Cumi Bakar Bang Arel Ciomas

Icip-icip "Cumi Bakar Bang Arel" yang berlokasi di Ciomas tepatnya didepan Ruko Pizza Hut dan Yomart. Sate cumi kecil 5K dan Cumi Besar 15 K, ada yang pakai bakso. Setelah cumi dibakar dicelup dengan saos Barbeque saya pilih yang pedas. Malam gerimis pun jadi hangat (pengalaman kuliner Muhammad Ichwan Basir

Cumi Bakar Bang Arel Ciomas Bogor 1Cumi-cumi adalah salah satu produk perikanan yang ekonomis dan banyak diminati di pasaran terutama di wilayah Asia seperti Jepang, Korea, Taiwan, dan Filipina. Cumi atau squid merupakan hewan laut jenis cephalopoda, masih  satu kelompok besar dengan gurita (octopus) dan sotong (cuttlefish).

Sistem saraf pusatnya berada di kepala, mirip otak.  Untuk  bergerak, Cumi-cumi menggunakan lengan yang disebut tentakel yang juga berfungsi untuk menangkap mangsanya.

Sedangkan untuk melindungi tubuhnya yang lembut dan tidak memiliki tulang belakang,  hewan ini menggunakan  tinta yang akan disemburkan pada saat merasa dalam bahaya, sehingga dapat melarikan diri dari pemangsanya.

Cumi-cumi, kini dilihat sebagai hewan yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia, karena kandungan nutrisi mulai dari daging hingga tintanya.

Berdasarkan penelitian, Daging cumi-cumi memiliki kandungan protein tinggi, rendah lemak, berbagai jenis asam amino esensial seperti leusin, lisin, dan fenilalanin yang diperlukan oleh tubuh, asam lemak tidak jenuh seperti EPA dan DHA yang diyakini mampu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, stroke, dan penyakit jantung, serta asam lemak tidak jenuh (polyunsaturated fatty acid) yang dibutuhkan untuk mengatasi penyakit arteriosclerosis.

Selain itu ada asam lemak omega-3, yang memiliki peranan penting dalam proses metabolisme tubuh manusia.

Hasil penelitian asam lemak pada cumi ini juga terbukti dapat menekan kandungan kolesterol di dalam darah jauh lebih rendah dibanding dengan menggunakan asam lemak tidak jenuh yang lain. Kandungan lainnya adalah beberapa mineral seperti fosfor dan Asam amino essensial seperti lysine yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang khususnya bagi anak-anak. 

Tinta cumi-cumi berwarna yang berwarna gelap,  berdasarkan penelitian ternyata mengandung melanin alamiberupa butir-butir pigmen hitam yang merupakan melanoprotein dengan kandungan 10—15 persen protein. Melanin ini dalam tubuh manusia berfungsi untuk mengikat protein melalui asam amino yang mengandung sulfur, untuk mencegah kanker.

Kandungan lainnya adalah peptidoglycan yang didalamnya terdapat illexin,  zat antikanker dan antitumor. Oleh karenanya, cumi-cumi bermanfaat untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker ataupun tumor di dalam tubuh.

Sumber: tribunnewswiki.com

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Setelah Talas Bogor Terkenal, Kini Giliran Talas Toimo

Selain dikenal sebagai kota hujan, Bogor bisa juga pantas disebut kota talas. Di Bogor tumbuh tanaman talas khas Bogor yang enak sekali rasanya. Orang menyebutnya talas bogor. Tanaman ini termasuk golongan umbi-umbian.Nama ilmiahnya adalah Colocasia esculenta. Tanaman ini tidak mengenal musim. Ia tumbuh sepanjang tahun, sehingga talas selalu tersedia. Baca selengkapnya.....

Chiclets, Permen Karet Legendaris Kelas Dunia

Era tahun 1980 merupakan awal dari berbagai perubahan dari klasik menuju era modern. Banyak hal baru yang dirintis di era ini. Mulai dari film, musik hingga jajanan. Salah satu jajanan yang tak lekang dimakan jaman adalah permen. Bukan hanya menjadi kegemaran anak kecil, orang dewasa hingga lanjut usia pun sangat menyukai permen. Bagi yang menghabiskan masa kecilnya di tahun 1980an, tentu saja sudah tidak asing dengan Chiclets bukan? Baca selengkapnya.....
tradisi pada saat bulan puasa ramadhan

Nikmatnya Berbuka Puasa Ramadhan Dengan Gulai Kambing di Masjid Gedhe Kauman

Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, bisa dipahami jika Indonesia kemudian memiliki banyak tradisi bernafaskan Islami yang tersebar di berbagai penjuru negeri. Keragaman suku, perbedaan wilayah yang berpulau-pulau hingga perbedaan persebaran Islam di setiap wilayah membuat keragaman tradisi tidak terhindarkan. Diantara tradisi yang mendarah daging sehubungan dengan budaya bernafaskan Islam adalah tradisi menyuguhkan menu tertentu sebagai takjil pada bulan puasa… Baca selengkapnya.....