TRANSLATE

Mie Glosor, Sekali Slurp Langsung Masuk Perut

Sajian mie yang begitu beragam bisa dijumpai di China. Hal ini memang tak mengherankan mengingat mie adalah salah satu panganan pokok di Negeri Tirai Bambu. Namun, menariknya Indonesia yang makanan pokoknya, nasi, sagu hingga jagung dan ketela pohon memiliki olahan mie yang sangat beragam. Hampir di setiap daerah memiliki olahan istimewa berbahan mie, termasuk Bogor. Adalah Mie Glosor yang merupakan makanan istimewa khas Kota Hujan untuk berbuka puasa Ramadhan yang terbilang langka.

Bukan lantaran tak ada orang yang ingin melestarikanya, tetapi Mie Glosor langka karean terbilang menjadi jajanan musiman. Ya, Mie Glosor biasanya banyak dijajakan hanya pada waktu bulan Puasa atau Ramadhan. Kuliner ini menjadi andalan takjil masyarakat Bogor.

Saat Ramadhan, sangat mudah menemukan Mie Glosor. Tak perlu masuk ke resto mewah dan rumah makan berkelas mahal. Anda bahkan bisa menemukan makanan ini dengan mudah di tepi-tepi jalan atau di pasar-pasar Ramadhan. Pusat jajan takjil di berbagai sudut di kota ini pun acap kali menjajakan pangananan tersebut. Harganya pun sangat murah, hanya dengan kurang dari Rp 5 ribu Anda sudah bisa mencicipi mie legendaris ini.

Rasanya yang enak dipadu harganya yang sangat ramah di kantong, membuat Mie Glosor acap kali menjadi menu yang laris manis diburu jelang buka puasa Ramadhan. Memang seperti apa istimewanya Mie Glosor hingga begitu menjadi menu takjil andalan?

Hmm.. Mie Glosor memiliki tekstur yang sangat lembut. Begitu menyentuh lidah, mienya akan dengan mudah menyatu di mulut dan slurp… akan segera tertelan. alias langsung ngglosor di tenggorokan.  Bumbunya pun pun begitu meresap sempurna hingga ke dalam mie-nya. Tak heran dalam setiap sendokannya, Mie Glosor begitu nagih. Apalagi siraman bumbu kacang pedas di atas mie, wah membuat tak ingin berhenti makan makanan yang satu ini!

Kelembutan Mie Glosor sendiri berasal dari bahan dasar mie ini, yaitu tepung singkong atau aci. Warna kuningnya pun alami dari kunyit. Umumnya bahan dasar mie dijual dalam bentuk kemasan plastik yang siap dimasak sendiri. Bumbu rempah begitu kuat dalam mie ini. Istimewanya lagi, mie ini dilengkapi dengan kerupuk sagu nan gurih dalam penyajiannya.

Sayang sekali, makanan ini justru jarang-jarang ada di hari-hari biasa. Padahal, jika makanan ini dipasarkan di hari-hari biasa justru akan menambah kekayaan jajanan enak di Bogor. Selain itu, kehadirannya juga bisa menjadi media promosi pariwisata Kota Hujan.

Namun, jika Anda begitu penasaran dengan makanan  yang satu ini tak perlu pula menunggu hingga Bulan Ramadhan tiba. Anda bahkan dengan mudah bisa mengolahnya sendiri. Bahan-bahannya pun sederhana dan mudah didapat.

Apabila Anda kesulitan mendapatkan mie sebagaimana yang digunakan dalam mie glosor, Anda bisa menggunakan mie sejenis yang mudah dijumpai di daerah Anda. Namun, untuk Anda yang tinggal di Bogor sepertinya tak akan menemui kendala, karena mie berbahan aci tersebut biasanya dijual dalam bentuk kemasan.

Setelah menyiapkan Mie Glosor, Anda tinggal menyiapkan bumbunya terdiri dari, butir bawang merah, siung bawang putih, kemiri sangrai juga kol, sawi hijau, garam, merica dan minyak secukupnya.

Pertama, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan merica. Potong sawi dan kol dan sementara tiriskan mie glosor yang telah direndam air hangat. Tumis bumbu hingga harum dan masukkan sayuran sembari diaduk. Masukkan mie glosor dengan garam juga penyedap rasa, jika menyukainya. Tunggu mie agak lembek angkat dan sajikan di piring, siramkan sambal kacang di atasnya. Taraaaa.. Mie Glosor pun telah siap untuk makanan berbuka puasa Ramadhan! 

Ingin mencari penjual MIE GLOSOR terdekat dari lokasi anda via Google Maps? Silahkan KLIK DISINI

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Kue Rangi, Aroma Kelapa Dari Makanan Khas Betawi Ini Memang Menggoda

Berbicara soal kuliner di Jakarta memang tak ada habisnya. Di kota metropolitan ini, Anda dapat dengan mudah menemukan aneka jenis kuliner dari lokal hingga mancanegara. Sebagai penduduk asli Jakarta, masyarakat Betawi juga memiliki ragam jajanan yang tak kalah menggugah selera dibandingkan kuliner lainnya di kota ini. Salah satunya adalah kue rangi, makanan khas Betawi legendaris yang kini mulai sukar ditemui. Baca selengkapnya.....
  • 19

    Jual Singkong Keju Salatiga

    Bisnis frozenfood singkong keju Sidomulyo Salatiga, pasti cuan karena laris banget. Renyah, gurih, crispy, memprul. Sudah sertifikat halal MUI. Peluang jadi distributor dan agen di kota anda

MAU MAKAN APA?

Mie Ayam Ojo Dumeh "Mas Endhut", Cara Cepat Agar Tambah Gendut

Nyobain Mie Ayam Ojo Dumeh "Mas Endhut" yang udah kesohor di samping bank BTPN atau diseberang SMI Negeri 3 di Jalan Padjajaran. Teksur mie nya lembut dan gurih. Type mie ayam putih dan tidak pake bumbu kuning. Seporsi lengkap mie berisi tambahan 2 pangsit rebus dan 2 butir bakso kecil. Bakso lumayan enak dan kenyal. Cuma kalo pangsit basahnya menurut lidah saya agak tebal dkulitnya.Bakmi dsajikan kering tanpa kuah, tapi kita bisa minta kuah terpisah. Ayamnya pake ayam kecap yang memberikan… Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Tuak Aren, Minuman Segar Anti Mabuk

Jika mendengar kata "Tuak", hampir semua orang membayangkan jenis minuman yang memabukkan. Padahal, pada awalnya memiliki manfaat untuk menghilangkan penat para pekerja berat, atau mengatasi kesulitan tidur. Tentu saja dengan kadar yg secukupnya dan tidak sampai menyebabkan mabuk. Tuak merupakan minuman beralkohol hasil racikan asli masyarakat pesisir Indonesia. Baca selengkapnya.....
  • 41

    Open Order Dan Reseller Jamu Budeyul

    Minuman kesehatan yang terbuat dari bahan rempah asli tanpa pengawet, menggunakan gula aren .. Minum jamu sehat tanpa rasa takut pahit dan gak enak .. Bisa di minum dingin ataupun panas .. Kunyit asem Kunyit asem sirih Kunyit asem last sugar Beras kencur Jahe segar Yukkkkk berbagi kesehatan dan kesegaran. Open reseller juga ya….

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: