idarzh-CNnlenms

Tidak Digoreng, Inilah Fakta Unik Tentang Tauge Goreng

Bogor begitu kaya akan kuliner yang menggugah selera. Asinan Bogor barangkali menjadi makanan khas Kota Hujan yang paling kondang. Selain karena cita rasanya yang unik, kuliner segar itu juga mudah dijumpai di banyak kota di Indonesia. Namun, sebenarnya makanan asli Bogor tak hanya itu lho! Masih ada banyak deretan kuliner asli Bogor lain yang tak kalah enak. Salah satunya adalah Tauge Goreng. Meski namanya memiliki embel-embel ‘goreng’, nyatanya kuliner satu ini nyatanya tak digoreng, lho kok? Ya, berikut inilah fakta unik tentang Tauge Goreng.

 

 

 

NYATANYA DIREBUS

Aneh bin ajaib, barangkali ungkapan ini yang paling pas disematkan pada Tauge Goreng. Bagaimana tidak, tersemat nama ‘goreng’, nyatanya makanan ini diolah sama sekali tidak digoreng, melainkan direbus.

Faktanya, kata goreng diperolah lantaran perebusan tauge yang digunakan dalam kuliner ini menggunakan wajan. Wajan sendiri lebih identik sebagai alat untuk menggoreng dan bukan merebus. Hmmm.. unik ya?!

 

 

 

BUKAN CUMA TAUGE

Mengusung nama tauge goreng, nyatanya makanan ini menyisakan banyak keunikan. Bukan saja pemasakannya yang justru direbus, tauge goreng ternyata bukan berupa kuliner yang berisi tauge saja dalam satu posrinya. Akan tetapi, dalam satu porsi tauge goreng terdapat makanan lain yang turut ‘nyemplung’ antara lain, mie kuning basah, irisan tomat, juga tahu cina yang digoreng dan dipotong-potong.

Unsur karbohidrat pun tak ketinggalan dalam makanan ini. Hal tersebut dijawab dengan hadirnya ketupat yang dipotong-potong untuk memberikan rasa ‘kenyang’ bagi penikmatnya. Tatanan berbagai makanan tersebut, lalu disiram dengan sambal oncom. Sebagai pemanis, diberikan toping berupa daun bawang di atasnya. Slurp…. enaknya!

 

 

 

MUDAH DIJUMPAI

Saat Anda bertandang ke Bogor, pastikan untuk mencicip Tauge Goreng. Pasalnya, selain rasanya yang nikmat, makanan ini pun mudah dijumpai di berbagai sudut Kota Hujan. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam dengan masuk resto atau rumah makan mewah, Anda bahkan bisa mendapatkan jajajan enak satu ini di pinggir-pinggir jalan. Meski dijual di tepi jalan, tetapi rasanya tetaplah ‘bintang lima’. Anda wajib coba!

 

 

 

MUDAH DIBUAT

Cita rasa Tauge Goreng yang khas membuat siapa saja yang pernah mencicipi makanan ketagihan. Tak mengherankan jika warung atau kedai-kedai Tauge Goreng di banyak tempat di Bogor sering kali ramai diserbu pembeli. Para pelancong acapkali tak ketinggalan mengantre untuk mencicipi enaknya Tuge Goreng khas Bogor.

Lalu, bagaimana jika kini berada jauh dari Bogor dan ingin sekali makan Tauge Goreng? Tak perlu khawatir, Anda bisa membuatnya sendiri. Makanan ini sebenarnya menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah diperoleh. Sebut saja seperti tauge sebagai bahan pokoknya, lalu ketupat, daun bawang, mie kuning basah juga irisan tomat.

Kuah atau sambalnya juga mudah dibuat sendiri. Untuk membuat sambal oncom, cukup panaskan minyak lalu tumis bumbu yang harus dihaluskan seperti, bawang merah, bawang putih, cabe rawit juga tauco. Aduk semua bahan tersebut hingga harum dan matang. Daun bawang dan tomat bisa ditambahkan dan diaduk hingga layu. Sambal pun siap disiramkan ke bahan-bahan yang sudah disiapkan. Giliran makan dan menikmati enaknya Tauge Goreng khas Bogor. Bagaimana mudah bukan membuatnya?

Nah, demikian beberapa fakta unik tentang Tauge Goreng. Anda ingin membuatnya saja sendiri atau ingin menahan ‘pengen’ dan lebih baik menikmatinya saat berada di Bogor nanti?

Hashtag

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...