Ngo Hiang, Kuliner Non Halal Bogor yang Legendaris

Kuliner non halal Bogor yang sudah mulai digerus zaman adalah Ngo Hiang. Jika dilihat sekilas, makanan satu ini mirip batagor atau siomay. Ini dikarenakan bagian luar dari Ngo Hiang garing dan disiram saus kacang. Ngo Hiang sendiri merupakan kuliner asli asal China. Setelah masuk ke Kota Bogor, kuliner satu ini disesuaikan dengan selera citarasa lokal.

Pada awalnya Ngo Hiang ini dibuat dari daging babi untuk masyarakat non-muslim. Namun karena peminat dari makanan satu ini cukup tinggi. Maka dibuatlah Ngo Hiang dari daging ayam.  Satu porsi Ngo Hiang terdiri dari campuran acar lobak, kentang rebus, tahu, kentang, dan rolade. Bahan-bahan tersebut disiram dengan saus kacang cokelat yang sebelumnya dicampur dengan tepung sagu.

Untuk umat non-muslim yang sedang berada di Bogor dan ingin menikmati seporsi Ngo Hiang. Tidak perlu kebingungan harus ke mana. Berikut ada beberapa tempat makan kuliner non halal Bogor Ngo Hiang yang terkenal dengan citarasanya.

 

1.Kuliner Miyako

Tempat makan Ngo Hiang pertama berada di Jalan Suryakencana, Bogor yang menyediakan berbagai varian menu. Salah satu menu favorit yang banyak dibeli adalah Ngo Hiang Babi. Untuk menu ini bisa disantap dengan menu lain. Misalnya pangsit penganten dan es cincau hitam segar. Ngo Hiang ditempat ini diberi tambahan kentang, tahu dan wortel.

Selanjutnya jika sudah ditata di dalam wadah akan disiram saus kacang manis. Harga yang dipatok dari Kuliner Miyako untuk seporsi Ngo Hiang pun tidak terlalu mahal. Hal ini tentunya akan membuat pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk makan seporsi Ngo Hiang. Tempat makan ini selalu ramai pengunjung, baik lokal atau non lokal.

 

2.Gang Aut

Ngo Hiang enak lainnya bisa ditemukan di jalan Suryakencana Nomor 309A Bogor Timur. Ngo Hiang asli Gang Aut sendiri termasuk kuliner non halal Bogor yang menjadi legenda. Jika Ngo Hiang lain digoreng garing, maka ditempat makan ini disajikan dengan saus khas. Dimana saus ini mempunyai citarasa manis dan gurih dengan tekstur cukup kental.

Ngo Hiang di Gang Aut ini mempunyai 3 lapisan. Lapisan pertama sangat crunchy, lapisan kedua yang kenyal, dan lapisan terakhir berisi potongan daging. Dari keseluruhan rasa Ngo Hiang ini memang enak dan manis. Makanan ini bisa dimakan bersama nasi jika sedang merasa lapar. Dengan begitu nantinya akan merasa kenyang karena makan Ngo Hiang.

 

3.Rumah Makan Ngo Hiang

Kemudian ada Rumah Makan Ngo Hiang yang berada di Jalan Siliwangi Bogor Jawa Barat. Pengunjung bisa makan ditempat atau membawa pulang. Satu porsi Ngo Hiang yang ditawarkan pun cukup besar. Irisan daging dalam Ngo Hiang ini bisa ditambah telur rebus atau pelengkap lainnya. Kemudian dicampur saus sampai irisan daging terendam.

 

4.Ngo Hiang Khas Bogor

Selanjutnya ada restoran Ngo Hiang Khas Bogor yang berada di jejeran ruko dengan gerobak besar di depan. Ngo Hiang Khas Bogor ini ada di Jalan Suryakencana 154. Kedua restoran ini menyediakan Ngo Hiang daging ayam dan daging babi. Ngo Hiang daging babi dibuat jadi rolade dan dipotong-potong. Potongan daging babi ini ditambah saus kacang kental mirip saus batagor. Harga satu porsi Ngo Hiang ini sendiri pun terjangkau, jadi bisa beramai-ramai untuk makan.

 

5.Ngo Hiang Khas Bogor (Cabang Berbeda)

Terakhir ada di samping toko Roti Unyil Venus, yang mana cabang lain dari tempat makan Ngo Hiang Khas Bogor. Di restoran ini menjual Ngo Hiang daging babi dan daging ayam. Adonan daging dicincang, dicampur tepung, kemudian di goreng. Lalu disiram saus manis dan sayuran. Lokasi restoran ini nyaris tertutup karena bangunannya dihimpit bangunan tinggi.

Meskipun demikian, restoran Ngo Hiang Khas Bogor ini cukup ramai, jadi mudah untuk ditemukan. Di depan restoran ini juga ada penjual kuliner khas Bogor yang lainnya. Salah satunya adalah tauge goreng.

Tempat makan Ngo Hiang memang hampir sebagian berada di kawasan Jalan Suryakencana. Dimana tempat ini memang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan yang ingin mencicipi kuliner Bogor. Nah itulah beberapa tempat makan kuliner non halal Bogor yang bisa dikunjungi untuk merasakan citarasa Ngo Hiang.

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Laksa Bogor Gang Aut, Makanan "Blasteran" Yang Ngetop di Bogor

Soal memanjakan wisatawan, Bogor memang lihai. Tak hanya memikat lewat pesona alam hingga bangunan bersejarah yang dimilikinya, Kota Hujan juga kondang sukses merayu para pelancong dengan kulinernya. Asinan Bogor barangkali adalah makanan Bogor yang paling tenar di banyak telinga masyarakat Indonesia, tetapi ada pula menu lain yang tak kalah enak. Adalah Laksa Bogor Gang Aut, makanan Indonesia yang begitu menggugah selera dan murah harganya. Baca selengkapnya.....

Kopi Cap Oplet, Pencipta Produk Kopi Sekali Seduh Kemasan Modern Di Bogor

Kopi merupakan salah satu komoditas andalan sektor perkebunan yang merupakan penghasil devisa negara, sumber pendapatan petani, penghasil bahan baku industri, dan penyedia lapangan kerja. Selain itu, kopi mempunyai multi fungsi, diantaranya fungsi produksi, fungsi konservasi hidrologi yang ramah lingkungan serta fungsi sosial. Baca selengkapnya.....

Setelah Kota Bogor, Angkringan Semar Kini Buka Di Cibinong

Angkringan Khas Jogja Semar atau biasa disingkat dengan AKJ Semar. Adalah angkringan yang sudah dikenal oleh masyarakat Bogor, karena memiliki 2 cabang yakni: Cabang Museum Peta di Jalan Jenderal Sudirman No 35 Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah dan Cabang Tanah Baru di Jalan Tumenggung Wiradireja No 39, Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Kini, angkringan semar membuka cabang baru di Cibinong, tepatnya di Jalan Raya Alternatif Pemda, Nanggewer, Cibinong, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Baca selengkapnya.....