TRANSLATE

Lumpia Basah, Camilan Enak Yang Dipengaruhi Kebudayaan Tionghoa

Kota yang terletak di wilayah Pulau Jawa bagian barat ini juga lekat dengan kemahsyuran beragam makanan khas yang sering dicari secara online dengan keyword "jajanan enak di Bogor". Nah, jika kebetulan Anda mampir ke Bogor dan sedang mencari referensi panganan untuk disantap di lokasi atau bahkan dibawa pulang sebagai buah tangan, mampirlah ke kedai Lumpia Basah Suryakencana.

Lumpia, jajanan ini berbalut kulit dari tepung, berisi rebung atau bambu muda dengan cincangan daging udang ini memang biasanya ditemui di Kota Semarang. Lalu apa sih yang membedakan lumpia khas Semarang dengan yang lumpia basah Suryakencana yang ada di Bogor? Tentu saja isi dan penyajiannya.

 

 

Asal Mula Lumpia Basah Suryakencana

Makanan yang satu ini sendiri memang berasal dari Semarang, yakni sekitar tahun 1970-an yang dijajakan di kawasan pecinan Semarang. Nah, salah satu penggagasnya adalah nenek dari Ernes (Ernes adalah nama cucu dari generasi ketiga yang menjual lumpia Bogor sejak 1972 silam).

Meski dari segi tampilan berbeda, baik lumpia Semarang maupun Bogor sama-sama dipengaruhi oleh kebudayaan Tionghoa yang cukup kuat. Maka tidak mengherankan kalau perkembangan pesat kuliner gurih yang satu ini dimulai dari kawasan pecinannya.

Semakin ke sini, pamor salah satu jajanan enak di Bogor ini pun kian naik. Sekarang jajanan yang satu ini bisa dengan mudah ditemui di mana-mana, di kantin sekolah, di jalanan, di rumah makan, bahkan di restoran-restoran besar. Namun yang tertua dan masih cukup eksis keberadaannya hingga sekarang hanya Lumpia Bogor Surya Kencana, kedai lumpia khas Bogor milik keluarga Ernes.

 

 

Apa Bedanya Lumpia Basah Bogor dengan Lumpia Semarang?

Di awal tadi sudah sedikit disinggung mengenai perbedaan lumpia Bogor dan Semarang, yaitu pada penampilannya. Kalau lumpia Semarang umumnya berisi rebung, telur, dan cacahan udang, lumpia Bogor biasanya diisi dengan cacahan bengkuang, taoge, tahu, ebi giling, serta telur.

Rahasia lain yang membedakan lumpia Bogor Suryakencana dengan lumpia lain adalah cara memasaknya yang tidak biasa. Selain tidak menggunakan penyedap apa pun dalam masakan, Ernes juga masih memanfaatkan arang sebagai media untuk memasak lumpia buatannya. Cara memasak makanan seperti ini memang warisan turun-temurun dari neneknya. Bahkan lumpianya tidak digulung dan digoreng, tapi disajikan di atas adonan kulit pisang, karenanya lumpia ini disebut lumpia basah.

Selain menjaga resep dan kualitas, Ernes sendiri mengaku kalau salah satu rahasia yang membuat lumpianya banyak disukai orang adalah kulit lumpia yang dibuat oleh keluarganya sendiri menggunakan adonan telur dan mentega. Kulit ini tidak sama dengan yang tersedia di pasar yang kebanyakan tidak gurih dan kurang lezat ketika diolah.

Dalam satu hari, pemilik Lumpia Basah Suryakencana mengaku bisa melayani hingga 300 sampai 400 porsi, dengan harga satu porsi Rp12.000,00 saja. Atau mau membeli kulitnya saja untuk berkesperimen di dapur rumah? Boleh, banyak juga lho ibu-ibu yang membeli kulitnya saja untuk membuat aneka makanan di rumah.

Nah, jika Anda tertarik mencicipi jajanan enak di Bogor yang satu ini, datanglah ke gerobak hijau lumpia ini yang terletak di depan Ngo Hiang, Jalan Suryakencana no 307, Bogor, pukul 9 pagi sampai 6 sore saja. Ketika tiba di lokasi, Anda akan langsung disambut dengan aroma lezat lumpia basah yang super menggiurkan. 

Ingin mencari penjual LUMPIA BASAH terdekat dari lokasi anda, via Google Maps? Silahkan KLIK DISINI

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Seblak, Jajanan Sejuta Umat

Sebelum menuai popularitas sebagai makanan halal yang paling digandrungi, rupanya perkembangan kuliner seblak telah melalui serangkaian perjalanan panjang sebelum akhirnya mulai dikenal. Boleh dibilang, saat ini nyaris seluruh orang Indonesia mengenal jajanan yang identik dengan rasa pedasnya ini. Apabila meruntut dari asal muasalnya sendiri, jajanan ini mirip dengan penganan kerupuk godog asal Sumpiuh, Jawa Tengah yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 1940-an. Baca selengkapnya.....
  • 17

    Cheesecuit Dessert 200ml

    Varian: Matcha Oreo, Cokelat Oreo, Strawberry (New Varian). Ready Sabtu & Minggu. Pembelian 3 free Ongkir.

MAU MAKAN APA?

Mie Pangsit Dirgahayu Sukasari, Alternatif Pilihan Mie Ayam

Mie ini bertekstur kenyal, kecil dan sedikit keriting. Disajikan dengan potongan daging kecap yang empuk. Semakin lengkap dengan bakso sapi dan pangsit rebus.Lokasi Mie Bakso Dirgahayu (NonHalal). RT.01/RW.07, Sukasari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor (Pengalaman kuliner Rachmat) Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Asal Usul Minuman Dalgona Yang Viral di Media Sosial

Dalgona Yang Viral di Media Sosial, Iini Asal Usulnya

Dalgona atau ppopgi dalam bahasa Korea adalah sebutan untuk permen lembut seperti lolipop dengan stiknya. Dalgona memiliki banyak nama lain seperti honeycomb candy, sponge toffee, atau cinder toffee, yang berasal dari bentuknya yang memiliki lubang-lubang udara yang menyerupai sarang lebah. Asal-usul Dalgona konon kabarnya berasal dari Busan di tahun 1960-an. Baca selengkapnya.....
  • 46

    Jual Minuman Teh Bandulan Gelas

    Dengan pemanis 100% gula asli, tanpa pemanis buatan, menjadikan komposisi rasa yang segar dan nikmat, bisa dinikmati untuk segala umur. Teh legend sejak tahun 1933 Praktis untuk acara kumpul kumpul, arisan, pengajian, gathering di rumah, kantor dll. Bandulan Teh Hijau (gelas 160ml) : Rp 30,000/dus Bandulan Melati (gelas 160ml) : Rp 27,000/dus #1 dus isi 24 gelas Pengiriman dengan Ojek Online, dari BSI, Bogor Timur, atau bisa COD janjian di seputaran Bogor Timur INSTANT Maksimal 5 dus/ karton…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: