Loading...
 

Tips Menjaga Dapur Agar Tetap Bersih Saat Lebaran

Lebaran menjadi moment yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Muslim di berbagai belahan dunia, tak terkecuali dari Indonesia. Pada perayaan Idul Fitri, di Tanah Air identik dengan berkumpul bersama keluarga dan maka bersama. Bak pesta yang meriah, saat Idul Fitri  tiba berbagai hidangan tersuguh di atas meja, baik yang berupa makanan ringan maupun berat. 

Bicara soal makanan berat, opor ayam, dendeng, rendang, dan berbagai olahan enak  yang umumnya berbahan daging hampir tak pernah absen disajikan berbagai keluarga. Sayangnya, keasyikan memasak, terkadang sampai membuat dapur menjadi begitu kotor. Apalagi jika di rumah hanya bersama keluarga inti saja tanpa asisten rumah tangga. Tak ingin bukan dapur terlihat kotor dan terlihat tamu yang bertandang kala Lebaran? Oleh karena itu, pastikan dapur Anda tetap bersih ya.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat dapur tetap bersih saat Lebaran. 

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART) mungkin akan merasa kaget saat harus mengerjakan sendiri semuanya, termasuk memasak sekaligus membersihkannya. Nah, agar pekerjaan tak menumpuk, Anda bisa mengawalinya dengan membersihkan beberapa perabot yang sedianya akan digunakan menjamu tamu di hari Lebaran.

Meski disimpan dalam keadaan bersih, jika terlalu lama tak dipakai sepertinya perlu dibersihkan kembali bukan? Menyicil membersihkannya sejak jauh-jauh hari akan meringankan Anda untuk membereskan dapur daripada melakukannya mendekati semuanya jelang Lebaran tiba. 

Kedua, Anda bisa pula menyicil untuk mengontrol kebersihan kulkas. Cek kondisi kulkas setiap harinya, apakah ada buah atau sayuran yang mungkin sudah mulai tak layak konsumsi di kulkas. Jika ada segera ambil agar tak membusuk di dalam kulkas yang akhirnya membuat seisi kulkas dan Anda pun harus ‘mengurasnya’, tentunya membutuhkan tenaga ekstra. 

Ketiga, saat Anda memasak untuk Lebaran pastikan tak menggunakan banyak alat memasak, agar saat membersihkannya pun tak kewalahan. Anda tak perlu menjejer semua bahan sendiri-sendiri dalam mangkuk atau cawan sendiri-sendiri sebagaimana acara memasak di televisi yang diperagakan para chef. Ringkas wadah yang digunakan, sehingga saat membersihkannya pun juga lebih cepat dan tak menyita banyak tenaga.

Tips berikutnya lagi, Anda bisa mengontrol kebersihan bagian dapur saben harinya, misalnya pada meja kompor, kompornya juga dinding-dindingnya. Lap atau bersihkan seusai memasak agar dapur tetap bersih, sehingga saat Lebaran tiba Anda tak perlu payah melihat banyak hal berantakan di dapur. 

Tak kalah penting dari berbagai tips di atas adalah menyiapkan tempat sampah. Pastikan tempat sampah selalu tersedia di ruang memasak Anda, entah untuk membuang sampah kering maupun basah. Namun, saat Lebaran, potensi sampah akan jauh lebih banyak. Sebut saja dari sisa-sisa makanan yang disajikan atau sekedar bungkus snack-snack yang berbahan kertas hingga plastik.

Nah, agar dapur tetap bersih dan beraroma sedap, sampah-sampah tersebut sebaiknya langung dipisahkan sesuai dengan kategorinya. Sediakan wadah khusus sisa makanan basah dan basi juga wadah sampah kering. 

Satu lagi, agar bak cuci piring di dapur Anda tetap kinclong pastikan selalu membersihkannya langsung usai menggunakannya. Bersihkan sisa makanan yang jatuh atau bahkan menyumpal saringan air. Setelah itu, gosok dengan busa yang ditambahkan sabun cuci piring. Untuk bak cuci dari bahan keramik maupun stainless steel, gunakan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa minyak. Sebaiknya hindari penggunaan cairan mengandung cuka, karena akan merusak kilapnya. 

Demikian beberapa tips agar dapur tetap bersih saat Lebaran. Selamat mempersiapkan

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...