TRANSLATE

Sejarah, Variasi dan Cara Menikmati Gemblong

Gemblong adalah nama kue tradisional Indonesia dengan cita rasa gurih manis, yang populer sebagai jajanan pasar di kalangan masyarakat Sunda, Jawa, dan Betawi.  Gemblong dibuat dari adonan tepung beras ketan putih, tepung kanji, kelapa muda, santan, margarin, dan garam. Yang diuleni hingga kalis. Selanjutnya adonan akan dibentuk bulat seperti bola. Kemudian digoreng dan setelah dingin dilapisi dengan larutan gula aren. 

Membuat jajanan pasar seperti gemblong bisa dibilang gampang-gampang susah, Perlu keterampilan khusus, untuk membuat gemblong yang teksturnya tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras.

Di Surabaya ada kue yg mirip gemblong, Namanya “getas’. Bahan dan cara membuatnya sama persis. Perbedaannya ada pada pelapisnya. Jika gemblong dilapisi oleh gula aren atau gula merah, maka getas menggunakan gula pasir.

 

 

Sejarah Gemblong

Sampai saat ini tidak ada yang tau pasti sejarah jajanan pasar ini.. Namun di dalam  Serat Centhini yang merupakan kitab 'ensiklopedia' kebudayaan Jawa yang diterbitkan pada awal abad XIX,  telah menyebut nama gemblong sebagai salah satu jenis makanan yang dihidangkan Ni Turida, isteri Jayengwesthi, sebagai sarapan pagi untuk Seh Amongraga (pupuh 352:68–70).

Pada bagian lain kitab Centhini yakni pada pupuh 355:96–97, juga menceritakan kue mirip gemblong disuguhkan Nyai Sumbaling dan Centhini menyuguhkan kudapan kepada tamu-tamunya setelah selesai salat Subuh.

 

 

Cara Menyantap Gemblong

Sebagai jajanan pasar, agemblong yang berlapis gula, bisa langsung disantap begitu saja. Tapi di beberapa daerah di pulau jawa, gemblong juga bisa disajikan tanpa lapisan gula, tanpa digoreng.

Misalnya dengan cara dibakar, ditaburi serundeng atau parutan kelapa, dan ada pula yang diberi saus dari santan atau gula merah atau aren yg diencerkan atau lebih dikenal dengan istilah jawa kinco.

 

 

Gemblong Santan

Cara membuat gemblong santan terbilang rumit, karena harus membuat  2 jenis produk. Yang pertama adalah gemblong ketannya sendiri. Dan yang kedua adalah santan yang dibuat dari buah kelapa, tepung beras, gula pasir, dan garam, yang kemudian harus diolah menjadi semacam saus.

Cara penyajian gemblong santan adalah dengan memotong-motong lebih dulu gemblong ketan menjadi kecil-kecil seukuran sendok makan. Kemudian potongan jajanan pasar tersebut diletakkan diatas daun pisang yang sudah dipincuk (lipatan daun pisang khas Jawa) dan disiram saus santan. Unik bukan?

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Bolu Talas Alias Lapis Bogor

Dikalangan traveler, Talas Bogor bukan nama yang asing. Umbi yang satu ini menjadi salah satu andalan oleh-oleh makanan khas Bogor. Menemukannya pun tak sulit, saat Anda berjalan-jalan ke Puncak misalnya, dengan mudah akan menjumpai pedagang Talas Bogor di sepanjang jalur wisata tersebut.Meski oleh-oleh yang lebih modern merajalela di mana-mana, Talas Bogor tetap tak kehilangan ‘pamornya’ sebagai oleh-oleh tradisional. Mengapa bisa demikian? Berikut ini alasan yang bikin Talas Bogor istimewa di… Baca selengkapnya.....
  • 38

    Risolis dan Sumpia Foursm Food

    Sensasi pedas, gurih bikin nagih Ayo Gays Tunggu Apalagi Order Sekarang Juga Bisa COD lohhh, Harga mulai 4000 ribuan/pcs! Daerah khusus Bogor Barat yaaa….

MAU MAKAN APA?

Soto Kuning Pak M Yusuf atau Pak Yusup, Mau Pilih Yang Mana?

Surya Kencana identik dengan Soto Kuning. Dan Soto Kuning identik dengan Surya Kencana, memang demikian yang sering terdengar. Soto kuning adalah kuliner khas Bogor dan katanya yang paling terkenal memang ada di Surya Kencana. Di sepanjang jalan Surya Kencana itu memang banyak sekali kedai soto kuning. Referensinya adalah soto kuning Pak Yusup. Akan tetapi ada dua Yusup di sana dan sama ramainya. Satu pakai huruf “f” - Yusuf. Satu lagi pakai huruf “p” – Yusup. Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Es Kopi Susu Di Kopi Tubing, Satu Cara Menghilangkan Pusing

Budaya minum kopi di Indonesia semakin berwarna berkat kehadiran kopi susu. Apakah anda termasuk salah satu penggemar kopi susu? Minuman ini memang menjadi pilihan paling populer untuk berbagai kesempatan, seperti penyegaran di tengah teriknya siang hari, nongkrong bareng, atau saat menikmati suasana. Kopi susu sesungguhnya adalah minuman jadul yang berkembang hingga menjadi minuman kekinian. Baca selengkapnya.....
  • 46

    Jual Minuman Teh Bandulan Gelas

    Dengan pemanis 100% gula asli, tanpa pemanis buatan, menjadikan komposisi rasa yang segar dan nikmat, bisa dinikmati untuk segala umur. Teh legend sejak tahun 1933 Praktis untuk acara kumpul kumpul, arisan, pengajian, gathering di rumah, kantor dll. Bandulan Teh Hijau (gelas 160ml) : Rp 30,000/dus Bandulan Melati (gelas 160ml) : Rp 27,000/dus #1 dus isi 24 gelas Pengiriman dengan Ojek Online, dari BSI, Bogor Timur, atau bisa COD janjian di seputaran Bogor Timur INSTANT Maksimal 5 dus/ karton…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: