Mie Ayam Yamin Bangkalan Jalan Mawar

Setelah penasaran sekian lama akhirnya bisa mencicipi mie ayam ini yang sempat viral du Bogor . Jenis mie ayam yamin yang tidak dipakai kan kecap manis. Harga 1 porsi mie ayam original 14ribu. Sedangkan yang komplit pakai ceker dan pangsit basah 18 ribu. Potongan ayamnya besar-besar dan rasa mienya tidak mengecewakan. Cuma harus sabar ya soalnya antri dan kita harus ambil pesanan kita sendiri bukan diantarkan ke meja kita. Sekarang mereka sudah menempati ruko dan tempatnya nyaman, bukan di emperan toko lagi. Jam buka dari jam 12 siang sampai jam 22.00 (pengalaman kuliner Novita Meyhuang)

Mie Ayam Bangkalan Jalan Mawar Bogor 2aMie adalah jenis kuliner yang memiliki banyak variasinya di Indonesia. Seperti yang digoreng atau direbus dengan beragam jenis bumbu dan rempah. Atau mie ayam dan mie yamin yang tampilannya sekilas serupa namun tak sama, mulai dari dari rasa, tekstur, bahkan penyajiannya. Sebagai pencinta mie, anda harus tahu beda mie ayam dan mie yamin seperti penjelasan dibawah ini:

1. Mie Ayam

Mie ayam adalah sebutan bagi menu mie yang paling populer. Walaupun memiliki rasa yang ringan, namun mie ayam sangat nikmat untuk disantap di segala suasana. Penjualnya pun beragam dan dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari pedagang gerobakan yang berkeliling, mangkal dipinggir jalan, hingga restoran.

Dari segi tekstur dan bentuknya, mie ayam memiliki bentuk yang lebih tebal dengan tekstur cukup kenyal saat dikunyah. Banyak yang mengatakan kalau tekstur mienya ini mirip mie setengah matang. Lalu dari segi tampilan warna mienya berwarna kuning cenderung pucat. Mie ayam disajikan bersama dengan potongan ayam yang diberi bumbu kecap atau bumbu semur.

Selain taburan ayam, ada juga sawi hijau rebus, irisan daun bawang, dan kerupuk pangsit yang melengkapi sajian mie ayam. Dari segi rasa, mie ayam memiliki rasa gurih asin. Mie ayam selalu disajikan bersama dengan kuah yang langsung disiram di atas mie. Tapi ada juga yang menyajikan kuahnya secara terpisah. Kuah pada mie ayam cenderung memiliki rasa yang tawar karena hanya menggunakan air rebusan sawi dan mie.

 

2. Mie Yamin

Secara tampilan, mie yamien warnanya cokelat yang cukup pekat, karena  terdapat campuran kecap manis pada bumbunya. Jika mie ayam bertekstur tebal dan kenyal, mie yamin justru menggunakan mie yang tipis dan tidak terlalu kenyal.

Di beberapa tempat, mie ayam yamin juga dibedakan berdasarkan sentuhan rasanya. Ada yamin biasa, yamin gurih, atau yamin manis. Semuanya bergantung pada pemakaian kecap manis dan bumbu lainnya.

Berhubung mie yamin dicampur dengan kecap manis, maka rasanya sudah pasti lebih manis dari mie ayam. Kebalikan dari mie ayam, taburan ayam pada mie yamin justru memiliki warna yang putih pucat karena tidak dimasak dengan bumbu kecap, melainkan hanya direbus dengan garam dan merica saja.

Untuk taburan lainnya, mie yamin diberi irisan daun bawang, pangsit rebus, hingga tauge rebus. Meski dikenal sebagai mie kering, tapi mie yamin aslinya disajikan dengan kuah terpisah dan cara menyantapnya adalah dengan mencelupkan mie pada kuah sebelum disantap.


Kalau bingung memilih antara mie ayam atau mie yamin, tak perlu khawatir. Sebab mie ayam dan mie yamin biasanya sama-sama ditawarkan tiap penjual mie. Anda bisa memesan di awal jika ingin yamin sehingga penjual akan menyesuaikan bumbunya.

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Soto Mie Agih, Bukan Soto Mie Biasa

Pernah mendengar salah satu kuliner legendaris dengan nama Soto Mie Agih Bogor? Hidangan tersebut memang banyak direkomendasikan kepada para penyuka wisata kuliner di kota hujan ini. Tapi tahukah anda, bahwa jajanan tersebut berbeda dengan soto mie Bogor pada umumnya? Baca selengkapnya.....
kuliner khas makassar untuk buka puasa ramadhan

Berkunjung Ke Makassar Saat Puasa Ramadhan? Jangan Lewatkan Untuk Mencoba Berbagai Kuliner Khas Ini

Wisata kuliner menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Berpetualang rasa adalah sebuah tantangan tersendiri bagi pecintanya. Namun, dengan datangnya bulan puasa Ramadhan, apakah kegiatan jelajah rasa ini harus dihentikan sepenuhnya? Hmm… sepertinya hal itu tidak berlaku mutlak. Pasalnya, saat Ramadhan tiba, di berbagai sudut penjuru negeri ini banyak yang menjajakan makanan tradisional khas daerah bahkan yang tidak pernah ada di hari-hari biasa. Baca selengkapnya.....
Cara Berbuka Puasa Ramadhan Yang Menyehatkan

Makan Bubur India Masjid Jami Pekojan, Cara Berbuka Puasa Ramadhan Yang Menyehatkan

Apakah anda tahu tentang bubur yang lain daripada yang lain yang ada di Kota Semarang?. Hidangan tersebut adalah bubur India dari Masjid Jami Pekojan. Masjid ini sendiri terletak di Jalan Petolongan No.1 Purwodinatan, Semarang. Berbeda dari bubur pada umumnya, bubur yang menjadi kuliner khas Semarang ini hanya muncul pada saat bulan puasa Ramadhan dan kerap disajikan sebagai takjil gratis bagi semua orang yang hendak berbuka puasa. Baca selengkapnya.....