TRANSLATE

Sekba Memang Menggoda

Sekba merupakan salah satu kuliner olahan babi khas China Selatan. Kuliner yang dikenal juga dengan sebutan bektim,  adalah olahan yang terbuat dari jeroan babi mulai dari bagian kuping, lidah, pipi, dengkul, hati, babat, usus, paru, hingga jantung. Tak lupa satu bagian daging yang wajib  diikutsertakan karena kelezatannya yaitu samcan atau dikenal sebagai pork belly.

Bagian-bagian daging tersebut kemudian direbus di dalam kuah berbumbu. Tampilannya mirip dengan semur karena kuahnya berwarna kecokelatan, terbuat dari kecap, bawang putih, dan bumbu-bumbu ramuan Tionghoa. Cita rasa perpaduan dari gurih manis dan asin, dipadukan dengan segarnya perasan jeruk nipis dan dengan aroma bunga lawang*.

Sekba adalah jajanan jalanan yang populer di daerah Pecinan di Indonesia, seperti Gang Gloria di kawasan Glodok. Kawasan ini didominasi kultur Peranakan. Tidak mengherankan jika pilihan-pilihan wisata kulinernya tergolong unik dan berbeda dengan daerah-daerah lainnya.

Menyusuri gang Gloria, Petak Sembilan dan gang-gang ternama lainnya di kisaran Pancoran – Glodok, maka kita akan berjumpa dengan banyak pedagang Sekba. Peralatan penjualnya mirip dengan tukang siomay, menggunakan gerobak ataupun meja kecil dengan panci klasik berukuran besar yang sekbanya terus mengepul.

Para pembeli Sekba dapat memilih sendiri beraneka jenis daging dan jeroan babi, kemudian membayar harga perpotongnya .

Seporsi sekba biasanya terdiri atas tiga jenis jeroan atau daging. Sebagai pelengkap ditawarkan kentang rebus, sayur asin, tahu, dan kadang-kadang juga telur rebus.

*Catatan

Bunga lawang atau Kembang Lawang atau pekak, adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Warnanya cokelat gelap, bentuknya delapan sisi dengan rasa dominan manis.

Bunga lawang umum digunakan sebagai penyedap rasa untuk makanan, sama seperti kulit kayu manis dan bunga cengkih. Bunga lawang banyak dipakai dalam masakan India yang kaya rempah misalnya untuk kari.

Di Indonesia, bunga lawang digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Misalnya saja gulai Aceh, Rendang Minang, dan beberapa jenis masakan Jawa, dan Bali.

Bunga lawang juga sering dimanfaatkan untuk minuman tradisional seperti jamu dan campuran minum teh, diantaranya adalah minuman teh khas Thailand yang merupakan campuran teh hitam dan bubuk bunga lawang. Termasuk Wedang Pekak, minuman tradisional khas Kabupaten Demak.

 

Ingin mencari penjual SEKBA terdekat dari lokasi anda, via Google Maps? Silahkan KLIK DISINI

AYO MAKAN BABI

Ragam Toping Babi Yang Wajib Dicoba Di Bakmi Ncek Legenda

Ada banyak kuliner non halal di Bogor yang siap untuk disantap. Salah satunya adalah bakmi, dimana kuliner satu ini banyak digemari. Kuliner memang banyak menarik banyak pelanggan karena dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Dari waktu ke waktu, banyak penjual bakmi yang mulai berinovasi, yang menawarkan keunikan dan ciri khas. Baca selengkapnya.....

SATE BABI LEZAT

Sate Babi, Salah Satu Kuliner di Bogor Yang Banyak Dicari

Kuliner di Bogor sangat banyak macamnya, dari yang halal hingga yang tidak halal. Oleh sebab itu, tidak mungkin selesai dicoba hanya dalam satu hari. Salah satu menu kuliner non halal yang perlu dicoba oleh adalah sate babi. Bagi sebagian orang, daging yang paling enak sedunia adalah daging babi. Apalagi tekstur daging babi tergolong empuk, dengan cita rasa gurih yang dominan. Salah satu olahan daging babi yang popular adalah sate babi. Olahan daging tersebut merupakan salah satu kuliner di… Baca selengkapnya.....

KETAGIHAN BABI GULING

Tempat Makan Babi Guling Di Bogor

Apa? Mau mencari babi guling di Bogor? Satu pertanyaan yang tampak aneh, di kota yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Pada kenyataannya, meskipun tidak banyak, ada penjual Babi guling di Bogor. Seperti di Warung Popoki by Sherla, yang beralamat di Jl. Pajajaran Indah no.8, Bogor memang beda. Pada tahun 2015, Kota Bogor pernah mendapat predikat sebagai kota Intoleran. Namun pada tahun tahun 2023, Setara Institute memberikan penghargaan Kepemimpinan Toleransi Terbaik tingkat kota kepada Wali… Baca selengkapnya.....