Es Cincau Siliwangi

Bogor juga punya beragam minuman segar khas daerah, yang bakal melengkapi wisata kuliner Anda. Salah satu destinasi wisata kuliner Bogor yang menawarkan minuman khas Bogor yang patut Anda coba adalah Es Cincau Hijau Siliwangi.

 

ASAL USUL ES CINCAU

Es cincau hijau pasti bukan sajian yang aneh dan langka di Indonesia. Minuman kesehatan khas daerah yang satu ini dapat Anda temui di setiap daerah, baik di pedagang kaki lima hingga di restoran mewah.

Beda daerah, beda pula cara penyajiannya. Ada yang masih bertahan dengan gaya lama, yakni dengan mencampurkan perpaduan santan kelapa, cincau, gula merah, serta es serut, ada pula yang mulai memadukannya dengan minuman masa kini seperti cappucinno, atau mengombinasikannya dengan beragam buah segar seperti yang dapat kita temui pada Es Cincau Lampung. Mau disajikan dengan cara apapun, es cincau akan tetap terasa enak, bukan?

Nah, ngomong-ngomong tentang es cincau, apakah Anda sudah tahu asal-usul cincau serta manfaatnya bagi kesehatan?

Es cincau berasal dari daerah di daratan Tiongkok, namanya merupakan bahasa Hokkian untuk merujuk pada tumbuhan Mesona yang diolah menjadi bahan makanan dan minuman segar oleh masyarakat di daratan Tiongkok dan sekitarnya. Masyarakat Indonesia sendiri mengenal dua jenis cincau, yakni cincau hitam dan cincau hijau yang berbeda.

Cincau hitam merupakan jenis cincau yang lazim ditemukan di negara-negara Asia Timur seperti Tiongkok, Korea, dan sejumlah negara Asia Tenggara. Sementara, cincau hijau lebih banyak diproduksi oleh para produsen lokal di daerah Bandung, Bogor, serta kota-kota lain di Jawa Barat.

Baik cincau hijau dan hitam banyak ditemukan pada minuman seperti es cincau, cendol, serta es campur. Cara pembuatan cincau hijau dan hitam pun sebenarnya berbeda, namun rasa, tekstur, dan manfaatnya tetap sama. Cincau banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan minuman kesehatan khas daerah, karena memiliki efek yang menyejukkan serta mampu meredakan panas dalam.

 

 

ES CINCAU BOGOR

Salah satu es cincau yang terkenal di wilayah Bogor adalah Es Cincau Hijau Siliwangi. Saking terkenal enaknya, Es cincau Hijau Siliwangi banyak direkomendasikan para pecinta kuliner sebagai salah satu makanan enak di Bogor. Tentunya, tidak heran bukan jika banyak orang yang rela mengantre untuk sekadar jajan dan menikmati segarnya es cincau yang satu ini?

Es cincau yang nikmat ini disajikan dengan santan encer yang akan semakin terasa menyegarkan dengan tambahan manisnya gula merah atau sirop cocopandan dan es serut. Sudah terbayang bagaimana segarnya es cincau hijau ini ketika diminum di tengah udara panas? Membayangkannya saja sudah bikin menelan ludah, ya.

Daripada berimajinasi membayangkan enaknya Es Cincau Hijau Siliwangi, untuk Anda yang sedang berada di Bogor lebih baik langsung datang ke lokasinya yang berada di Jalan Siliwangi, Sukasari, Bogor. Kedai Es Cincau Hijau Siliwangi ini terletak persis di depan Asinan Sedap Gedong Dalam. Jadi, setelah berbelanja asinan untuk buah tangan, Anda bisa mampir untuk sekadar melepas dahaga dengan Es Cincau Hijau Siliwangi.

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Ngo Hiang, Kuliner Non Halal Bogor yang Legendaris

Kuliner non halal Bogor yang sudah mulai digerus zaman adalah Ngo Hiang. Jika dilihat sekilas, makanan satu ini mirip batagor atau siomay. Ini dikarenakan bagian luar dari Ngo Hiang garing dan disiram saus kacang. Ngo Hiang sendiri merupakan kuliner asli asal China. Setelah masuk ke Kota Bogor, kuliner satu ini disesuaikan dengan selera citarasa lokal. Baca selengkapnya.....
buka puasa ramadhan

Ini Dia 5 Jenis Makanan Jadul Untuk Buka Puasa Ramadhan Yang Tetap Diburu

Dengan banyaknya penduduk Muslim di penjuru Nusantara, tak heran jika terdapat begitu banyak keragaman yang dimiliki warga di berbagai daerah dalam menyambut waktu-waktu istimewa umat Islam. Terutama pada sajian makanannya, boleh dibilang kuliner merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan saat bulan puasa Ramadhan. Rupa-rupanya setiap daerah di seluruh Indonesia memiliki aneka makanan jaman dulu yang hanya muncul saat Ramadhan saja. Baca selengkapnya.....

Mie Ayam Yamin Bangkalan Jalan Mawar

Setelah penasaran sekian lama akhirnya bisa mencicipi mie ayam ini yang sempat viral du Bogor . Jenis mie ayam yamin yang tidak dipakai kan kecap manis. Harga 1 porsi mie ayam original 14ribu. Sedangkan yang komplit pakai ceker dan pangsit basah 18 ribu. Potongan ayamnya besar-besar dan rasa mienya tidak mengecewakan. Cuma harus sabar ya soalnya antri dan kita harus ambil pesanan kita sendiri bukan diantarkan ke meja kita. Sekarang mereka sudah menempati ruko dan tempatnya nyaman, bukan di… Baca selengkapnya.....