Dodongkal, Si Manis Jajanan Pasar Anti Mahal

Saat berkunjung ke kota hujan Bogor, rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas-nya. Salah satu makanan khas Bogor yang tidak kalah lezat dan nikmat adalah Dodongkal.

Pengertian Dodongkal, Jajanan Pasar di Bogor

Dodongkal atau dongkal merupakan salah satu jenis makanan tradisional khas Bogor. Dongkal ini dibuat dari beras yang ditumbuh sampai halus dan menghasilkan tepung. Biasanya jajanan pasar di Bogor ini disajikan diatas daun pisang dan ditaburi parutan kelapa diatasnya. Jajanan pasar khas Bogor ini sendiri pun mulai langka.

Jika dilihat sekilas memang mirip dengan kue putu. Ini dikarenakan adonan dasarnya memang sama dengan kue putu, yakni menggunakan tepung beras dan gula aren. Ketika matang, kue dongkal ini teksturnya lebih kenyal dari kue putu. Dari segi warna pun hanya dominan warna putih karena tidak diberikan warna.

Untuk bentuknya sendiri seperti tumpeng. Di zaman modern seperti sekarang ini, dodongkal tidak hanya hadir dalam varian rasa gula aren saja. Namun juga ada varian rasa lainnya. Misalnya menggunakan keju dan varian rasa lainnya.

Cara Mudah Memasak Dodongkal

Ingin tahu bagaimana proses pembuatan jajanan pasar di Bogor ini? Simak penjelasannya dibawah ini.

Bahan Untuk Pembuatan Dodongkal

  • 20 gram tepung beras
  • 100 gram gula aren, serut
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam
  • 50 – 70 ml air hangat
  • 1 sdt garam
  • 100 gram kelapa parut kukus

Langkah Pembuatan Kue Dodongkal

  • Kukus tepung beras dan daun pandan selama 20 menit, alasi dengan serbet bersih. Biarkan sampai dingin.
  • Tuang tepung beras dalam wadah dan tambahkan garam. Berikan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni menggunakan tangan (digaley/awug) sampai berbutir. Tetapi jika dikepal akan menggumpal.
  • Ayak menggunakan saringan sedikit kasar sembari digesek menggunakan tangan supaya butirannya merata. Siapkan 2 buah cetakan dengan ukuran diameter 12 cm.
  • Tuangkan tepung ke dalam cetakan sebanyak 2 sdm, tidak perlu ditekan, cukup diratakan saja. Kemudian tambahkan gula aren untuk menutupi tepung. Ulangi sampai hampir memenuhi cetakan dengan lapisan terakhir tepung.
  • Siapkan panci kukusan, gunakan gelas dengan dasar tebal untuk meletakkan cetakan. Jangan lupa untuk melubangi bagian tengah, ini dimaksudkan untuk membuat bagian dalam matang. Kukus selama 30 menit dengan menggunakan api sedang sedikit kecil saja. Jika sudah matang, angkat dan keluarkan dari cetakan secara perlahan. Sajikan dengan kelapa parut dan bisa dinikmati.

Kandungan Gizi Dodongkal

Dalam 40 gram dodongkal mengandung berbagai kandungan gizi seperti dibawah ini;

  • Energi sebesar 7 kilokalori
  • Protein 1,3 gram
  • Karbohidrat 15,8 gram
  • Lemak 0,9 gram
  • Kalsium 0,01 miligram
  • Fosfor 0 miligram
  • Zat besi 0,2 miligram.
  • Selain itu di dalam Dodongkal juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Selain dodongkal yang menjadi jajanan pasar di Bogor, masih ada banyak makanan khas lain yang cocok untuk dinikmati. Diantaranya adalah doclang, seupan talas, pepes sagu, es pala, toge goreng, dan masih banyak lainnya. Selain mencicipi makanan khas kota Bogor, jangan lupa untuk menikmati tempat-tempat wisatanya. Di kota Bogor juga tidak hanya menyajikan makanan khas saja, tetapi juga ada banyak makanan kekinian. Tinggal mau pilih makanan mana yang menemani dari pagi sampai malam hari.

Luar Biasa, Cita Rasa Serabi Yang Dimasak Menggunakan Kayu Dari Pohon Kopi

Sebagian besar masyarakat Indonesia, terlebih yang berasal dari Jawa, pasti sudah tidak asing lagi dengan serabi. Serabi adalah sebuah istilah dari jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia. Di Jawa, serabi disajikan dengan perpaduan kuah santan dengan isian gula atau manisan lainnya. Baca selengkapnya.....

Kue Kontol Kambing Khas Malang

Bahan-bahan untuk membuat kontol kambing: 250 g kacang tolo (rendam semalaman kemudian cuci bersih), 3 sdm gula pasir, garam secukupnya. Baca selengkapnya.....

Bagaimana Caranya Meraih Peluang Bisnis Makanan di Kawasan Bogor Hingga Puncak?

Bila sering bepergian ke kawasan puncak Bogor saat liburan, Anda akan melihat banyak sekali atraksi di berbagai obyek wisata yang menarik, lengkap dengan fasilitas pendukungnya seperti penginapan yang terdiri dari vila, hotel atau guest house. Termasuk ratusan restoran atau rumah makan yang menawarkan berbagai pilihan menu makanan tradisional ataupun modern. Baca selengkapnya.....
Burung Belibis Goreng Rasa Juara

Burung Belibis Goreng, Menu Langka dengan Rasa Juara!

Bicara soal kuliner, Indonesia memang sangat kaya. Memiliki wilayah luas dipadu dengan keragama suku, tak dipungkiri Indonesia pun memiliki resep-resep kuliner yang menggugah selera disemua daerahnya. Salah satu menu yang nendang di perut adalah Burung Belibis Goreng. Mendengar namanya, sebagian dari Anda mungkin merasa janggal. Namun, menu ini nyata ada bahkan dijajakan. Tak mudah dijumpai di sembarang tempat, ternyata menu langka ini rasanya juara! Baca selengkapnya.....