Kwetiau Sapi Pontianak Ameng, Jalan Pandawa Bogor

Akhirnya kesampaian juga nyobain kwetiau sapi pontianak Ameng yang di jalan Pandawa Bantarjati,  seberang jambu 2. Ternyata rasanya sesuai ekspektasi. Pesan kwetiau goreng sapi, porsinya banyak dan sangat mengenyangkan. Harganya 35rb. Irisan daging dan urat sapinya pun lumayan banyak. Makin lezat dengan acar cabe rawit dan juga sambal khasnya yang pedas asam. Ini halal ya (pengalaman kuliner Novita Meyhuang).

Kwetiau, adalah sejenis mie Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. Kwetiau pada umumnya identik dengan orang Tionghoa etnis Hokkian dan Tio Ciu. Di Indonesia, kwetiau juga dibedakan menjadi masakan etnis Hokkian dan masakan etnis Tio Ciu. Kwetiau yang terkenal di kalangan Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatra adalah Kwetiau Medan yang memakai bakso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek.

Sedangkan Kwetiau yang terkenal di kalangan etnis Tio Ciu seperti yang banyak berdiam di Kalimantan,  adalah kwetiau sapi yang memakai daging sapi beserta jeroannya seperti babat.

Kwetiau memang cukup populer di Indonesia. Mulai dari restoran yang menonjolkan cita rasa China atau Chinese food hingga pedagang kaki lima, semua menyuguhkan kwetiau dengan sensasi masing-masing. Mi gepeng ini dulu disantap orang-orang kelas pekerja atau buruh. Namun, sekarang semakin populer di banyak kalangan. Tak hanya komunitas Tionghoa di Indonesia.

Di Pontianak, kwetiau dimasak dengan menggunakan banyak bawang, untuk yang halal, menggunakan daging dan jeroan sapi. Ada beragam olahan kwetiau khas Pontianak, di antaranya kwetiau goreng dan rebus, yam kwetiau dan bun kwetiau.

Yam kwetiau disajikan lebih berminyak tapi tidak digoreng. Kwetiau ini biasanya dicampur tauge lalu ditambah minyak bawang putih, cuka, kecap ikan, serta topping pelengkap yakni daging dan jeroan.

Sedangkan kwetiau bun lebih mirip kwetiau goreng. Yang membedakan, kwetiau bun lebih basah atau nyemek. Ini karena kwetiau dimasak dengan kocokan telur dan diguyur sedikit kuah, baru  dihidangkan. Sementara kwetiau goreng sama sekali tidak diberi kuah.

Untuk kelwzatannya, beberapa kedai penjual  kwetiau menambahkan kecap ikan pada olahannya. Bukan kecap ikan biasa, melainkan kecap ikan  yang diproduksi langsung oleh masyarakat lokal di Pontianak.

Demikian juga dengan telur, ada juga yang menambahkannya. Namun ada sedikit perbedaan, antara kwetiau  di Jakarta dan di lokasi aslinya. Di Jakarta, telur dibikin orak-arik dan dicampur aduk dengan masakannya. Sedangkan di Pontianak, masyarakat akan meminta telur itu dimasak terpisah, dengan didadar (diaduk kemudian digoreng) atau diceplok (telur dipecahkan langsung di atas penggorengan sehingga membentuk mata sapi). Namun sama-sama menjadi lauk tambahan.

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Nikmatnya Terong Goreng di Ayam Cipo Bogor

Terung ialah tumbuhan pangan yang ditanam untuk diambil buahnya. Asal usulnya sari bagian selatan dan timur Asia sejak zaman prasejarah, tetapi baru dikenal di dunia Barat tidak lebih awal dari sekitar tahun 1500. Terong terkenal dengan cita rasanya yang khas dan tekstur dagingnya yang lembut. Umumnya terong dijadikan bahan dalam olahan sayur, lalapan, dioseng dan digoreng. Di Bogor ada salah satu kedai makan yang terong gorengnya menjadi menu favorit, yaitu di Ayam Cipo Bogor. Baca selengkapnya.....

Inilah Sejarah Makanan Jaman Dulu Yang Disebut Wedang Tahu

Wedang tahu adalah makanan jaman dulu dengan cita rasa manis, beraroma jahe dan berisi kembang tahu yang dibuat dari sari kedelai. Berdasarkan tulisan dari Dosen sejarah Universitas Sanata Dharma, Heri Priyatmoko, berjudul Silang Sejarah dan Budaya yang diterbitkan di Koran Jakarta tahun 2015, wedang tahu adalah kuliner khas Semarang walaupun bukan asli dari Semarang. Baca selengkapnya.....

Cungkring: Olahan Kikil Dengan Saus Kacang Khas Bogor

Bicara mengenai wisata kuliner legendaris di Bogor, rasanya belum lengkap jika tak membahas Jalan Surya Kencana. Sebab, kawasan chinatown ini menawarkan berbagai macam jenis kuliner mulai dari yang halal hingga non-halal. Jalan Surya Kencana yang membentang sepanjang kurang lebih 1 km ini dipenuhi dengan jenis kuliner yang sudah berusia puluhan tahun. Kebanyakan pedagang di jalan tersebut juga sudah berjualan selama puluhan tahun. Salah satunya adalah pedagang cungkring. Baca selengkapnya.....