idarzh-CNnlenms

Soto Mie Bogor, Kuliner Yang Mengenyangkan dan Menyehatkan

Soto! Ya, kuliner berkuah satu ini memang khas Indonesia. Hampir setiap wilayah di negeri ini memiliki olahan soto. Demikian pula dengan Bogor yang memiliki olahan soto unik bernama Soto Mie Bogor. Kuliner asli Kota Hujan ini merupakan menu yang bukan saja mengenyangkan, melainkan juga menyehatkan.

Tak dipungkiri, jika dalam setiap sendokan makanan penikmatnya ingin selalu mengutaman rasa. Walau kadang makanan tak cukup mengganjal perut, hal tersebut tak jadi soal asalnya mampu menggugah selera. Kadang pula ada  kuliner  yang sekedar mengenyangkan dan enak rasanya, tetapi kandungan gizinya tak lengkap. Nah, Soto Mie Bogor hadir sebagai menu yang komplit, mengenyangkan sekaligus menyehatkan.

Pasalnya, dalam setiap porsinya terdapat kombinasi bahan-bahan makanan yang sarat akan nilai gizi tinggi, mulai dari yang kaya protein hewani hingga berbagai vitamin. Berbagai makanan yang ‘dicemplungkan’ sebagai isian Soto Mie Bogor antara lain, daging sapi, kikil, usus, urat, babat, risol, kentang atau lobak rebus, mi kuning, tomat, serta kol. Bahan-bahan makanan tersebut lalu disiram degan kuah pedas yang sarat akan rempah.

Hal inilah yang membedakan Soto Mie Bogor dengan soto lain di Nusantara yang umumnya berkuah bening atau santan. Rona merah dari kuah tersebut, tercipta dari campuran cabai merah dalam bumbunya. Pecinta kuliner pedas dijamin bakal semakin senang, lantaran dalam penyajiannya disandingkan dengan sambal yang dibuat dari campuran cabai rawit dan cuka juga jeruk limau. Duh… sudah terbayang pedas dan segarnya bukan?

Menikmati semangkok Soto Mie Bogor kian lengkap dengan kerupuk empik melinjo. Meski makanan yang satu ini banyak ditakuti kebanyakan orang Indonesia lantaran konon takut ‘bikin asam urat’, nyatanya Melinjo memiliki manfaat lain yang tak banyak orang ketahui. Suara.com melansir, emping membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan otak, mengatur suhu tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan juga ginjal.

Wah, sudah menyegarkan, ternyata setiap porsi Soto Mie Bogor juga disajikan dengan kerupuk yang kaya manfaat ya? Hmmm.. lalu dimana tempat menikmati Soto Mie Bogor yang enak? Berikut beberapa tempat diantaranya:

 

1. Soto mie Mang Ohim

Terletak di jalan Taman Cimanggu Raya No.22, Tanah Sereal, Bogor, Soto Mie Mang Ohim adalah salah satu kedai soto mie yang tak pernah sepi pembeli. Kedai ini buka dari pukul 08.00 hingga 20.00. Dengan demikian, Anda pun sangat leluasa datang ke tempat tersebut, apakah ingin sarapan, makan siang atau justru makan malam?

Cukup dengan membayar belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati kuliner seporsi soto mie panas nan menggugah selera penuh dengan potongan daging besar dan lembut dalam setiap gigitannya. Kekhasan dari Soto Mie Mang Ohim adalah Risol bihun yang sengaja digoreng kering agar terasa kriuk-kriuk saat disiram kuah panas.

 

 

2. Soto mie Kesatuan

Satu lagi Soto Mie Bogor yang ramai diserbu pembeli adalah Soto Mie Kesatuan. Sering pula disebut soto Pak Haji Oman, kedai soto mie ini terletak di jalan Rangga Gading No.25, Gudang, Bogor. Soal rasa, tak perlu dipertanyakan! Pengalaman berjualan kuliner selama lebih dari 25 tahun membuat, olahan Soto Mie Pak Haji Oman begitu khas. Walau kedainya tak besar dan ‘apa adanya’, tetapi rasa soto mie racikannya benar-benar Juara!!!!!!

 

Wah.. wah, semakin terbayang-bayang enaknya bukan?! Oleh karena itu, pastikan jangan lupa mencicipi Soto Mie spesial ini saat berkunjung ke Bogor.

Hashtag

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...