Lumpia Basah Ko Alok Bogor, Sensasi Rasa Pedas Manis dan Gurih

Jajanan yang digoreng adalah camilan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Lumpia. Walaupun sudah lama dikenal oleh masyarakat kita, Lumpia bukanlah kuliner asli Indonesia namuan diperkenalkan oleh bangsa Tionghoa. Secara umum, definisi dari Lumpia mengacu pada jenis kuliner dari Semarang yaitu jajanan berbalut kulit dari tepung, berisikan rebung atau bambu muda dengan cincangan udang. 

Namun di daerah lain isiannya berbeda, sebagai contoh adalah lumpia yang banyak dijual di  seputaran Kota Bandung. Lumpia Bandung berisi: telur, ayam, dan tauge dengan 2 pilihan cara mengolah yaitu digoreng dan lumpia basah (kulit tidak digoreng)

lumpia basah ko alok 3Beerbeda pula di Bogor, isiannya merupakan campuran dari cacahan bengkuang, tauge, tahu kuning, ebi giling juga telur. Kemudian disajikan di atas adonan kulit tanpa proses penggorengan, oleh karena itu disebut sebagai  lumpia basah.

Langkah-langkah memasak Lumpia Basah khas Bogor adalah dengan memasukkan semua bahan isi kedalam kuali, dan diberi bumbu, kemudian di sangrai diatas bara arang, setelah mengeluarkan wangi ebi yang khas, baru dimasukkan taoge agar tetap renyah.

Sambil menunggu isian tersebut matang, kulit lumpia pun ditata di atas daun pisang, kemudian isian yang telah matang diletakan diatasnya. Kulit lumpia tersebut tidak digulung, melainkan dilipat hingga menyerupai bantal.

Cara menikmatinya dengan merobek kulit lumpia hingga isinya menyeruak keluar dan disantap menggunakan sumpit.

Salah satu yang cukup terkenal adalah Lumpia Basah Ko Alok, yang membuka gerainya pada tahun 1991 dan terus bertahan hingga saat ini. Mempertahankan resep tanpa penyedap rasa dan cara masak tradisional, kelezatan Lumpia Basah Ko Alok berasal dari racikan bumbu yang komposisinya telah teruji melalui lidah para penggemarnya.

Dimasak dadakan dan langsung disantap selagi hangat, sensasi rasa Lumpia Basah Ko Alok Bogor memang luar biasa. Perpaduan cita rasa yang kuat, manis, gurih dan aroma rempah langsung terasa saat menyentuh lidah. Jika pertama kali mencicipinya, ada rasa unik yang membuat Anda ketagihan untuk menikmatinya lagi.

Tekstur renyah dari bengkuang dan tauge sangat terasa, apalagi perpaduan ebi dan bumbu-bumbu lainnya mampu membuat  lidah menari. Diperkuat oleh kulit lumpia buatan sendiri yang menggunakan mentega dan telur, sungguh terasa gurihnya. 

lumpia basah ko alok 1

 

LUMPIA BASAH KO ALOK

Alamat Jl. Siliwangi No.27.C, RT.02/RW.02, Sukasari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16142
Nomer Telepon :0818-473-726
Panduan:Panduan Via GOOGLE MAP 

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Cungkring: Olahan Kikil Dengan Saus Kacang Khas Bogor

Bicara mengenai wisata kuliner legendaris di Bogor, rasanya belum lengkap jika tak membahas Jalan Surya Kencana. Sebab, kawasan chinatown ini menawarkan berbagai macam jenis kuliner mulai dari yang halal hingga non-halal. Jalan Surya Kencana yang membentang sepanjang kurang lebih 1 km ini dipenuhi dengan jenis kuliner yang sudah berusia puluhan tahun. Kebanyakan pedagang di jalan tersebut juga sudah berjualan selama puluhan tahun. Salah satunya adalah pedagang cungkring. Baca selengkapnya.....
kue kontol sapi

Disebut Risih, Dicicip Enak: Inilah Uniknya Kue Kontol Sapi Khas Cilegon

Membicarakan soal kuliner, Indonesia memang sangat kaya. Dari ujung barat di Sabang, Aceh hingga ujung timur di Merauke, Papua, dari ujung utara di Miangas, Sulawesi Utara hingga Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur (NTT), masing-masing memiliki kuliner tradisional. Demikian pula dengan Kabupaten Cilegon yang memiliki makanan unik namanya. Disebut memang cukup risih, terlebih jika wanita yang menyebutnya, ketika dicicip ternyata enaknya bikin nagih. Baca selengkapnya.....

Buka Sejak Tahun 1971, Kedai Makanan Bubur Ayam Ini Tetap Eksis

Siapa yang belum pernah menjajal makanan khas Indonesia yang diberi nama bubur ayam? Ya, panganan berbahan dasar beras ini memang digemari beragam kalangan karena rasanya yang nikmat dan cocok di lidah siapa saja yang mencicipinya. Bubur ini dinamakan bubur ayam karena dalam penyajiannya memang ditaburi dengan suwiran ayam goreng. Baca selengkapnya.....