TRANSLATE

Es Cincau Siliwangi, Pereda Panas Dalam

 

Bogor juga punya beragam minuman segar khas daerah, yang bakal melengkapi wisata kuliner Anda. Salah satu destinasi wisata kuliner Bogor yang menawarkan minuman khas Bogor yang patut Anda coba adalah Es Cincau Hijau Siliwangi.

 

ASAL USUL ES CINCAU

Es cincau hijau pasti bukan sajian yang aneh dan langka di Indonesia. Minuman kesehatan khas daerah yang satu ini dapat Anda temui di setiap daerah, baik di pedagang kaki lima hingga di restoran mewah.

Beda daerah, beda pula cara penyajiannya. Ada yang masih bertahan dengan gaya lama, yakni dengan mencampurkan perpaduan santan kelapa, cincau, gula merah, serta es serut, ada pula yang mulai memadukannya dengan minuman masa kini seperti cappucinno, atau mengombinasikannya dengan beragam buah segar seperti yang dapat kita temui pada Es Cincau Lampung. Mau disajikan dengan cara apapun, es cincau akan tetap terasa enak, bukan?

Nah, ngomong-ngomong tentang es cincau, apakah Anda sudah tahu asal-usul cincau serta manfaatnya bagi kesehatan?

Es cincau berasal dari daerah di daratan Tiongkok, namanya merupakan bahasa Hokkian untuk merujuk pada tumbuhan Mesona yang diolah menjadi bahan makanan dan minuman segar oleh masyarakat di daratan Tiongkok dan sekitarnya. Masyarakat Indonesia sendiri mengenal dua jenis cincau, yakni cincau hitam dan cincau hijau yang berbeda.

Cincau hitam merupakan jenis cincau yang lazim ditemukan di negara-negara Asia Timur seperti Tiongkok, Korea, dan sejumlah negara Asia Tenggara. Sementara, cincau hijau lebih banyak diproduksi oleh para produsen lokal di daerah Bandung, Bogor, serta kota-kota lain di Jawa Barat.

Baik cincau hijau dan hitam banyak ditemukan pada minuman seperti es cincau, cendol, serta es campur. Cara pembuatan cincau hijau dan hitam pun sebenarnya berbeda, namun rasa, tekstur, dan manfaatnya tetap sama. Cincau banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan minuman kesehatan khas daerah, karena memiliki efek yang menyejukkan serta mampu meredakan panas dalam.

 

 

ES CINCAU BOGOR

Salah satu es cincau yang terkenal di wilayah Bogor adalah Es Cincau Hijau Siliwangi. Saking terkenal enaknya, Es cincau Hijau Siliwangi banyak direkomendasikan para pecinta kuliner sebagai salah satu makanan enak di Bogor. Tentunya, tidak heran bukan jika banyak orang yang rela mengantre untuk sekadar jajan dan menikmati segarnya es cincau yang satu ini?

Es cincau yang nikmat ini disajikan dengan santan encer yang akan semakin terasa menyegarkan dengan tambahan manisnya gula merah atau sirop cocopandan dan es serut. Sudah terbayang bagaimana segarnya es cincau hijau ini ketika diminum di tengah udara panas? Membayangkannya saja sudah bikin menelan ludah, ya.

Daripada berimajinasi membayangkan enaknya Es Cincau Hijau Siliwangi, untuk Anda yang sedang berada di Bogor lebih baik langsung datang ke lokasinya yang berada di Jalan Siliwangi, Sukasari, Bogor. Kedai Es Cincau Hijau Siliwangi ini terletak persis di depan Asinan Sedap Gedong Dalam. Jadi, setelah berbelanja asinan untuk buah tangan, Anda bisa mampir untuk sekadar melepas dahaga dengan Es Cincau Hijau Siliwangi. 

Ingin mencari penjual ES CINCAU BOGOR terdekat dari lokasi anda, via Google Maps? Silahkan KLIK DISINI

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Makaroni Panggang, Makanan Italia Paling Top di Bogor

Pernah ke Bogor? Sudah menjajal makanan khas apa saja di Kota Hujan ini? Teman-teman, ada banyak tempat makan yang menyediakan kuliner lezat yang bisa Anda sambangi lho di Bogor. Salah satunya adalah Makaroni Panggang. Sesuai dengan namanya, resto yang satu ini tentu saja menyediakan makaroni panggang sebagai menu utamanya. Baca selengkapnya.....
  • 17

    Cheesecuit Dessert 200ml

    Varian: Matcha Oreo, Cokelat Oreo, Strawberry (New Varian). Ready Sabtu & Minggu. Pembelian 3 free Ongkir.

MAU MAKAN APA?

Bubur Ayam Kabita, Buka Sejak Tahun 1971 Tetap Eksis Sampai Sekarang

Siapa yang belum pernah menjajal makanan khas Indonesia yang diberi nama bubur ayam? Ya, panganan berbahan dasar beras ini memang digemari beragam kalangan karena rasanya yang nikmat dan cocok di lidah siapa saja yang mencicipinya. Bubur ini dinamakan bubur ayam karena dalam penyajiannya memang ditaburi dengan suwiran ayam goreng. Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Manfaat Es Tebu, Jajanan Pinggir Jalan yang Menyehatkan

Minuman es tebu sangat cocok dikonsumsi untuk menghilangkan dahaga saat cuaca panas. Ya, di tengah maraknya berbagai minuman modern dengan beragam rasa, warna, bentuk, dan campuran, minuman segar es air tebu tetap memiliki tempat tersendiri. Peminat minuman manis yang berasal dari tebu yang digiling langsung ini ternyata masih banyak. Baca selengkapnya.....
  • 46

    Jual Minuman Teh Bandulan Gelas

    Dengan pemanis 100% gula asli, tanpa pemanis buatan, menjadikan komposisi rasa yang segar dan nikmat, bisa dinikmati untuk segala umur. Teh legend sejak tahun 1933 Praktis untuk acara kumpul kumpul, arisan, pengajian, gathering di rumah, kantor dll. Bandulan Teh Hijau (gelas 160ml) : Rp 30,000/dus Bandulan Melati (gelas 160ml) : Rp 27,000/dus #1 dus isi 24 gelas Pengiriman dengan Ojek Online, dari BSI, Bogor Timur, atau bisa COD janjian di seputaran Bogor Timur INSTANT Maksimal 5 dus/ karton…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: