Sate Jando Maranggi, Kuliner Favorit Dataran Tinggi Kini Juga Tersedia Di Kota Bogor

Sate adalah kuliner khas Indonesia yang telah mendunia. Olahan sate juga lahir di setiap daerah dengan ciri khas bumbu berbeda. Di kota Bogor ada Sate Maranggi yang digandrungi karena cita rasa lezat berkat bumbu rempahnya menyerap hingga ke dalam daging, termasuk satu jenis sate yang saat ini tengah hits, yakni sate jando maranggi.

Sate tersebut melengkapi berbagai sajian lezat dari Kedai Duniasapi, yaitu sate daging sapi murni bumbu maranggi, sate ayam bumbu maranggi  dan nasi goreng maranggi yang hanya tersedia ditempat ini. 

Apa itu sate jando maranggi?

Sate ini terbilang berbeda, sebab jika umumnya sate sapi dibuat dengan daging atau lemak maka jando adalah bagian lemak susu sapi.

Jando berwarna putih mirip lemak sapi pada bagian lain, tetapi ketika dibakar tak habis karena meleleh seperti lemak lainnya. Kelebihan lain dari jando adalah mudah menyerap bumbu. Sehinggga ketika dibakar, tampilannya tampak berkilat dengan aroma yang  begitu menggoda.

Jando untuk membuat sate maranggi  harus berasal dari sapi betina. Jika menggunakan jando dari sapi jantan, teksturnya lebih kenyal alias alot. Dan uniknya, tidak semua lapak penjual daging sapi dipasar menyediakan jando.

Penyebabnya, jando bukanlah bagian dari daging sapi yang umum diolah. Oleh sebab itu, hanya pelanggan tertentu yang bisa mendapatkannya. Biasanya karena telah puluhan tahun membeli daging di pedagang yang sama.

Rasa gurih sate dari sate jando maranggi ini semakin menguat saat dinikmati dengan lumuran bumbu kacang atau kecap yang dipadukan sambal oncom pedas.

Luar Biasa, Cita Rasa Serabi Yang Dimasak Menggunakan Kayu Dari Pohon Kopi

Sebagian besar masyarakat Indonesia, terlebih yang berasal dari Jawa, pasti sudah tidak asing lagi dengan serabi. Serabi adalah sebuah istilah dari jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia. Di Jawa, serabi disajikan dengan perpaduan kuah santan dengan isian gula atau manisan lainnya. Baca selengkapnya.....
Kontol Kambing Khas Malang Uenake Pol Rek

Kue Kontol Kambing, Nama Yang Menggelitik dan Bikin Panik

Saat mendengar nama kota Malang, apa yang Anda pikirkan? Ya, sebagian besar dari Anda akan menyebut jika salah satu kota di Jawa Timur ini kaya akan tempat wisata beragam, kuliner yang gurih hingga pedas, juga buah apel yang segar alami. Namun, pernahkah Anda berpikir jika Malang juga memiliki kuliner yang namanya kelewat nyeleneh? Baca selengkapnya.....
Burung Belibis Goreng Rasa Juara

Burung Belibis Goreng, Menu Langka dengan Rasa Juara!

Bicara soal kuliner, Indonesia memang sangat kaya. Memiliki wilayah luas dipadu dengan keragama suku, tak dipungkiri Indonesia pun memiliki resep-resep kuliner yang menggugah selera disemua daerahnya. Salah satu menu yang nendang di perut adalah Burung Belibis Goreng. Mendengar namanya, sebagian dari Anda mungkin merasa janggal. Namun, menu ini nyata ada bahkan dijajakan. Tak mudah dijumpai di sembarang tempat, ternyata menu langka ini rasanya juara! Baca selengkapnya.....

Es Cincau Siliwangi

Bogor juga punya beragam minuman segar khas daerah, yang bakal melengkapi wisata kuliner Anda. Salah satu destinasi wisata kuliner Bogor yang menawarkan minuman khas Bogor yang patut Anda coba adalah Es Cincau Hijau Siliwangi. Baca selengkapnya.....