Nikmati Sensasi Bakso Gulung di Kedai Bragi Bogor

Bakso atau baso adalah jenis kuliner yang dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur lalu ditaburi bawang goreng dan seledri.

Di Indonesia, bakso tergolong kuliner sangat populer oleh sebab itu dapat dapat ditemukan dimana saja , mulai dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Termasuk juga di berbagai pasar swalayan dalam bentuk makanan beku. Selain sebagai makanan utama, bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain dalm bentuk irisan, seperti pada olahan mi goreng, nasi goreng, sop atau capcai.

Walaupun terkenal sebagai makanan sejuta umat di Indonesia, asal mula bakso ternyata dari Tiongkok.  Biasanya dibuat dari daging babi atau makanan laut, warnanya agak kecokelatan dengan bentuk yang tidak selalu bulat. Jika dilihat dari istilahnya yaitu  "Bakso" berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti "daging giling", semakin menguatkan asal dari makanan ini.

Namun karena penjual bakso di Indonesia,  mayoritasnya adalah orang dari Jawa, tepatnya dari Wonogiri dan Malang, maka bakso dianggap berasal dari kedua daerah tersebut. Termasuk sebutannnya yaitu Bakso Malang dan bakso Solo.

Dari semua jenis bakso khas jawa, kepopuleran Bakso Solo menduduki peringkat pertama. Pasalnya, Bakso Solo merupakan usaha turun-temurun dari pedagang Bakso Wonogiri yang anak cucunya  menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Bagaimana dengan bakso asli tiongkok?, secara rasa dan tampilan ada perbedaan yang cukup signifikan diantara kedua jenis bakso tersebut . Disadur dari wikipedia.org, Bakso Malang dan bakso Solo khas Jawa biasa dihidangkan dengan kuah melimpah, sedangkan bakso Bakso asli Tiongkok yang disajikan agak kering.

Begitulah sejarah singkat tentang bakso, namun sesuai perkembangan jaman, bakso juga mengalami banyak peruubahan, hingga muncul dengan berbagi variasi  baik bentuk atau citarasanya. Salah satunya adalah bakso gulung. Yang disebut bakso gulung adalah jenis variasi bakso yang proses pembuatannya digulung hingga bentuknya panjang berbalut kembang tahu.

Kembang tahu atau yuba (bahasa Jepang) yang digunakan adalah produk sampingan dari proses perebusan kedelai yang diambil dari endapan yang terkumpul di permukaan air perebusan. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai tofu skin.

Kembang tahu biasa dijual kering dengan berbagai konsistensi. Berdasarkan kekerasan dan ketebalannya, dikenal di pasaran gohyong (kembang tahu tipis atau ngohiong), kembang tahu batangan, kembang tahu simpul, dan kembang tahu tebal.Pemanfaatannya biasanya sebagai campuran sup tertentu, seperti timlo, atau makanan tumisan seperti cap cay.

Kuliner bakso gulung ini  cukup terkenal di Bogor, salah satu kedai yang menjualnya adalah "Bakso Gulung Bragi.". Lokasinya berada di kawasan  perumahan, tepatnya di Jalan Palayu Raya, Bogor Utara.

Kedai yang ditandai dengan spanduk berwarna kuning dan merah terang ini, menempati bangunan rumah. Tempat meracik baksonya berada di area garasi. Sedangkan tempat untuk menikmati bakso gulungnya berada di teras dan ruang tamu.

Sesuai dengan namanya, menu andalan di kedai ini adalah Bakso Gulung dengan paduan bakso urat, bakso daging, otak-otak, bakso telur atau komplet. Selain bakso gulung juga tersedia Mie ayam, dengan pilihan mie ayam biasa, mie ayam bakso dan mie ayam bakso gulung.

Yang disebut bakso gulung di tempat ini adalah adonan bakso berbentuk persegi panjang yang  dibalut kulit tahu yang nampak berserabut. Bakso yang sudah digulung tersebut akan digoreng dan ditiriskan lalu dimasukkan ke dalam panci rebusan bakso. Teksturnya unik, basonyalembut sedangkan  kembang tahunya  yang sedikit terasa crispy dan kenyal dimulut, keunikan inilah yang bisa bikin ketagihan.

Bakso gulung ini merupakan hasil dari kreasi  Riyadi, pria asli Jombang yang menikah dengan orang Bogor. Ia menjajaki usaha bakso sejak tahun 1990. Saat itu ia masih berjualan bakso biasa, dengan gerobaknya berkeliling di kawasan Bangbarung.

Agar dapt bersaing dengan kedai bakso lainnya,  ia membuat bakso yang sedikit berbeda. Butuh beberapa kali percobaan hinga menemukan racikan yang tepat berupa bakso gulung yang empuk namun tetap padat. Kemudian dipadupadankan dengan kuah bakso yang dengan nuansa gurih.

Riyadi memang kreatif, untuk bakso uratnya disajikan dengan cara diiris dengan teknik tertentu agar berbentuk seprti bunga, kemudian diberi  tambahan cacahan urat.

Cita rasa Bakso Gulung Bragi memang khas. Begitu melahap baksonya, akan timbul sensasi  kenyal di luar dan padat di dalam. Terlebih jika memilih bakso gulung urat yang berserat banyak di dalamnya. Bakso gulung sendiri, sebelum dimasukan ke kuah bakso, terlebih dahulu digoreng, untuk mematangkan kembang tahu tadi. Kembang tahu memang membuat citarasa bakso begitu berbeda dari bakso bulat biasa     

Sementara  untuk varian bakso komplet menghadirkan bakso bulat halus berisi daging cincang dengan adonan baksonya mirip bakso gulung. Sedangkan Bakso Gulung Telur berisi  bakso gulung dan bakso daging. Bedanya ada tambahan bakso besar berisi sebutir telur ayam.


Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

PSSI Kini Punya Bisnis Kuliner

Dengan tujuan utama untuk menyajikan makanan sehat dan bernutrisi, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kini mengelola sebuah cafe yang diberi nama Garuda Cafe. Berada di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, cafe diresmikan pada hari Jumat (9/4/2021), untuk operasionalnya PSSI bekerja sama dengan Fitco, sebuah perusahaan rintisan yang bergerak di bidang 'wellness'. Baca selengkapnya.....

Kopi Nako Tajur, Sensasi Ngopi di Bawah Pohon

Nama Nako merupakan singkatan dari kata nasi dan kopi, berupa sebuah tempat ngopi yang mengangkat konsep alami. Sedangkan Tajur adalah nama sebuah jalan di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, dimana Kopi Nako tersebut berada. Kopi Nako Tajur diklaim berbeda dari beberapa cabang Kopi Nako yang sudah ada. Perbedaannya terletak pada lokasinya yang dikelilingi banyak pohon rindang, sehingga menjadi salah satu outlet Kopi Nako yang ramah lingkungan karena tidak menggunakan Air Conditioner… Baca selengkapnya.....

Tuak Bogor, Minuman Segar Anti Mabuk Dengan Rasa Semu Manis

Jika mendengar kata "Tuak", hampir semua orang membayangkan jenis minuman yang memabukkan. Padahal, pada awalnya memiliki manfaat untuk menghilangkan penat para pekerja berat, atau mengatasi kesulitan tidur. Tentu saja dengan kadar yg secukupnya dan tidak sampai menyebabkan mabuk. Tuak merupakan minuman beralkohol hasil racikan asli masyarakat pesisir Indonesia. Baca selengkapnya.....