TRANSLATE

Bubur Ayam Tasik "Incu Kalektor" Pilihan Yang Tidak Pernah Mengecewakan

Pagi ini melipir daerah gang masjid Cilendek timur. Icip-icip Bubur Ayam Tasik "Incu Kalektor" yang posisinya diantara RedDoorz dan AlfaMart. Sajian khas Tasik dengan buburnya yang gurih ditambah topping suiran Ayam, cakwe, daun bawang dan tambahan ati ampela serta telur rebus untuk menu komplit. Sepertinya ada krez krez asin caipo / tongcai namun tidak banyak. Saya sengaja tidak menanyakan dan minta tambah, karena akan balik lagi dengan minta topping caiponya lebih berlimpah (pengalaman kuliner Muhammad Ichwan Basir).

BBubur Ayam Tasik Incu Kalektor Gang Mesjiid Cilendek Timur Bogor 2ubur ayam adalah salah satu jenis bubur nasi, dibuat dari beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur ayam biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam.

Dilengkapi juga dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kacang tanah goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah.

Bubur ayam kerap menjadi pilihan makanan untuk sarapan, tetapi bubur ayam sebenarnya dapat dimakan kapan saja. Selain sarapan, bubur ayam kerap menjadi pilihan hidangan hangat di tengah malam. Karena teksturnya yang lembut, disajikan hangat-hangat, serta memiliki kandungan gizi yang cukup baik, bubur ayam kerap dijadikan makanan bayi, anak-anak, atau orang sakit yang tengah dirawat untuk pemulihan.

Banyak jenis dan variasi bubur ayam yang ada, tetapi resep paling lazim adalah bubur ayam yang disajikan dengan potongan atau suwiran daging ayam, seledri, ditambah irisan cakwe sebagai pelengkap, lalu diberi kerupuk di atasnya. Kecap asin, kecap manis dan merica menjadi penambah cita rasa yang tak bisa dipisahkan dari makanan yang banyak digemari.

Seledri dan tongcai (sayuran yang diasinkan biasanya terbuat dari lobak) juga bisa ditambahkan untuk mempercantik tampilan dan rasa. Selain itu, bubur ayam dilengkapi pula dengan sate jeroan ayam seperti hati, empela, usus dan telur.

Bubur ayam lazim dijumpai di Indonesia, mulai dari dimasak sendiri di rumah, dijajakan di gerobak pedagang keliling, atau dihidangkan di rumah makan.

Dengan banyaknya orang yang menyukai masakan ini, para pembuat atau pedagang bubur ayam biasanya memiliki ide atau kreasi sendiri, misalnya Bubur Ayam Sukabumi biasanya menambahkan telur ayam kampung mentah yang ditimbun dalam bubur panas hingga termasak setengah matang.

Bubur Ayam Tegal yang menyajikan kuah bumbu kuning yang khas layaknya masakan dari daerah Tegal. Sate usus, hati dan ampela ayam biasanya ditambahkan sebagai hidangan tambahan bubur ayam. Bubur ayam adalah hidangan yang dapat kita tambahkan makanan lain ke dalamnya sesuai selera kita.

Bubur ayam juga menjadi kuliner favorit di Kota Tasikmalaya. Pedagangnya tersebar di banyak tempat di kota ini, mulai dari kelas kaki lima hingga rumah makan.

Satu yang paling terkenal dan legendaris adalah bubur ayam H. Zenal di Jalan Kalektoran Kota Tasikmalaya. Berdiri sejak tahun 1969, bubur ayam racikan H. Zaenal punya keistimewaan. Tekstur buburnya tidak terlalu kental dengan topping melimpah ruah berupa suwiran ayam kampung, ati ayam, cakwe, dan daun bawang.

Keseluruhan topping kabarnya mengisi 45% mangkuk, itu sebabnya harga seporsi bubur ayam H. Zaenal relatif lebih tinggi dibanding bubur di tempat lain. H. Zaenal pertama kali menjajakan buburnya di gerobak keliling pada tahun 1961-1968. Banyak warga menyukai bubur ayam buatannya hingga mendatangi rumah H. Zaenal bila mereka tidak mendapatkannya.

hal tersebut membuat H. Zaenal memutuskan untuk membuka warung bubur ayam sendiri di rumah. Sejak saat itu usahanya terus berkembang dan kini warungnya dikelola sang anak. Buka mulai pukul 6 pagi, warung ini tak pernah sepi membeli. Kalau sedang ramai, pengunjung harus kecewa kehabisan bubur meski waktu baru menunjukkan pukul 12 siang. 

Ingin mencari penjual bubur ayam terdekat dari lokasi anda via Google Maps? Silahkan KLIK DISINI


Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Shawarma Seberang BTM, Kudapan Menggoda Khas Timur Tengah

Masih edisi Bogor gerimis. Lepas beli pancong di gang sebelah SD Empang seberang BTM. Ada kudapan yang menggoda. Shawarma dan Kebab dengan kentang, salada dan pilihan topping daging Ayam , sapi atau campur. Benar-benar jadi sore yg menggoda. (pengalaman kuliner Muhammad Ichwan Basir). Baca selengkapnya.....
  • 9

    AZIZAH ZUPPA SOUP BOGOR

    Hadir di kota hujan guy. Siap menemani suasana nya dengan menu yg begitu menggoda. Paket special: ZUPPA SOUP isi daging ayam+jagung manis PISANG SELIMUT toping keju,susu,meises MACARONI SCOTTEL isi cornet daging sapi &keju Menerima orderan untuk acara pesta/hajatan, arisan, ulang tahun, dll. Untuk order kami ready 24jam guys. Bebas ongkir depan rumah

MAU MAKAN APA?

Laksa Bogor Kampung Cincau, Bukan Jajanan Biasa

Mencari kuliner unik Bogor tidak akan ada habisnya. Sebagai kota yang pernah menjadi tempat favorit Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, Bogor menyimpan sejumlah sejarah yang tidak boleh dilupakan, termasuk juga sejarah yang berkaitan dengan kuliner Bogor. Berbagai makanan dan minuman khas memang sudah ada sejak dahulu di kota Bogor. Salah satu kuliner yang melegenda adalah Laksa Bogor Kampung Cincau. Baca selengkapnya.....
  • 31

    Efra Catering Bogor, Melayani Paket Prasmanan, Nasi kotak, Dan Tumpeng

    Hallo, Foodies , ADA KABAR GEMBIRA !!!! Buat Kalian yang Kangen sama Masakan rumah tapi ga ada waktu buat Masaknya, Atau buat kalian yang bingung setiap hari nya mau makan siang apa Mending Kalian JOIN aja di eFRa Catering Setiap hari Varian menunya beda - beda ya DIJAMIN kalian ga akan Bosen deh Buat kalian yang suka makan siang sendiri kita juga ada paket bento ( siang dan malam)

MENU MINUMAN.....

Es Cincau Siliwangi, Pereda Panas Dalam

Bogor juga punya beragam minuman segar khas daerah, yang bakal melengkapi wisata kuliner Anda. Salah satu destinasi wisata kuliner Bogor yang menawarkan minuman khas Bogor yang patut Anda coba adalah Es Cincau Hijau Siliwangi. Baca selengkapnya.....
  • 46

    Jual Minuman Teh Bandulan Gelas

    Dengan pemanis 100% gula asli, tanpa pemanis buatan, menjadikan komposisi rasa yang segar dan nikmat, bisa dinikmati untuk segala umur. Teh legend sejak tahun 1933 Praktis untuk acara kumpul kumpul, arisan, pengajian, gathering di rumah, kantor dll. Bandulan Teh Hijau (gelas 160ml) : Rp 30,000/dus Bandulan Melati (gelas 160ml) : Rp 27,000/dus #1 dus isi 24 gelas Pengiriman dengan Ojek Online, dari BSI, Bogor Timur, atau bisa COD janjian di seputaran Bogor Timur INSTANT Maksimal 5 dus/ karton…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: