"Five Spice Powder", Rahasia Kelezatan Ngohiang Khas Bogor

Apakah anda tau Ngohiang? Kuliner Khas ini dapat ditemukan di sepanjang Jalan Surya Kencana hingga Siliwangi, yang tak lain adalah wilayah China Town-nya Bogor. Ngohiang memang kurang populer, karena kesalahpahaman dari namanya. Banyak yang mengira ini adalah chinese food sehingga diragukan kehalalannya. Padahal selain menggunakan daging babi,  ada ngohiang yang terbuat dari daging ayam.

Kesan pertama ketika melihat sepiring Ngohiang adalah bentuknya yang tak asing, seperti Pempek dan Batagor, karena diolah dengan adonan tepung kemudian digoreng. Bagi pecinta masakan dengan citarasa kuat, Ngohiang cenderung agak kurang bumbu, namun ketika berpadu dengan saus kacang, langsung muncul citarasa lezat perpaduan antara sedikit rasa asam, manis dan gurih.

Di kota Bogor sendiri, sebenarnya ngohiong tidak populer seperti makanan legendaris lainya. Salah satu penyebabnya adalah kesalahpahaman tentang namanya. Banyak yang mengira ngohiong adalah chinese food sehingga diragukan kehalalannya. Padahal ada Ngohiang yang terbuat dari daging ayam.

Ngohiang khas Bogor, umumnya dinikmati dengan kentang dan tahu yang teksturnya sangat lembut dan lumer di mulut. Gurihnya pas dan rasanya berbeda jauh dengan tahu yang biasa diperjualbelikan  di pasar atau supermarket.  Citarasa Ngohiang semakin sempurna jika ditambahkan sambal juga acar lobak.

Ngo hiang tergolong kuliner bersejarah. Telah ada sejak jaman dulu, sebagai hidangan khas Hokkien dan Teochew, dengan nama heh gerng atau lor bak. Pada awalnya, Ngohiang dibuat dari daging daging babi, yang diolah dengan berbagai bumbu tradisional kemudian dibungkus menggunakan kembang tahu sebelum dikukus atau digoreng. 

Hidangan ini kemudian menyebar ke Indonesia, Malaysia, Filipina (dimana hidangan tersebut dikenal sebagai kikiam), Singapura, dan Thailand. Di Indonesia sendiri, makanan ini punya banyak nama seperti ngohiong, hakong, bahkan ada yang menyamakan makanan ini dengan batagor.

Ketika sampai di Bogor, kuliner ini berkembang menjadi "Ngo Hiang khas Bogor” yang sedikit berbeda dengan resep aslinya karena disesuaikan dengan lidah penduduk pribumi, termasuk jenis dagingnya. Walaupun tidak banyak pedagang yang menjual kuliner ini, ada beberapa tempat di Bogor yang cukup terkenal karena kelezatan olahan ngohiangnya yaitu di seputaran suryakencana.

Lokasi ini tergolong tempat bersejarah. Di masa lalu, kawasan Bogor memang dikenal sebagai tempat berkumpulnya para pedagang dari Tiongkok. Ketika Belanda masih menguasai negeri ini, para pedagang dan pendatang dari Tiongkok dikumpulkan menjadi satu di Jalan Suryakencana, yang akhirnya menjadi kawasan pecinan yang dikenal memiliki kuliner khas seperti Ngo Hiang.

Di kawasan pecinan ini, ada satu Kedai Ngo Hiang yang popular, tepatnya berada di Gang Aut. Tempatnya tidak terlalu luas, namun cukup nyaman. Resepnya, konon masih sama dengan resep sejak dibuat pertama kali pada zaman Belanda menjajah Indonesia.

 

Bumbu Ngohiang

Bumbu ngohiong ini memberikan cita rasa khas pada makanan. Mulai dari rasa manis, asin, pedas, pahit, dan asam. Bumbu ngohiong sering disebut juga dengan five spice powder, perpaduan berbagai rempah seperti cengkeh, merica, pekak, kayu manis, dan adas, yang ditumbuk menjadi satu hingga membentuk bubuk halus.

Perpaduan lima jenis rempah yang membentuk bumbu ngohiong ini didasarkan pada konsep keseimbangan yin and yang. Di mana setiap jenis bahan rempah yang digunakan mewakili lima simbol kehidupan, yaitu air, tanah, api, udara, dan logam, untuk menghasilkan hidangan lezat

Dengan begitu, berbagai olahan yang dibuat dari bumbu ngohiong dinilai mempunyai keseimbangan rasa yang pas, yaitu terdiri dari rasa manis, asin, pedas, pahit, dan asam. Tidak heran jika banyak hidangan lezat dihasilkan dari campuran bumbu ngohiong.

Umumnya bumbu ngohiong digunakan sebagai rendaman daging sapi, ayam, seafood, dan babi yang dapat meresap hingga ke dalam daging. Bukan hanya itu, rendaman bumbu ngohiong juga memberikan aroma wangi khas yang membuat hidangan semakin sedap dan menggugah selera.

Meskipun bumbu ngohiong yang sudah siap pakai mudah didapatkan secara bebas, Anda bisa membuat bumbu ngohiong sendiri di rumah. Hanya perlu menyiapkan beberapa bahan rempah seperti kayu manis, andaliman/sinchuan, lada batak, adas manis, bunga lawang, dan cengkeh. Beberapa bahan ini disangrai sebentar kemudian dimasukkan ke dalam mesin penghalus. Anda bisa menggunakan blender atau grinder kopi. Haluskan bahan hingga membentuk bubuk.

Jika tidah habis untuk 1 kali pemakaian, bumbu ngohiong dapat disimpan. Agar tidak menggumpal dan berjamur hingga rasanya memudar adalah dengan meletakkannya ddalam wadah yang tertutup kemudian tambahkan silica gel agar dapat menyerap kelembapan, kemudian diletakkan di freezer.

 

Luar Biasa, Cita Rasa Serabi Yang Dimasak Menggunakan Kayu Dari Pohon Kopi

Sebagian besar masyarakat Indonesia, terlebih yang berasal dari Jawa, pasti sudah tidak asing lagi dengan serabi. Serabi adalah sebuah istilah dari jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia. Di Jawa, serabi disajikan dengan perpaduan kuah santan dengan isian gula atau manisan lainnya. Baca selengkapnya.....

Mie Ayam Yamin Bangkalan Jalan Mawar

Setelah penasaran sekian lama akhirnya bisa mencicipi mie ayam ini yang sempat viral du Bogor . Jenis mie ayam yamin yang tidak dipakai kan kecap manis. Harga 1 porsi mie ayam original 14ribu. Sedangkan yang komplit pakai ceker dan pangsit basah 18 ribu. Potongan ayamnya besar-besar dan rasa mienya tidak mengecewakan. Cuma harus sabar ya soalnya antri dan kita harus ambil pesanan kita sendiri bukan diantarkan ke meja kita. Sekarang mereka sudah menempati ruko dan tempatnya nyaman, bukan di… Baca selengkapnya.....
resep sambal pedas asam thailand

Sambal Pedas Asam Khas Thailand Ini Sangat Cocok Untuk Menikmati Olahan Seafood

Sambal sudah menjadi salah satu kuliner atau makanan pendamping yang wajib bagi bangsa Indonesia bahkan sebagian besar masyarakat baru akan selera makan jika makanan itu pedas atau memiliki sambal. Apapun makanannya, sambal itu sudah wajib mulai dari nasi, daging, sayur hingga seafood. Jika Anda suka sambal, cobalah resep sambal pedas asam Thailand yang cita rasanya jauh berbeda dengan sambal yang ada di Indonesia namun cocok untuk makan seafood. Baca selengkapnya.....
Kontol Kambing Khas Malang Uenake Pol Rek

Kue Kontol Kambing, Nama Yang Menggelitik dan Bikin Panik

Saat mendengar nama kota Malang, apa yang Anda pikirkan? Ya, sebagian besar dari Anda akan menyebut jika salah satu kota di Jawa Timur ini kaya akan tempat wisata beragam, kuliner yang gurih hingga pedas, juga buah apel yang segar alami. Namun, pernahkah Anda berpikir jika Malang juga memiliki kuliner yang namanya kelewat nyeleneh? Baca selengkapnya.....