Identik Dengan Makanan Asin atau Pedas, Di Bogor Ada Pepes Yang Terkenal Karena Rasa Manisnya

Bogor sering dipilih sebagai destinasi liburan masyarakat Jakarta. Selain hawanya yang masih cukup sejuk, pengalaman kuliner di sini pun beragam. Jika berkunjung ke kota ini, jangan hanya menikmati beragam hidangan lezat, sebaiknya  juga membawa pulang oleh-oleh khas, seperti Pepes Sagu Pisang.

Dari namanya, pepes sagu pisang Bogor memang terlihat aneh. Bagaimana mungkin pepes yang biasanya merupakan olahan makanan asin atau pedas , malah menggunakan sagu dan pisang yang rasanya manis?

Pepes pada umumnya adalah olahan makanan yang biasanya menggunakan bahan seperti daging, ikan, atau jamur. Bahan ini akan diberi bumbu asin atau pedas sesuai dengan selera. Di beberapa daerah, pepesan juga yang menggunakan parutan kelapa muda yang dicampur dengan bumbu sehingga bisa saat dibungkus dengan daun pisang bisa meresap dengan sangat nikmat.

Di Bogor juga demikian, pepes adalah kuliner dengan rasa asin dan pedas. Namun pada kenyataannya ada juga olahan pepes bercutarasa manis karena menggunakan bahan dari sagu yang dicampur dengan pisang dan gula jawa.

Kuliner ini tergolong legendaris, penjualannya sudah berlangsung selama tiga generasi. Saat ini orang yang menjual bernama Daniel. Dahulu kala nenek dan ibunya lah yang memulai bisnis ini. Mereka menjual pepes dengan berkeliling kampung. Dari banyak permintaan pelanggan, mereka membuat pepes jenis baru yang bisa digunakan untuk camilan. Dari sini terciptalah pepes sagu pisang yang hanya ada satu di Bogor.

Pada tahun 1970-an, penjualan dari pepes sagu pisang dilakukan dengan berkeliling lokasi di sekitar Bogor. Namun sejak tahun 1984, ibu dari Daniel mulai menjual pepes ini di depan sebuah toko. Mereka membuat sebuah gerobak yang bisa didorong dan digunakan untuk menjual aneka jenis pepes yang sangat lezat.

Daniel mulai menjual dagangannya pada pukul 09.00 pagi setiap harinya dan tutup pada pukul 19.00. Dia sendiri yang membuat pepes ini di rumah lalu membakarnya setiap ada pembeli yang datang. Rasa dari pepes sagu pisang dominan manis dengan sedikit asam dari pisang. Rasa ini berbaur menjadi satu dengan sagu yang diolah dengan sangat lembut.

Sekilas, Pepes Sagu Pisang Daniel ini mirip dengan hidangan masyarakat jawa yang disebut lemet karena sama-sama menu bercita rasa manis dan  dibungkus menggunakan daun pisang. Perbedaannya adalah pada bukan hanya pada bahan tetapi juga proses pembuatannya. Jika lemet dibuat dari singkong parut dan dikukus, maka pepes pisang sagu ini menggunakan bahan dasar pisang dan dibakar.

Ada beberapa ada varian rasa yang tersedia yaitu; Pepes Sagu Pisang, Pepes Sagu Nangka, Pepes Sagu Pisang Coklat, dan Pepes Sagu Pisang Keju. Namun Pepes Sagu Pisang merupakan menu best seller, yang paling cepat habis dipesan pembeli.

Selain pepes bercitarasa manis, kedai ini juga menjual pepes bercitarasa gurih, antara lain: Pepes Jamur, Pepes Oncom, Pepes Teri Medan, Pepes Usus, Pepes Ayam, Pepes Tahu, Pepes Telur Asin, Pepes Ikan Peda, Otak-otak Ikan Tenggiri, Nasi Bakar Teri, dan Nasi Bakar Ayam.

Semuanya enak dan banyak diburu pembeli, apalagi setelah sering diliput oleh stasiun TV dan mendapat review dari Youtuber, nama Pepes Pisang Sagu Daniel makin berkibar. Terbukti dari banyaknya tawaran jastip luar kota dan dijadikan oleh-oleh favorit saat berkunjung ke Bogor.

ciri khas serabi

Serabi Solo, Terkenal Sejak "Jaman Doeloe"

Banyak sekali jajanan tradisional di Indonesia yang penuh dengan sejarah dan juga budaya. Salah satunya adalah serabi. Makanan yang satu ini seringpula disebut dengan apem dan sebagainya di beberapa wilayah yang berbeda. Beberapa kota di Indonesia memiliki serabi mereka sendiri dengan ciri khas serabi yang berbeda. Salah satu yang akan dibahas ini adalah serabi Solo yang telah terkenal sejak lama bahkan mungkin ketika kakek nenek Anda masih kecil. Baca selengkapnya.....

Kue Koya, Makanan Jaman Dulu Yang Punya Banyak Nama

Kue Koya adalah makanan jaman dulu yang dibuat dari tepung ketan dan kacang. Proses pembuatannya relatif sederhana, bisa dilakukan tanpa bantuan oven, maksudnya hanya memanfaatkan sinar matahari saja untuk mengeringkannya. Beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan-sebutan yang berbeda untuk kue yang satu ini. Baca selengkapnya.....

Kopi Cap Oplet, Pencipta Produk Kopi Sekali Seduh Kemasan Modern Di Bogor

Kopi merupakan salah satu komoditas andalan sektor perkebunan yang merupakan penghasil devisa negara, sumber pendapatan petani, penghasil bahan baku industri, dan penyedia lapangan kerja. Selain itu, kopi mempunyai multi fungsi, diantaranya fungsi produksi, fungsi konservasi hidrologi yang ramah lingkungan serta fungsi sosial. Baca selengkapnya.....
resep sambal pedas asam thailand

Sambal Pedas Asam Khas Thailand Ini Sangat Cocok Untuk Menikmati Olahan Seafood

Sambal sudah menjadi salah satu kuliner atau makanan pendamping yang wajib bagi bangsa Indonesia bahkan sebagian besar masyarakat baru akan selera makan jika makanan itu pedas atau memiliki sambal. Apapun makanannya, sambal itu sudah wajib mulai dari nasi, daging, sayur hingga seafood. Jika Anda suka sambal, cobalah resep sambal pedas asam Thailand yang cita rasanya jauh berbeda dengan sambal yang ada di Indonesia namun cocok untuk makan seafood. Baca selengkapnya.....