sangat populer, tidak hanya di Jawa Barat saja bahkan di seluruh wilayah Indonesia. Ada beberapa alasan seperti citarasanya yang begitu fantastis, biaya pembuatan yang sangat terjangkau, serta kandungan nutrisinya yang cukup lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan serat, vitamin B6 dan Vitamin C, kalium serta fituonutrien yang terdapat didalamnya mampu memaksimalkan fungsi jantung dan menjaganya tetap sehat. Berikut kandungan flavonoid, untuk mencegah serangan jantung, menurunkan tekanan darah. Manfaat lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol.

Dari hasil penelitian di Amerika Serikat, para ahli  menyatakan bahwa terong juga sangat kaya dengan kandungan asam klorogenat. Senyawa tersebut terbukti mampu menurun berat badan secara signifikan. Tidak hanya itu, klorogenat dapat melawan kolesterol jahat. Rajin mengkonsumsi terong juga terbukti meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan nasunin pada terong sangatlah melimpah. Zat antioksidan satu ini berfungsi untuk menjaga kinerja otak dan menjaganya agar tetap sehat. Kulit terong juga memiliki kandungan antosianin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan membran sel otak, terhindar dari peradangan saraf saraf di otak, dan gangguan kognitif otak pada saat Anda umur anda bertambah. Daya ingat Anda akan semakin kuat dengan konsumsi kulit terong secara rutin.

Manfaat besar lain yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi terong ini adalah mengurangi resiko terkena kanker. Tidak banyak yang tahu kalau terong juga memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Zat satu ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang akan menghindarkan Anda dari resiko terkena kanker dan menghambat penyebarannya.

Jika sudah tau manfaatnya, mengapa hari ini tidak memasak terong? Salah satu olahan terong  yang akan membuat ketagihan adalah Sambal Terong Cabai Rawit. Ini resepnya: 

 

Bahan:

  • 2 buah terong ungu (iris sesuai selera)
  • Minyak goreng (secukupnya)

 

 

Bumbu (Haluskan):

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 15 buah cabai rawit
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • 1 buah tomat (pilih yang ukuran kecil)
  • Kaldu ayam bubuk (jika suka)

 

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu hingga harum.
  2. Masukkan terong, aduk-aduk hingga rata. 
  3. Terus diaduk agar terong tak berwarna hitam dan keras. 
  4. Tambahkan sedikit air panas agar terong empuk dan matang sempurna. 
  5. Angkat dan sajikan.

 

Nikmati kelezatannya dengan nasi putih hangat, kerupuk udang dan ikan goreng. Sangat mudah dibuat bukan? 

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Toge Goreng Mak Epon, Jawara Makanan Tradisional Khas Bogor

Kalau disuruh menuliskan satu-satu apa saja kuliner tradisional Bogor yang wajib dicoba, satu halaman kertas mungkin tidak cukup untuk menampungnya. Dari ujung ke ujung, pasti ada saja kedai makanan khas Bogor yang melambai-lambai minta disinggahi. Salah satu kedai makanan khas Bogor yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar wisata kuliner Bogor adalah Toge Goreng Mak Epon. Baca selengkapnya.....

Laksa Bogor Ibu Lili, Makanan Enak Tapi Murah

Jalan-jalan ke Bogor tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan enak tapi murah dan legendaris khas Kota Hujan. Bogor memang sarangnya makanan enak, mulai dari roti unyil, olahan talas Bogor, sampai beragam jenis asinan yang sudah tersohor di seantero negeri. Baca selengkapnya.....

Info Menarik, Penerima Vaksin di Kota Bogor Disediakan 1000 Porsi Makanan Siap Santap

Antusiasme masyarakat begitu terasa menyelimuti kegiatan vaksin di Bogoryang digagas Gerakan Nasional Majelis Ulama Indonesia (Gernas MUI) bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai upaya penanggulangan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Vaksinasi berlangsung pada pukul 08.00 WIB di Mocca Cafe, Jalan Letjen Ibrahim Adjie Bendungan No.6a, Kelurahan Sindang Barang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, pada Sabtu (8/7/2021). Kegiatan vaksinasi ini berlangsung tertib dan mematuhi protokol… Baca selengkapnya.....