TRANSLATE

Manfaat Es Tebu, Jajanan Pinggir Jalan yang Menyehatkan

Minuman es tebu sangat cocok dikonsumsi untuk menghilangkan dahaga saat cuaca panas. Ya, di tengah maraknya berbagai minuman modern dengan beragam rasa, warna, bentuk, dan campuran, minuman segar es air tebu tetap memiliki tempat tersendiri. Peminat minuman manis yang berasal dari tebu yang digiling langsung ini ternyata masih banyak.

Minuman ini berasal dari batang tebu yang diperas hingga menghasilkan sari tebu yang manis. Sari tebu yang dihasilkan kemudian disajikan dengan tambahan es dan perasan lemon untuk menambah kesegarannya. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, minuman legendaris ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Proses pembuatannya cukup sederhana, sehingga nutrisi yang terkandung dalam tebu tetap terjaga hingga sampai ke konsumen. Namun, seperti halnya gula tambahan lainnya, konsumsi tebu secara berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan.

.

Manfaat Es Tebu Bagi Kesehatan

Meskipun bahan utamanya adalah gula, minuman es air tebu tidak hanya terdiri dari gula murni saja. Dalam satu gelas minuman ini, terdapat sekitar 70-75% air, 10-15% serat, dan 13-15% gula dalam bentuk sukrosa. Batang tebu yang belum diolah adalah sumber antioksidan fenolik dan flavonoid yang baik.

Selain itu, karena tidak melalui proses yang kompleks seperti kebanyakan minuman manis lainnya, sari tebu tetap dapt mempertahankan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Minuman ini juga mengandung elektrolit seperti kalium yang dapat membantu menghidrasi tubuh. Jadi, apa saja manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi minuman ini?

.

Sistem Pencernaan Lancar

Salah satu manfaat mengonsumsi minuman tebu adalah membantu kelancaran sistem pencernaan, terutama jika dikonsumsi secara rutin. Kandungan kalium dalam minuman ini dapat menyeimbangkan tingkat pH di saluran cerna. 

Selain itu, minuman tebu juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, yang berkontribusi pada proses buang air besar yang lebih teratur. Mengkonsumsi minuman ini juga dapat membantu mencegah infeksi lambung akibat bakteri atau virus pada sistem pencernaan.

.

Konsumsi Es Sari Tebu Tidak Berlebihan

Meskipun memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, minuman es air tebu terbuat dari gula yang bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. 

Oleh karena itu, bagi yang ingin menikmati es tebu, disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Dengan begitu, manfaatnya bagi tubuh dapat diperoleh tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan.

Ingin mencari penjual ES TEBU terdekat dari lokasi anda, via Google Maps? Silahkan KLIK DISINI

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Rambut Nenek, Jajanan Jadul Era 90-an

Rambut nenek merupakan nama jajanan yang populer di tahun 1990-an. Selain dikenal sebagai rambut nenek, jajanan ini disebut juga dengan arum manis, karena cita rasanya memang manis dengan tekstur butiran tepung yang khas. Namun, nama sebenarnya adalah arbanat. Nah, karena awalnya berwarna putih seperti uban, maka dinamakanlah rambut nenek. Baca selengkapnya.....

MAU MAKAN APA?

Angkringan, Hidangan Istimewa Kampung

Istilah angkringan berasal dari bahasa Jawa, angkring yang berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikul serta berbentuk melengkung ke atas. Selain melengkung, angkringan juga ada yang berbentuk gerobak dorong, seperti yang sering kita lihat di pinggiran Kota Yogyakarta termasuk angkringan bogor. Angkringan menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan, khususnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gerobak angkringan biasanya ditutupi dengan kain terpal plastik untuk… Baca selengkapnya.....
  • 45

    Dimana Lagi Makan Enak Cuma Rp15.000? Kalo Bukan di Ibu Geulis

    Masakan Sunda adalah salah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia dengan ciri khas kesegaran pada bahannya. Mayarakat sunda pada umumnya memang menggemari sayuran mentah segar, baik yang dimakan langsung dengan sambal ataupun diolah lagi menggunakan bahan lain seperti karedok yang menyegarkan. Menu-menu pada masakan khas sunda memiliki citarasa yang ringan, sederhana, berkisar antara gurih asin, asam segar, manis ringan, dan pedas. Ada beberapa jenis masakan sunda yang memilki ciri…

MENU MINUMAN.....

Es Loder Bondongan, Manis Gurih Menyegarkan

Es yang sudah jarang ditemui. Saya mencicipi es loder yg berjualan d gang samping RS MELANIA bondongan/jalan pahlawan. Seporsi es loder berisi bubur sumsum hijau dan sagu mutiara lalu dsiram dengan gula merah cair dan santan. Segar dinikmati saat cuaca panas. Seporsi es loder hanya Rp5.000 saja. By: Novita Meyhuang Baca selengkapnya.....
  • 41

    Open Order Dan Reseller Jamu Budeyul

    Minuman kesehatan yang terbuat dari bahan rempah asli tanpa pengawet, menggunakan gula aren .. Minum jamu sehat tanpa rasa takut pahit dan gak enak .. Bisa di minum dingin ataupun panas .. Kunyit asem Kunyit asem sirih Kunyit asem last sugar Beras kencur Jahe segar Yukkkkk berbagi kesehatan dan kesegaran. Open reseller juga ya….

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: